Fakta menarik Twitter

21 Fakta Menarik Twitter yang Harus Kamu Tahu

Mochamad Ikhwana

Siapa sih, yang saat ini tidak punya akun Twitter? Twitter sebagai salah satu platform yang memudahkan siapa saja untuk bercuit tentang opini dan hal-hal menarik atau nyeleneh ini memang cukup mengasyikkan. 

Sering kali, berita-berita terkini justru lebih cepat tersebar dan viral dari platform ini dibandingkan media sosial lainnya. Berita paling hot yang belum muncul di Instagram atau Facebook pun, bisa lebih dulu ngetren dan dikenal sebagai Twitter trending

Nah, kalau selama ini kamu cuma asyik ngetwit, tahukah kamu ada 21 fakta menarik Twitter berikut ini? 

21 Fakta Menarik Twitter yang Sebaiknya Tidak Kamu Lewatkan

Twitter

Elon Musk mengabarkan bahwa Twitter bakal memiliki beberapa perubahan. Termasuk tersedianya fitur tampilan untuk menggeser ke kanan-kiri dan ikon bintang di pojok kiri atas untuk berpindah dari beranda ke twit terbaru. Lalu apa saja fakta unik lain dari platform ini?

1. Lebih dari 300 Twit Diposting Setiap Menit

Meskipun terdapat lebih dari 300 cuitan baru setiap menitnya, Twitter ternyata masih kalah jauh dengan Facebook yang memiliki sekitar 3 juta postingan tiap menitnya. 

2. Friendstalker adalah Gagasan Nama Awal untuk Twitter

Ternyata sebelum menjadi Twitter, salah satu co-founder-nya, yaitu Evan Williams mengusulkan nama “Friendstalker” sebagai nama resminya. Namun, akhirnya nama “Twitter” yang menang karena lebih simpel dan mudah diingat. 

3. Hashtag Twitter Pertama Kali Muncul di 2007

Chris Messina adalah orang yang pertama kali memperkenalkan hashtag Twitter di 2007. Awalnya sempat banyak yang ragu apakah hashtag bakal sepopular itu. Namun ternyata, akhirnya hashtag tidak hanya ada di Twitter, tetapi juga di media-media massa lainnya seperti Instagram, Facebook, juga TikTok.

4. Logo Biru Twitter Bernama Larry

Meskipun sudah sejak 2006 Twitter menggunakan logo biru berbentuk burung ini, tetapi sampai 2012 belum terkonformasinya keresmiannya. Namun, oleh salah satu orang penting Twitter, Ryan Sarver, nama tersebut kini sah.

5. Twit Pertama Diunggah pada 2006

Pada 22 Maret 2006, salah satu co-founder Twitter, Jack Dorsey mengunggah cuitan pertamanya. Namun begitu, Twitter baru benar-benar launched 115 hari setelah Dorcey melakukan posting cuitan pertamanya. 

Fakta yang lebih menarik adalah, Dorcey menjual cuitan pertamanya itu sekitar senilai 41 miliar sebagai NFT. Wow!

6. Twitter Didirikan di Tempat Tak Terduga

Tahukah kamu di mana Twitter pertama kali terbersit oleh pikiran pendirinya? Di sebuah taman bermain di San Fransisco, tepatnya di atas perosotan. Siapa sangka jadi sedahsyat sekarang hingga punya banyak penggemar dari berbagai belahan dunia. 

7. Ellen Degeneres Punya Retweet Terbanyak

Ia sendiri tidak menyangka akan ada sekitar 2,9 juta user yang me-retweet cuitannya yang berupa foto selfie di acara Academi Award 2014. Host suatu televisi popular ini berfoto selfie dengan sejumlah selebritas ternama seperti Brad Pitt dan Meryl Streep. 

8.  Twitter Hanya Menunjukkan Postingan Teratas

Tahukah kamu Twitter hanya menunjukkan top atau postingan paling atas dari topik-topik yang kamu cari? Kamu mungkin akan terkejut dengan postingan-postingan yang Twitter sembunyikan. Tapi jangan khawatir, kamu bisa melihat seluruh cuitan dengan mengeklik “All” di halaman pencarian.

9. 280 Karakter yang Melegakan

Setelah sebelumnya kamu hanya bisa mengetwit maksimal 140 karakter, sekarang kamu bisa bercuit 2 kalinya sampai 280 karakter. Nah, kini kamu bisa bercuit lebih leluasa tentang opini, berita terkini, atau apa pun yang sedang kamu rasa dan pikirkan. 

10. Sotrender Membantu Memperbaiki Performamu 

Untuk membantu kamu meningkatkan perroma cuitanmu di Twitter, kamu bisa menggunakan Sotrender. Dengan tool ini, kamu bisa mengetahui performa keberadaanmu di Twitter. Mulai dari mengecek peningkatan followers sampai detail performa cuitanmu. 

11. Gunakan Siri untuk Ngetwit

Sudah pernahkah kamu mencobanya? Kamu tinggal menyebutkan saja apa yang ingin kamu cuitkan, termasuk tagar atau hashtagnya ya. Setelah mengeceknya dan merasa semua aman sesuai keinginanmu, tinggal posting deh 

12. Kamu Bisa Nge-save Seluruh Cuitanmu

Kamu bisa meminta Twitter untuk mengirimkan arsip seluruh cuitanmu. Kamu tinggal mengunjungi “pengaturan”. Dalam beberapa hari, kamu bisa mendapatkan arsip seluruh twitsmu. 

13. Kamu bisa Membuat List Akun yang kamu Follow

Dengan menggunakan Twitter List, kamu bisa mendaftar akun-akun yang kamu ikuti. Kamu juga bisa lho, melihat apa kamu juga terdaftar di akun lain. Menggunakan Sotrender, kamu bisa mengesetnya secara public atau private. 

14. 4 Foto Sekali Posting

Kalau kamu selama ini hanya posting 1 foto sekali ngetwit, kamu bisa menambahnya sampai 4 foto, lho. Nah, sekarang kamu bisa men-display produk terbarumu jika kamu menggunakan platform media sosial ini untuk berjualan. 

15. Tagar Bukan dari Twitter

Kalau kamu mengira tagar atau hashtag pertama kali ada di Twitter, kamu salah. Tagar pertama kali ada di platform chat yang muncul sekitar tahun 80 dan 90-an untuk membedakan konten satu dengan lainnya.

16. Platform Tercepat Pemberi Informasi dan Menyampaikan Komplain

Daripada melakukan sambungan telepon, Twitter membantumu lebih cepat mendapatkan informasi dan menyampaikan keluhanmu. Misalnya, kamu keretamu terlambat, kamu bisa langsung bercuit dan mendapat perhatian. 

17. Pengguna Twitter Teraktif

Untuk mengetahui pengguna Twitter yang aktif, ada statistik yang bisa kamu jadikan patokan, yaitu ia menghabiskan sekitar 20 menit di Twitter setiap hari; punya lebih dari 200 pengikut, dan bercuit lebih dari 300 kali. Nah, apa kamu juga begitu?

18. Akun dengan Pengikut Terbanyak

Sayangnya, ternyata bukan Twitter yang punya pengikut terbanyak, melainkan YouTube. Kamu juga mem-follow-nya? Saat followers-nya sudah mencapai sekitar 78 juta lebih. 

19. “Penyakit” Twitterpatted

Ada satu istilah unik yang muncul dari media sosial Twitter. Twitterpatted adalah semacam “penyakit” untuk menunjukkan rasa senang karena kewalahan menerima berbagai informasi yang mengakibatkan lupa posting atau mencuitkannya. Istilah ini popular di kalangan co-founder Twitter

20. Miliaran Cuitan

Jika dulu membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk mendapatkan miliaran cuitan, sekarang dalam seminggu saja sudah ada bermiliar-miliar twits. 

21. 10 Juta Pengguna di Tiongkok

Meskipun pada 2016 Tiongkok memblokir seluruh media-media sosial, tetapi ternyata pada tahun tersebut tercatat ada 10 jutaan pengguna Twitter di sana. Ini berarti pesona Twitter cukup memukau, sampai warganya masih ngotot menggunakannya. 

Nah, mana dari 21 fakta menarik Twitter di atas yang sebelumnya sudah kamu ketahui? Asyik kan, kalau selalu jadi yang paling update karena setiap kali hangout atau ada event, kamu bisa paling tahu soal berita terkini. Dengan menjadi pengguna Twitter, tanpa perlu aktif ngetwit pun kamu bisa dapat informasi paling hot, bahkan hal-hal yang sedang belum trending di platform lain sekalipun. 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment