Cara Melihat Draf di Instagram dan Cara Menghapusnya, Simak!

Mochamad Ikhwana

techsbright.com – Cara Melihat Draf di Instagram – Sudah pernahkah kamu sedang mengubah photo atau video di instagram tetapi tau-tau ada kepentingan tiba-tiba yang tidak dapat ditinggal hingga video atau foto barusan belum sebelumnya sempat kita upload? Menariknya instagram memberi fitur supaya photo/ video barusan dapat kamu taruh sebagai draf. Maka kamu dapat membuka kembali untuk melanjutkan koreksi atau ingin diupload jadi stories, feed atau reels. Lalu di mana letak draf di instagram itu?

Instagram menjadi aplikasi media sosial yang demikian disukai. Nyaris tiap jam kita akan lakukan aktivitas scrolling di IG. Apa lagi saat ini ada fitur reels yang disebutkan sebutkan sebagai kompetitor tiktok. Lewat reels kita dapat menyaksikan video video pendek hasil kreasi beberapa pemakai instagram di penjuru dunia. Al hasil beberapa pemakaipun semakin kerasan lama-lama nikmati content yang ada.

Sama seperti yang kita kenali, sekarang ini beberapa pemakai dapat membuat 4 tipe content di instagram. Dimulai dari strories yang hendak terhapus automatis sesudah 24 jam, post yang hendak menghias feed instagram, streaming langsung untuk siarkan dengan langsung dan reels yang berisi video pendek seperti tiktok. Nach untuk yang kerap up-date content IG, sudah tahu belum jika ada fitur draf?

Fitur draf IG ini benar-benar bermanfaat bila kamu ingin simpan content yang 1/2 ubah supaya bisa meneruskan koreksi tanpa mengulang-ulang dari sejak awalnya. Tetapi, beberapa orang saat ini masih kesusahan temukan fitur ini. Lalu bagaimanakah cara menyaksikan draf IG atau menghapusinya? Yok baca jalannya di bawah ini.

Apa itu Draf Instagram?

Apa itu Draf Instagram

Draf Instagram ialah fitur yang memungkinkannya kamu untuk simpan posting yang telah di-edit, tetapi belum ingin menguploadnya.

Beberapa macam upload di Instagram, seperti photo, video, reel, dan story dapat di-edit untuk dipertambah filter atau sound. Nach, bila kamu belum juga percaya dengan editan pertama, kamu dapat memencet tombol back supaya posting itu masuk ke draf.

Maka dari itu, langkah draf IG ini akan mempermudah kamu supaya posting tidak langsung terhapus dan kamu tak perlu mengubah dari sejak awalnya bila ide telah tiba.

Foto yang Belum Selesai Diedit Akan Disimpan ke Folder Draf

Photo yang masih belum usai kamu edit atau memang belum kamu upload ke Instagram akan disimpan sebagai draf atau ide. Terkadang ada banyak ide yang pada akhirnya gagal kita upload. Agar tidak buat pusing, kamu dapat hapus draf Instagram itu.

Tetapi langkah hapus draf itu cukup terselinap. Tidak begitu jelas. Kemungkinan berada di di antara kalian yang kebingungan melakukan. Di bawah sedikit ada keterangan mengapa memusingkan. Silahkan baca dahulu cara di bawah ini.

Oya, contoh yang saya beri sebagai dari hasil aplikasi Instagram untuk Android. Kemungkinan ada yang cara berlainan, khususnya jika versus aplikasi itu berlainan. Janganlah lupa up-date ya.

Cara Menyimpan Draf di Instagram

Cara Melihat Draf di Instagram - Menyimpan Draf di Instagram

Secara simpel fitur ini memungkinkannya tiap pemakai untuk simpan photo/ video saat sebelum nanti dipublish. Ini cukup bermanfaat, karena kamu tidak akan kehilangan content dan membuat dari sejak awalnya saat belum sempat uploud. Baik di storis, post, atau reels semua ada fitur draf.

Adapun langkah memakai fitur draf ini sangat gampang. Misalkan saat sedang ada di menu strories, saat ingin keluar nanti akan ada pilihan Discard Save draf dan cancel. Silakan tinggal pilih save draf untuk menyimpanya. Hal yang juga sama berlaku saat ingin menambah feed atau reels. Berikut tahapannya :

  1. Sesudah mengubah video atau gambar, kamu dapat menyimpan sebagai draf untuk diupload di saat yang kamu harapkan.
  2. Pilih lambang + (Plus) pada bagian atas Instagram
  3. Photo atau unggah video selanjutnya click Next atau Seterusnya di atas kanan.
  4. Tambah filter, dampak, caption atau lokasi di file itu.
  5. Kembali lagi ke cara edit dan memberikan filter barusan, selanjutnya sentuh knop < (Back) di atas kiri.
  6. Pilih Save draf .

Ini cukup bermanfaat khususnya untuk yang suka membuat content IG. Saat ditengah-tengah jalan kebingungan untuk membikin content menarik, kamu dapat menyimpanya lebih dulu dan menguploadnya di lain kali.

Cara Melihat Draf di Instagram

Walau sebetulnya sebagai fitur bawaan, draf Instagram ini untuk beberapa orang dapat tidak kelihatan. Nach, ini langkah menyaksikan draf Instagram dan menghapusinya.

1. Pilih Menu Post
Langkah awal ialah buka aplikasi Instagram lebih dahulu. Seterusnya pilih menu Post di Instagram atau ketok icon pertanda lebih (+). Di menu ini kamu dapat memutuskan untuk menyaksikan draf Instagram berdasar tipe posting di tab Post, dan jika ingin menyaksikan draf dari Story Instagram pilih pilihan Story. Kerjakan hal sama untuk menyaksikan draf Reel Instagram.

2. Pilih Tab draf
Sesudah buka kembali Instagram, kamu akan menyaksikan beberapa photo paling akhir dari galeri untuk diupload. Untuk terhubung posting tadi sudah kamu ubah, ketok tab draf yang berada di sisi atas kiri. Jika tidak tampil, bermakna kamu tidak mempunyai draf video atau foto yang disimpan.

3. Pilih Menu Manage
Sesudah pilih tab draf akan ada beberapa video atau foto draf di monitor Instagram. Kamu dapat pilih salah satunya draf video atau foto untuk di-edit kembali.

4. Atur Draf Instagram
Instagram berlakukan waktu penyimpanan sekitaran 7 hari untuk tiap-tiap posting. Apabila sudah melalui waktu itu, Instagram akan automatis hapus draf yang kamu bikin.

Langkah di atas berlaku untuk content stories, post atau reels. Khusus untuk menyaksikan draf reels instagram kamu bisa juga temukanya di profile. Triknya membuka profilmu lalu membuka menu reels. Draf yang disimpan akan diperlihatkan disitu.

Cara Menghapus Draf Instagram

Cara Melihat Draf di Instagram

Kadang, file yang ada di draf tidak jadi diupload. Maka dari itu, kamu dapat menghapusinya dan menukar dengan file yang baru.

Langkah-langkah hapus draf Instagram yakni seperti berikut:

  1. Buka draf seperti beberapa langkah yang telah disebut sebelumnya.
  2. Pilih pilihan select yang ada di sudut atas kanan.
  3. Pilih draf yang ingin kamu hapus.
  4. Ketuk discard yang ada pada bagian bawah.
  5. Nantinya, akan ada opsi are you sure, pilih teruskan.

Kamu dapat hapus draf post Instagram sesuai tutorial yang saya catat di atas, tiap photo atau video yang ingin kamu terbitkan (upload) tetapi rupanya tidak maka umumnya akan disimpan di folder draf seperti gambar di atas.

Draf itu wajib, buat kamu yang menyukai atur dan mempersiapkan konten dalam draf. Hingga saat ingin posting konten baru, kamu tinggal akses draf lalu hanya click posting saja tanpa perlu pikirkan edit konten dan isi caption kembali.


Nach, itulah Cara Melihat Draf di Instagram dan langkah hapus draf Instagram yang penting kamu ketahui. Gampang sekali, kan?. Semoga bisa bermanfaat ya!

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment