Cara Meluruskan Garis di Word dengan Cepat

Terkadang ada beberapa jenis data yang harus dimasukkan ke dalam dokumen menggunakan simbol atau formulir tertentu, oleh karena itu adanya cara meluruskan garis di Word sangat membantu. Untuk membuat dokumen yang baik.

Kamu bisa menggunakan berbagai model bentuk bidang di dalamnya, mulai dari bentuk geometris, simbol, hingga garis lurus. Di berbagai jenis kertas, seperti kop surat, batas judul, kerangka struktur organisasi, dan banyak lagi, garis lurus sering digunakan.

Microsoft Word memiliki fitur Format yang memungkinkan pengguna mengubah tampilan menjadi lebih bervariasi, seperti mengubah warna, ukurannya, menyesuaikan garis putus-putus, menambahkan bayangan, dan menata bentuk.

cara meluruskan garis di Word
cara meluruskan garis di Word

Cara Meluruskan Garis di Word dengan Langkah Sederhana

Langkah membuat garis yang lurus di word memang sangat beragam. Hal ini tidak lepas dari fungsinya yang sering digunakan untuk membuat desain kop surat, garis tanda tangan, dan lain-lain.

  • Pertama, pastikan program Microsoft Word terbuka.
  • Selanjutnya, pilih Line dengan mengklik opsi Shapes.
  • Selanjutnya, kamu dapat menarik garis tersebut dan memindahkannya ke lokasi di halaman Word yang diinginkan atau dibutuhkan.
  • Garis lurus sekarang dapat digambar di Word.

Kamu harus mempertimbangkan ketebalan garis saat menggambar garis. Bagaimana kamu mengatasinya? Kamu bisa mencoba cara ini.

  • Lihat menu Illustrations setelah membuka tab Insert.
  • Selanjutnya, pilih menu Line dengan mengklik opsi Shapes.
  • Setelah itu, posisikan garis di tempat yang butuhkan atau inginkan.
  • Kemudian, dari daftar alat menggambar, pilih Format.
  • Cukup klik Shapes Outline – Weight dan tentukan pilihan untuk mengubah ketebalan garis.

Cara Meluruskan Garis di Word dengan Fitur

Sebelum menggambar garis, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar terlihat lebih rapi dan teratur. Cara Menggambar garis lurus di Word bertujuan supaya pada saat menggambar garis, baik vertikal maupun horizontal, sudutnya bisa tegak lurus, berbeda dengan garis tidak beraturan.

1. Cara Meluruskan Garis di Word Dengan Fitur Gridlines

Ketika gridline diaktifkan, maka akan muncul garis-garis yang menyerupai kotak-kotak dan yang tujuannya adalah untuk menempatkan benda-benda pada jarak tertentu dan dalam satuan ukuran tertentu.

Dengan menggunakan cara ini kamu dapat menggunakan garis kisi ini untuk membuat garis tepat di tempat yang seharusnya. Jadi kamu tidak perlu takut garis yang dibuat tidak simetris karena sekarang banyak kemudahan yang bisa dilakukan. Berikut cara yang bisa dicoba untuk meluruskan garis menggunakan fitur Gridlines

  • Silakan buka Microsoft Word terlebih dahulu.
  • Akses opsi Lihat.
  • ¬†Selanjutnya, pilih tombol Show menu sections Gridlines.
  • Secara otomatis, satu set garis horizontal dan vertikal akan muncul di lembar kerja.
  1. Menggunakan Fitur Bentuk, Buat Garis

Selain itu, yang perlu kamu lakukan hanyalah menggambar garis menggunakan kotak sebagai referensi setelah garis kisi muncul. Gunakan cara meluruskan garis di Word yang tercantum di bawah ini dengan menggunakan fungsi Bentuk.

  • Pilih Sisipkan dari menu.
  • Pilih fitur atau tombol Bentuk; dari menu ini, pilih bentuk Garis.
  • Buat garis pada dokumen Word dengan menekan, menekan, dan menyeret kursor ke arah yang diinginkan.
  • Saat menggambar garis, tahan tombol SHIFT untuk memastikannya lurus.
  • Membuat garis lurus berbeda pada menu format
Baca Juga :  Ini Caranya Top Up Saldo Kartu Flazz Pada BCA Mobile App

Kamu dapat membuat garis tampak berbeda agar terlihat lebih menarik. Contohnya termasuk menambahkan sedikit warna yang berbeda, mengubah tanda hubung atau garis, memperbesar ukuran, dan sebagainya. Menu Format memiliki tempat untuk ini.

Saat membuat karya formal yang membutuhkan garis pemisah untuk memisahkan satu bagian dari bagian lainnya, cara mudah luruskan meluruskan garis ini sangat membantu. Hal ini bertujuan supaya kop surat terlihat lebih rapi, garis lurus sering digunakan di Microsoft Word untuk memisahkan bagian atas kop surat dari isinya.

Kamu dapat menggunakan sejumlah teknik membuat garis lurus di Microsoft Word untuk memberikan teks tampilan yang lebih halus. Misalnya, dua tumpukan garis lurus, garis putus-putus, dan sebagainya.

Garis lurus dapat dengan mudah ditarik, dan Microsoft Word sudah memiliki kemampuan untuk melakukannya. Untuk kamu yang saat ini bingung dan mencari cara meluruskan garis di Word. Kamu bisa mencoba cara di atas.

Leave a Comment