Cara Mudah Cek Resi Dakota Cargo

Mochamad Ikhwana

Apakah kamu sering mengirim barang dalam jumlah besar? Pengiriman dalam jumlah yang banyak biasanya akan lebih efektif dengan jasa pengiriman kargo. Salah satu jasa pengiriman yang bisa kamu andalkan adalah Dakota Cargo. Nah, kamu bisa mencari tahu apa saja jenis layanan dan cara cek resi Dakota Cargo di sini.

Selain untuk mengirim paket dalam jumlah besar, ekspedisi ini juga bisa mengirim barang berat seperti mebel dan kendaraan bermotor. Lalu, apa saja yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakan jasa pengiriman tersebut? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.  

Mengenal Dakota Cargo 

Belakangan ini, jasa pengiriman atau ekspedisi semakin banyak peminatnya. Kenyamanan yang ditawarkan nyatanya membuat masyarakat lebih sering berbelanja online atau mengirim barang ke kota lain. Itulah sebabnya jasa ekspedisi jadi semakin penting.

Pada pengiriman reguler, tarif akan terhitung dari berat benda per kilogramnya. Semakin berat paket tersebut, semakin mahal pula ongkos kirimnya. Itulah sebabnya, ekspedisi kargo terbilang lebih efektif untuk mengirim barang dalam jumlah yang besar.

Nah, berapa berat minimal Dakota Cargo? Tarif dasar ekspedisi ini terhitung dari minimalnya, yaitu 20 kilogram. Semakin berat barang yang kamu kirim, tarifnya justru akan semakin murah. Alasannya, kamu hanya perlu bayar tarif tambahan per kilogramnya.

Ekspedisi ini cukup terkenal dan populer di Indonesia. Layanannya bisa bersaing dengan ekspedisi lain meski ongkos kirimnya relatif murah. Kemudian, pilihan layanan dan armadanya juga lengkap dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai penyedia jasa pengiriman barang, Dakota Cargo juga terkenal atas layanannya yang aman, cepat, dan tepercaya. Jaringannya juga luas dan mencakup sebagian besar wilayah Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa cek resi dan cek ongkir Dakota Cargo secara online dengan mudah.

Apa Bedanya Pengiriman Reguler dan Kargo?

Simak pembahasan lengkap soal perbedaan pengiriman reguler dan kargo melalui poin-poin berikut ini:

1. Jenis Barang

Perbedaan pertama terlihat dari jenis barang yang ekspedisi tersebut tangani. Umumnya, ekspedisi reguler biasanya melayani pengiriman dengan jumlah sedikit. Pilihan pengiriman ini bisa kamu manfaatkan untuk mengirim beberapa barang seperti baju, sepatu, buku, tas, dan sebagainya.

Sebaliknya, pengiriman kargo terfokus pada barang dalam jumlah besar, seperti hasil pertanian atau bahan bangunan. Kamu juga bisa mengirimkan kendaraan bermotor dan alat berat lainnya seperti ekskavator atau buldoser. Tak heran jika konsumen kargo biasanya berasal dari pengusaha atau perusahaan.

2. Berat dan Tarif Minimal

Cek Resi Dakota Cargo

Pengiriman reguler terhitung dari tiap kilogram paket yang kamu kirimkan. Namun, pengiriman kargo lebih murah karena ada tarif dasar dari berat minimal yang harus kamu penuhi dulu.

3. Cara Pengemasan

Cek Resi Dakota Cargo

Pengemasan barang-barang berukuran kecil dalam jumlah sedikit biasanya lebih mudah. Pengemasan reguler cukup dengan kardus kecil, plastik, dan tambahan bubble wrap untuk barang yang mudah pecah. 

Sebaliknya, pengiriman kargo umumnya menangani benda-benda berat dan besar. Pengemasannya terbilang cukup rumit karena memerlukan plastik, kardus, karung, bahkan peti kayu yang berukuran besar.

4. Waktu Pengiriman 

Biasanya, pengiriman reguler memakan waktu yang lebih singkat daripada pengiriman kargo. Paket bisa sampai di alamat tujuan dalam waktu sekitar satu hingga tiga hari saja. 

Lalu, berapa lama pengiriman via Dakota Cargo? Pengiriman kargo perlu waktu sekitar tiga atau empat hari. Untuk daerah pelosok, estimasinya mencapai lima hingga tujuh hari. Meski melayani pengiriman satu atau dua hari sampai, fasilitas ini baru bisa kamu dapatkan di kota-kota besar saja.

Produk dan Layanan Dakota Cargo

Dakota Cargo sendiri merupakan bagian dari Dakota Group selain Dakota Logistik dan Dakota Courier. Perusahaan ini mengedepankan empat keunggulan, yaitu keamanan, kecepatan, kenyamanan, dan harga bersaingnya. 

Layanan pengirimannya juga bervariasi. Beberapa layanan yang bisa kamu pilih di antaranya adalah pengiriman Regular, Two Days Service atau TDS, Top Urgent, Door to Door, dan Door to Port.

Masing-masing dari pilihan ekspedisi tersebut tentunya punya jasa layanan dan tarif yang berbeda-beda. Jika pengiriman regular bisa sampai tujuan sekitar 3-4 hari, pengiriman TDS hanya perlu waktu 2 hari kerja saja. Ada pula pengiriman Top Urgent yang lebih cepat sampai, yaitu 1 hari kerja.

Selain itu, ada juga layanan door to door yang bisa membantumu untuk pick up barang dari alamat atau gudang pengirim. Nantinya, petugas akan mengirimnya sampai alamat penerima. Layanan ini berbeda dengan door to port, yang mengharuskan penerimanya mengambil paket di gudang Dakota terdekat.

Cara Cek Resi Dakota Cargo Online

Saat mengirim barang dengan ekspedisi ini, kamu akan mendapatkan nomor resi pengiriman. Dengan nomor tersebut, kamu nantinya bisa melacak keberadaan paket tersebut. Selain untuk melacak paket, halaman ini juga akan memudahkanmu untuk mengecek tarif pengiriman. 

Pengecekan pun bisa kamu lakukan kapan saja karena sistemnya secara online. Nah, ini langkah-langkah untuk mengecek resi dan tarif Dakota Cargo.

Cara Cek Resi

Nomor resi yang akan kamu dapatkan berupa kombinasi dari huruf dan angka, misalnya 31802021A000454. Untuk mengeceknya, ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

1. Kunjungi situs web Dakota Cargo

2. Masukkan nomor resi ke kolom pencarian berwarna merah pada halaman ini. Berikut adalah contoh tampilannya.

3. Setelah input nomor tersebut, klik tombol “Cari” pada sebelah kanan dan tunggu sampai rincian pengirimannya muncul. Nantinya, akan muncul informasi tentang nama pengambil paket dan posisi barang tersebut saat ini. Ketika sudah sampai tujuan nanti, kamu juga bisa mengecek nama penerimanya. 

Cara Cek Tarif

Nah, ini langkah mudah untuk mengecek tarif dari layanan Dakota Cargo.

1. Cukup klik pada pilihan Cek Tarif di atas maka tampilan berikut akan muncul.

Cek Resi Dakota Cargo

2. Setelah mengubah asal paket di kolom “Kirim Dari”, kamu bisa ketikkan tujuan pengirimannya. 

3. Masukkan informasi berupa provinsi, kota, kecamatan, kelurahan, juga kode pos tujuan. 

4. Klik pada pilihan “Cek Tarif” dan tunggu hingga tarifnya muncul. 

5. Jika ingin mengubah pencarian, klik pada “Reset Tarif”.

Untuk informasi lengkap mengenai jasa pengiriman, kamu bisa langsung hubungi call center Dakota Cargo terkait. Kamu juga bisa mencari informasi tentang kantor Dakota Cargo terdekat melalui situs web resminya.

Metode Pengecekan Resi Lainnya

Cek Resi Dakota Cargo

Selain melalui situs resminya, kamu juga bisa melacak pengirimanmu melalui beberapa situs pengecekan lainnya. Ini beberapa cara lain yang bisa kamu coba.

  1. Untuk pelacakan via internet, kamu juga bisa mengunjungi situs cekcargo. Di sini, kamu juga bisa mengecek paket dari ekspedisi Lion Parcel, Wahana, ID Express, SiCepat, TIKI, dan masih banyak lagi.
  2. Cara penggunaannya juga sama. Kamu hanya perlu memasukkan nomor resi pada kotak pencarian. Kamu tidak perlu memilih jenis ekspedisinya karena bisa terdeteksi secara otomatis. Setelah itu, klik pada pilihan “Cek Resi” dan tunggu sampai informasinya keluar.
  3. Selain itu, kamu juga bisa melacak status pengiriman paket melalui aplikasi pada ponsel, seperti cek resi dan lacak paket.
  4. Cara pemakaiannya juga hampir sama. Setelah membuka aplikasinya, ketikkan nomor pencariannya lalu pilih “Cek”. Tunggu beberapa saat dan rincian paketmu akan segera ditampilkan.

Nah, demikianlah pembahasan tentang ekspedisi kargo dan cara cek resi Dakota cargo yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini bisa membantumu untuk melakukan pengecekan ekspedisi. Selamat mencoba.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment