Mengenal Fitur dan Cara Install Mangaku, Wajib Diketahui Otaku!

Seiring dengan semakin menjamurnya industri manga dan anime di Jepang, peminat komik dan manga dari Negeri Sakura di Indonesia juga semakin bertambah. Karena itu, tidak heran jika ada banyak website untuk membaca manga favorit para wibu ini. Salah satunya adalah Mangaku.

Apa saja sih, kelebihan dan fitur situs ini dibandingkan lainnya? Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!

Apa itu Mangaku?

Mangaku

Kalau kamu mengaku wibu atau otaku sejati, kamu tentu sadar bahwa ada banyak website yang menyediakan akses untuk para penggemar komik atau manga. Sayangnya, tidak semua website itu up-to-date dengan karya favorit kalian.

Karena itu, bukan hal yang aneh jika seorang penggemar berat komik atau manga biasanya mempunyai lebih dari 3 referensi situs atau aplikasi di ponselnya. Nah, dari sekian banyak aplikasi tersebut, salah satunya adalah Mangaku id

Mangaku apk merupakan satu dari sekian banyak aplikasi yang tersedia secara gratis untuk mereka yang ingin membaca manga. Aplikasi ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif kalau kamu bingung mencari platform yang tidak mengecewakan untuk membaca komik berbahasa Indonesia. 

Di dalamnya kamu bisa menemukan berbagai jenis judul manga, baik itu dari edisi jadul maupun dari koleksi yang paling baru. Tidak hanya itu, ada juga berbagai judul manga populer seperti One Piece, Boruto, Shuumatsu no Valkyrie, dan koleksi populer lainnya.

Selain manga dari Negeri Sakura, para manga maniacs bisa menemukan berbagai judul komik dari negara lainnya di aplikasi ini seperti dari Cina (biasa disebut manhua) serta dari Korea (biasa disebut manhwa). 

Biasanya, koleksi manhua atau manhwa tersebut memiliki gambar berwarna sehingga semakin menarik untuk dibaca. Para wibu cewek biasanya paling meminati kedua jenis bacaan ini. Kalau kamu suka koleksi manga berwarna, biasanya koleksi tersebut rilis pada hari Jumat atau hari tertentu. 

Baca Juga :  Cara DM di Twitter Tanpa Follow dan Mencari Teman

Sebenarnya, ada juga Mangaku anime untuk para otaku yang tidak hanya ingin membaca koleksi komik, melainkan juga menonton anime kesayangan. Di sini ada berbagai jenis judul anime seperti Dragon Ball, Boku no Hero Academia, atau lainnya.

Fitur-Fitur di Mangaku

Mangaku

Ada berbagai hal yang menjadi alasan bagi para pecinta manga betah menggunakan aplikasi baca Mangaku ini. Salah satunya adalah karena fitur-fitur di dalamnya yang memiliki value lebih jika dibandingkan dengan website atau aplikasi baca lainnya.

Untuk tahu lebih detail mengenai fitur-fitur dari aplikasi ini, simak penjelasan di bawah ini.

Tampilan

Seperti yang kita tahu, ada satu aspek penting yang yang memengaruhi nyaman atau tidaknya seseorang membaca komik di depan layar selama berjam-jam. Yaitu, tampilan layar.

Dari segi tampilan, aplikasi ini memiliki tampilan sederhana yang tidak berlebihan dan tetap mengedepankan fungsinya demi kenyamanan para user-nya. Ada pilihan mode layar seperti light mode dan dark mode yang bisa user atur sesuai keinginan.

Daftar Manga

Fitur unggulan lainnya dari aplikasi penyedia bacaan komik ini adalah daftar manga di dalamnya yang super lengkap. Ada sekian ratus judul komik yang terbagi sesuai abjad dari A-Z. Dengan begitu, users akan lebih mudah melihat-lihat judul apa saja yang tersedia di platform baca ini.

Walaupun aplikasi ini kadang mengumpulkan koleksi terbarunya dari berbagai platform baca lain, namun tidak sedikit juga platform baca komik lainnya yang menjadikan Mangaku mod app ini sebagai rujukan platform baca lainnya.

Tidak hanya itu, di sini kamu juga bisa menemukan manga yang pada awal kemunculannya sulit ditemukan di banyak platform bacaan komik. Salah satu contohnya adalah komik Solo Leveling. 

Baca Juga :  Cara Backup DM Instagram, Story, Komentar, Foto, dan Video

Faktanya, beberapa waktu lalu banyak platform bacaan komik yang kurang update dengan serial komik tersebut. Padahal, ada banyak wibu Indonesia yang penasaran dan sangat menantikan versi bahasa Indonesia dari komik Solo Leveling ini. 

Bookmark

Bookmark merupakan salah satu fitur favorit untuk para pecinta bacaan bergambar ini. Mengapa? Dengan adanya fitur bookmark di aplikasi bacaan komik yang mereka miliki, mereka bisa menandai dan menyimpan judul komik yang mereka baca terakhir kali.

Dengan begitu, mereka tidak perlu mengingat-ingat kembali judul komik atau sampai chapter mana mereka membaca komik tersebut apalagi menulis daftar secara manual dari judul dan chapter terakhir yang kamu baca.

Selain itu, fitur bookmark dari aplikasi bacaan yang satu ini juga bisa menyimpan hingga 50 judul komik. Jika kamu ingin membaca chapter terbaru dari judul komik tertentu, kamu hanya perlu membuka bookmark ini.

Genre

Untuk para manga addict yang masih pemula dengan aplikasi ini, mereka bisa melihat-lihat koleksi bacaan berdasarkan genrenya juga, lho. Aplikasi ini menyediakan koleksi manga dari berbagai jenis genre yang ada. 

Contohnya seperti shoujo, shounen, slice of life, action, adventure, psikologis, fantasi, komedi, drama, dan masih banyak lainnya.

Pencarian

Selain beberapa fitur di atas, aplikasi ini juga memiliki fitur pencarian yang akurat. Biasanya, komik Jepang memiliki judul dalam berbagai versi. Beberapa di antaranya adalah versi Jepang dan Inggris.

Dengan fitur pencarian yang sedemikian rupa di aplikasi bacaan ini, kamu bisa mendapatkan hasil pencarian yang tepat dengan mengetikkan judul dari kedua versi yang ada. Misalnya, manga Kimetsu no Yaiba karya Koyoharu Gotoge. 

Judul versi bahasa Inggris dari manga bergenre fantasi petualangan tersebut adalah Demon Slayer. Nah, kamu bisa mengetik Demon Slayer atau Kimetsu no Yaiba di kolom pencarian dan hasilnya akan tetap sama meskipun memakai kata kunci berbeda.

Baca Juga :  Aplikasi Internetan Gratis Seumur Hidup

Opsi Bahasa

Sebagian besar penyuka manga yang ada di Indonesia tentu lebih suka membaca komik versi bahasa Indonesia. Namun, tidak sedikit juga dari mereka yang lebih suka membaca versi bahasa Inggris. 

Nah, platform bacaan yang satu ini memiliki 3 opsi bahasa, yaitu bahasa Jepang, Inggris, dan Indonesia.  Terjemahan dari bahasa Jepang ke bahasa Inggris maupun Indonesia pada isi komik-komik di platform ini akurat dan masuk akal sehingga alur dan keseluruhan isi cerita mudah dicerna pembaca.

Link Download & Cara Install

Mangaku

Karena tergolong sebagai aplikasi mod, aplikasi ini tidak tersedia di Playstore dan harus kamu dapatkan dengan cara lain. Jangan khawatir, kamu bisa menemukan link Mangaku download berikut cara menginstal di bawah ini.

Jika kamu tertarik untuk mengunduh Mangaku.pro apk kamu bisa mengklik link berikut info seputar aplikasi tersebut di bawah ini.

Info Keterangan
Pengembang Mangaku Pro
OS Android 4.1 or more
Ukuran file 9-10 MB
Versi 9.8
Link Unduhan download atau download

Setelah aplikasi tersebut terunduh di ponsel android kamu, berikut cara instalnya:

  1. Sebelum install, pastikan ponselmu mengizinkan instalasi aplikasi dari pihak ketiga. Caranya buka Pengaturan > Keamanan & Privasi > aktifkan opsi Sumber Tidak Dikenal
  2. Buka lokasi file aplikasi yang kamu unduh. Bisa melalui File Manager > Download atau melalui aplikasi Google Chrome > Downloads
  3. Klik file apk tersebut
  4. Tunggu hingga proses instalasi selesai

Sekarang, kamu bisa berselancar di Mangaku dan mengunduh judul komik atau manga favoritmu sepuasnya untuk kamu baca offline. Selamat mencoba!

Leave a Comment