cara membuat aplikasi Playstore menjadi file APK

Cara Membuat Aplikasi Playstore Menjadi File APK

Mochamad Ikhwana

Cara membuat aplikasi Playstore menjadi file APK merupakan salah satu cara agar lebih mudah dalam menyimpan aplikasi yang digunakan. Hal ini dilakukan agar kamu tidak perlu membuang-buang kuota saat ponsel yang digunakan melakukan reset pabrik (factory reset).

Cara ini juga sangat ampuh untuk memback up pemakaian yang kamu miliki. Pada dasarnya, Android Package Kit (APK) merupakan file mentah yang nantinya dapat digunakan untuk menginstall suatu software. Adapun berbagai cara untuk membuat file menjadi APK.

cara membuat aplikasi Playstore menjadi file APK
cara membuat aplikasi Playstore menjadi file APK

Cara Membuat Aplikasi Playstore Menjadi File APK di Android

Mengubah APL (Aplikasi) menjadi APK bisa dilakukan melalui ponsel Android. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan menggunakan bantuan APL. Kamu bisa menemukan APL ini di Playstore, beberapa di antaranya sebagai berikut.

1. Menggunakan Tools Android Assistant

Androis Assistant pada dasarnya memiliki fitur untuk membersihkan RAM, membersihkan sistem, menghapus cache, dan bahkan memindahkan aplikasi ke kartu memori. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur bermanfaat lainnya.

Cara membuat apk Playstore melalui Android Assistant adalah dengan memastikan terlebih dahulu apakah APL sudah terdownload dan terpasang dengan baik pada perangkat. Setelah itu, buka aplikasinya dan pilih menu “Tools” atau “Monitoring”.

Selanjutnya, kamu bisa membuka menu pilihan “Backup and Restore” dan pilih APL mana saja yang akan diubah menjadi Android Package Kit. Selanjutnya, klik “Backup” dan tunggu hingga proses selesai.

2. Menggunakan APK Extractor

Tidak seperti Android Assistant, APK Extractor ini hanya bisa digunakan untuk membuat file Android Package Kit saja. Tidak ada fitur-fitur pendukung lain. Namun, perangkat ini memiliki cara backup yang canggih, yaitu mampu memback up hampir seluruh di ponsel Android.

Cara membuat aplikasi Playstore menjadi file APK dengan APL ini sangatlah mudah. Pastikan bahwa APL sudah terdownload dan terpasang pada ponsel kamu. Lalu, buka aplikasinya dan pilih APL yang akan diback up. Tunggu beberapa saat dan selesai.

3. Menggunakan Perangkat Clean Master

Kebanyakan orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan perangkat yang satu ini, yaitu Clean Master. Perangkat ini biasa digunakna untuk membersihkan RAM, cache, phone boost, dan lain sebagainya.

Namun, banyak yang tidak sadar bahwa perangkat ini juga bisa mengubah APL menjadi APK. Cara mudah membuat apk Playstore dengan perangkat ini hampir sama dengan sebelumnya. Klik menu “Tools” pada bagian tengah di antara menu “home” dan “me”.

Setelah itu, cek ponsel untuk mengklik “App Manager” dan pilih yang diinginkan Jangan lupa untuk mengklik pada bagian “Backup Installation Package”.

Membuat Playstore Jadi File APK di Komputer

Selain dari ponsel Android, kamu juga bisa mengubah APL pada Playstore menjadi Android Package Kit. Bahkan tidak perlu mendownloadnya terlebih dahulu. Berikut adalah cara membuat aplikasi Playstore menjadi file APK melalui komputer.

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengakses Google Playstore melalui browser komputer.
  2. Lalu, carilah APL yang diinginkan dan salin link pada address bar browser kamu.
  3. Setelah link disalin, silahkan buka situ Android Package Kit Downloader untuk mengubahnya menjadi APK.
  4. Tempel link yang telah disalin sebelumnya pada kolom terletak di bawah “Package name of Google Play URL. Pencet “Generate Link Download” dan “Download, file sudah tersimpan.

Membuat Aplikasi Playstore Jadi File APK di Produk Apple

Jika ponsel yang digunakan merupakan iPhone, kamu tidak perlu khawatir. Masih ad acara untuk mengubah APL menjadi APK. Namun, perlu dicatat bahwa segala sesuatu yang terpasang di iPhone harus sangat hati-hati untuk menghindari pelanggaran.

Melalui salah satu ekstensi Bernama ARC Welder, kamu bisa membukan APK langsung dari Mac. Aplikasi ini memberikan kesempatan pada pengguna untuk menjalankan perubahan file dengan lebih mudah. Pada kondisi tertentu APK pada Mac berubah menjadi ZIP.

Cara membukanya adalah melalui menu “File” dan temukan arsip ZIP untuk dibuka. Klik ZIP tersedia dan buatlah folder untuk menyimpan file tersebut di dalamnya. Lalu, ubah nama file dan folder ZIP berhasil terbuka.

Mengubah APL Playstore menjadi Android Package Kit memang menjadi salah satu jurus jitu dalam menyelamatkan APL yang telah terpasang. Bahkan cara membuat aplikasi Playstore menjadi file APK ini mempermudah untuk back up dan mengurangi konsumsi kuota.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment