TikTok

Cara Tahu Jadwal FYP TikTok agar Video Cepat Viral

Mochamad Ikhwana

Salah satu media sosial yang memiliki kenaikan pengguna sangat tinggi adalah TikTok. Aplikasi yang satu ini memang sedang sangat digemari oleh anak-anak muda.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membangun personal branding melalui video-video yang kamu unggah ke sosmed yang satu ini. Akan tetapi agar mendapatkan eksposur yang cukup, video kamu perlu masuk ke FYP.

Apa itu Jadwal FYP TikTok?

TikTok

Jadwal FYP TikTok adalah waktu di mana video kamu bisa masuk ke halaman rekomendasi tontonan oleh pengguna yang lain. Jika konten video viral TikTok kamu berhasil masuk ke halaman For You Page, maka akan semakin banyak penonton yang menyaksikan video kamu.

Semakin banyak yang menonton, semakin besar pengaruh yang bisa kamu arahkan ke penonton.

Jika konten video kamu berhasil masuk FYP, maka kamu bisa menggunakan eksposur yang kamu dapat untuk mempromosikan hal-hal tertentu. Sebagai contoh, jika kamu seorang affiliatior Tiktok, kamu bisa menawarkan produk yang kami jual melalui konten video kamu. Affiliate TikTok ini juga cukup menguntungkan, lho!

Jika kamu adalah seorang kreator konten yang ingin memberikan edukasi dan ajakan tertentu, kamu bisa melakukannya lewat video yang FYP.

Contoh lain adalah video FYP viral juga akan menaikkan nama kamu di sosial media. Jika nama kamu sedang naik, akan banyak pihak yang ingin menyewa jasa promosi.

Jasa promosi ini biasa disebut dengan endorsement. Jasa endorse adalah jasa di mana kamu bisa menawarkan produk dari klien yang sudah melakukan kerjas ama denganmu. Secara tidak langsung, nama kamu akan naik dan kamu memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan dari pemakaian media  sosial.

Kapan Jadwal FYP TikTok?

TikTok

Memiliki video yang masuk FYP memang memiliki banyak manfaat, namun untuk masuk ke FYP sendiri tidak mudah. Kamu harus bisa memahami algoritma Tiktok dan juga konten serta waktu yang tepat untuk mengunggah video.

Jika kamu masih belum sepenuhnya menguasai kapan waktu unggah dan juga konten seperti apa, kamu bisa mencoba unggah di waktu sebagai berikut.

Senin: Pukul 12.00 – 13.00 WIB

Hari Senin merupakan hari yang padat terutama bagi para pekerja. Pekerja yang harus menyusun kegiatan dan rencana di hari Senin hanya aktif di sosial media saat jam istirahat.

Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk mengunggah konten di jam 12.00 hingga 13.00 WIB di mana sebagian besar orang sedang beristirahat.

Selasa: Pukul 19.00 – 21.00 WIB

Hari Selasa sama padatnya dengan hari Senin, namun biasanya pengguna sosial media sudah lebih fleksibel terutama di malam hari.

Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk mengunggah video agar bisa FYP. Pada pukul 19.00 – 21.00 WIB merupakan waktu istirahat dan jam video TikTok di mana banyak orang menghabiskan waktu dengan scroll sosial media.

Rabu: Pukul 11.00 – 12.00 WIB & 20.00 – 21.00 WIB

Jadwal FYP di Tiktok hari Rabu agar video kamu bisa masuk FYP adalah dengan mengunggah pukul 11.00 – 12.00 WIB terlebih dahulu.

Mengapa di jam tersebut? Jawabannya adalah hari Rabu merupakan hari tengah dimana orang sudah mulai bosan dengan rutinitas dan memilih untuk break sejenak dengan membuka Tiktok.

Selain di jam 11 sampai 12 siang, kamu juga bisa mengunggah di waktu malam hari yaitu pukul 8 malam hingga 9 malam.  Di jam ini biasanya orang ingin menghabiskan waktu sembari menunggu rasa kantuk datang. Ini waktu yang tepat untuk kamu mengunggah video.

Kamis: Pukul 12.00, 16.00, dan 20.00 WIB

Pada hari Kamis, kebanyakan orang sudah mengantisipasi untuk menikmati weekend. Mereka akan lebih banyak memikirkan cara menghabiskan waktu saat hari libur. Dengan begitu ada kemungkinan mereka juga akan mencari konten referensi liburan atau istirahat.

Sebagai tambahan jadwal video FYP, mereka mungkin akan mulai mencari di jam-jam istirahat seperti pukul 12 siang, 4 sore, dan 8 malam.

Jumat: Pukul 11.00 – 12.00 dan Pukul 19.00 – 20.00

Hari Jumat menjadi hari yang terasa singkat karena banyak yang mengantisipasi akhir pekan. Selain itu, di beberapa tempat akan menyempatkan karyawan dan pelajar untuk sholat Jumat.

Saat sholat Jumat mungkin penonton laki-laki berkurang, namun akan banyak penonton perempuan yang menunggu waktu sholat selesai. Di saat waktu ini kamu bisa mengunggah dari pukul 11.00-13.00 WIB. 

Mengapa demikian? Sebelum pukul 12 siang merupakan waktu di mana penonton perempuan lebih banyak. Sedangkan pukul 1 siang merupakan aplikasi waktu dimana penonton laki-laki lebih banyak karena selesai sholat Jumat.

Sabtu: 09.00 – 11.00 WIB dan 19.00 – 20.00 WIB

Akhir pekan menjadi waktu yang banyak orang-orang tunggu untuk berlibur. Di hari Sabtu, kamu bisa mengunggah lebih awal di jam 9 hingga jam 11 siang.

Di jam tersebut orang-orang sudah lebih banyak punya waktu luang untuk membuka sosial media. Selain itu malam hari ketika banyak yang memilih untuk menghabiskan waktu bersama teman & keluarga juga jadi waktu yang tepat.

Kamu bisa mulai mengunggah video pukul 7 hingga 8 malam. Biasanya orang-orang membuka sosial media untuk mencari bahan obrolan juga saat berkumpul bersama.

Minggu: Pukul 07.00 – 11.00 dan 16.00 – 21.00 WIB

Di hari Minggu, kamu yang menjadi TikTok seller punya lebih banyak waktu untuk mempromosikan jualanmu dengan mengunggah konten atau melakukan live. Terlebih hari libur merupakan waktu yang cocok bagi orang-orang untuk bersantai dan bermain sosial media.

Dengan begitu kamu punya jadwal FYP yang lebih fleksibel mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 11 siang. Di waktu ini banyak yang sedang bersantai dan mengisi waktu luang dengan scrolling sosial media.

Jadi kamu punya banyak waktu dari pagi hingga siang untuk mempromosikan video kamu agar FYP. Selain itu, kamu juga bisa mengunggah video FYP Minggu sore mulai dari pukul 4 hingga 9 malam.

Meskipun hari Minggu merupakan hari yang potensial agar konten FYP, namun tidak semua konten bisa winning dan masuk ke halaman awal aplikasi.

Apa saja yang bisa membuag konten kamu berhasil dan punya potensi viral? 

Bagaimana agar Konten FYP di Tiktok?

TikTok

Agar konten bisa masuk di FYP, selain menyesuaikan jadwal FYP TikTok, kamu juga harus membuat konten yang menarik. Konten yang menarik tidak selalu harus konten yang menggunakan properti mahal. Bahkan konten curhat juga memiliki potensi FYP.

Sebagian besar orang menyukai konten yang kesannya natural dan tidak dibuat-buat. Dengan kamu menjadi diri sendiri sudah bisa menjadi bahan untuk konten video.

Selain itu konsistensi juga penting. Pastikan kamu menggunakan niche yang konsisten.

Itulah jadwal FYP di Tiktok dan juga tips agar konten kamu FYP. Meskipun tidak ada jaminan langsung FYP, mengirim di waktu yang potensial bisa sangat membantu. Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment