cara mengatasi laptop yang ngelag

Cara Mengatasi Laptop yang Ngelag dan Cepat Panas

Mochamad Ikhwana

techsbright.comCara mengatasi laptop yang ngelag – Laptop lelet atau ngelag sebagai permasalahan yang lumayan serius untuk pemakai. Kondisi lelet atau lag sebagai kondisi piranti laptop yang mempunyai tanggapan lamban atau loading yang benar-benar lama. Permasalahan itu tentu saja akan mengusik pada tugas dan kegiatan yang sedang dilaksanakan.

Pemicu laptop lelet dan ngelag tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal atau permasalahan. Salah satunya jumlahnya program yang berjalan pada background laptop, terlampau jumlahnya program startup, tdak mengupdate mekanisme operasi, terserang virus, kotornya piranti dan ada banyak yang lain.

Karena itu adapun untuk menanganinya, kamu harus menghindar dari beberapa hal itu. Misalnya dengan memakai cara tutup aplikasi atau program yang berjalan pada background laptop, mengupdate mekanisme operasi laptop, memakai anti-virus, bersihkan piranti secara periodik dan lain-lain.

Lebih detilnya, berikut kami sudah meringkasnya dari beragam sumber cara mengatasi laptop yang ngelag.

Cara Mengatasi Laptop yang Ngelag

Cara Mengatasi Laptop yang Ngelag

Menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang laptop

Hal pertama yang bisa kamu kerjakan untuk kebutuhan mengatasi laptop ngelag dengan tutup aplikasi atau program yang tidak dipakai di background laptop. Cara mengatasi laptop yang ngelag ini dipandang benar-benar hebat dan efisien untuk mengatasi laptop ngelag. Lebih detilnya, berikut beberapa langkahnya:

  • Langkah awal, pencet knop “Ctrl + Alt + Delete” bersama
  • Kemudian, piranti akan tampilkan jendela Windows Task Manajer dan menyaksikan program yang habiskan kemampuan penyimpanan CPU atau RAM yang terbesar
  • Selanjutnya paling akhir saat kamu temukan program yang tidak dipakai atau mungkin kurang penting, kamu dapat hapus dan mengeluarkannya dengan menekan pilihan menu “End Task”

Perbaharui sistem operasi laptop

Cara mengatasi laptop yang ngelag selanjutnya yang dapat kamu kerjakan untuk mengatasi laptop ngelag dengan mengupdate mekanisme operasi laptop. Ini dilaksanakan untuk membenahi beragam permasalahan yang terjadi pada laptop kamu. Jika kamu tidak mengupdate mekanisme operasinya, karena itu tersebut yang jadi pemicu laptop kamu kerap alami ngelag saat dipakai.

Menggunakan aplikasi Antivirus

Virus yang melekat dan masuk ke mekanisme operasi laptop dapat menjadi pemicu permasalahan berlangsungnya laptop ngelag. Oleh karena itu, sebaiknya kamu download dan memasang aplikasi anti-virus di laptop.

Selainnya berguna untuk menahan masuknya virus, dengan Anti-virus kamu dapat bersihkan beragam file yang memiliki masalah dengan cepat dan mudah. Oh ya, adapun saat kamu sudah memakai aplikasi Anti-virus. Rajinlah untuk lakukan peninjauan atau pengujian pada keamanan laptop kamu.

Melakukan pembersihan rutin terhadap perangkat

Pemakaian laptop dalam periode waktu yang benar-benar lama, tentu saja akan alami pengurangan perform karena jumlahnya kotoran yang menimbun pada piranti. Kotoran itu tentu saja akan mengusik pada performa laptop tersebut.

Oleh karena itu, untuk menanganinya kamu wajib melakukan pembersihan teratur minimum sebulan sekali. Baik dilaksanakan oleh diri kita atau dengan kontribusi servis laptop.

Menggunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop

Seterusnya, kamu bisa juga mengatasi permasalahan laptop ngelag dengan download dan memakai aplikasi yang semestinya sesuai fitur laptop tersebut. Oleh karena itu, pastikan aplikasi yang kamu gunakan di laptop sebagai aplikasi yang mencukupi untuk keperluan laptop.

Menghapus dan uninstall aplikasi yang tidak digunakan

Paling akhir, kamu dapat memakai pilihan ini untuk mengatasi permasalahan laptop yang ngelag. Adapun cara mengatasi laptop yang ngelag yakni dengan hapus dan Uninstall aplikasi yang tidak dipakai. Karena pemicu yang lain yang sering mengakibatkan permasalahan laptop ngelag ialah pada aplikasi yang kebanyakan dan penuhi kemampuan penyimpanan memory di laptop.


Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Siapa saja yang bekerja atau mahasiswa yang belajar memakai laptop tentu sebelumnya pernah rasakan temperatur laptop yang mendadak panas. Terutama bila laptop sudah berusia cukup tua. Umumnya laptop mulai akan keluarkan suara dari mesin kipasnya atau mesin laptop yang berasa panas. Ini tentu saja akan mengusik aktivitas atau tugas yang dan dilaksanakan laptop.

Karena bila laptop berasa panas tentu ada suatu hal yang salah pada laptop itu. Disamping itu tidak tutup adanya kemungkinan bisa terjadi suatu hal pada laptop. Untuk menghindar dari hal yang tidak diharapkan karena itu seharusnya kita ketahui bagaimana cara mengatasi laptop yang panas. Tetapi awalnya silahkan kita cari info lebih dulu pemicunya!

Penyebab Laptop Cepat Panas

1. Laptop terlalu lama digunakan

Memakai laptop sepanjang hari terus-terusan karena itu membuat mesin terus bekerja, dan akan ada kalanya mesin itu berasa capek. Hal tersebut menjadi satu diantara pemicu laptop berasa panas. Terutama bila laptop betul-betul dihidupkan dan digunakan untuk kerjakan beberapa hal sekalian selama seharian non-stop, tidaklah aneh laptop akan berasa panas.

2. Peletakkan laptop

Pemicu yang lain yang membuat laptop berasa panas yakni laptop yang ditempatkan pada sembarangan tempat. Laptop tidak bisa ditempatkan pada alas yang dengan bahan kain atau suatu hal yang empuk, seperti pada atas kasur, bantal, dan lain-lain. Karena hal itu bisa mengakibatkan perputaran udara pada laptop terhalang hingga laptop akan berasa panas. Ini tentu saja tidak bagus untuk mesin laptop tersebut.

3. Thermal Paste Kering

Pada laptop ada pasta penghantar panas yang disebutkan thermal paste. Pasta itu menolong mengantarkan daya panas pada laptop keluar hingga kurangi rasa panas pada laptop . Maka bila laptop mulai kerap berasa panas karena itu dapat menjadi thermal paste pada laptop sudah jadi kering.

4. Ventilasi Laptop Tersumbat

Laptop mempunyai sebuah sirkulasi yang berperan menjadi jalan keluar dan masuknya udara yang dibuat oleh kipas laptop . Maka bila sirkulasi mampet maka membuat laptop berasa panas. Umumnya sirkulasi laptop mampet oleh debu, atau alas laptop yang tutup lubang sirkulasi itu.

Cara Mengatasi Laptop Panas

1. Perhatikan Peletakan Laptop

Seperti yang sudah diulas awalnya jika laptop tidak bisa ditempatkan pada alas yang dengan bahan kain dan empuk seperti kasur atau bantal karena bisa tutup perputaran udara yang dibuat laptop. Oleh karena itu seharusnya laptop ditempatkan pada permukaan yang keras seperti meja. Jika memang seharusnya menggunakan laptop di kasur karena itu pastikan laptop dikasih alas yang keras dan tinggi seperti buku tebal.

2. Bersihkan laptop

Laptop harus juga teratur dibikin bersih dari debu-debu. Hal itu mendapat meminimalkan adanya kemungkinan sirkulasi mampet oleh debu. Dengan demikian perputaran udara yang dibuat oleh kipas laptop dapat tersalurkan keluar secara baik.

3. Gunakan kipas laptop atau cooling pad

Salah satunya cara yang paling hebat untuk mengatasi laptop yang panas yakni dengan memakai cooling pad atau kipas laptop seperti Fantech NC20. Kipas laptop atau cooling pad sebuah piranti yang bisa menolong mendinginkan temperatur laptop. Cari info apa manfaat cooling pad yang lain di sini.

4. Jaga Durasi Penggunaan Laptop

Upayakan masih tetap memberi waktu pada laptop untuk berisitirahat. Janganlah sampai laptop dihidupkan dan dipakai terus-terusan. Hal ini tidak bagus untuk kesehatan mesin laptop. Pemakaian laptop yang tidak bagus mendapat membuat laptop cepat rusak karena mesin yang terlampau kecapekan.

5. Ganti Thermal Paste

Coba pastikan ditambah dauhulu keadaan thermal paste pada laptop. Bila betul thermal paste telah kering karena itu yang bisa dilaksanakan dengan menukar thermal paste itu dengan yang baru.

6. Periksa kondisi mesin laptop

Laptop yang panas bisa jadi muncul karena mesin laptop yang tidak bekerja yang baik. Untuk ketahuinya dapat dilaksanakan mengecek sirkulasi pada laptop apa keluarkan udara panas atau mungkin tidak. Bila sirkulasi tidak keluarkan udara karena itu ada yang tidak betul pada kipas laptop. Umumnya hal itu muncul karena kipas laptop berdebu . Maka upayakan untuk teratur bersihkan dan jaga kebersihan laptop.


Itulah tadi beberapa cara mengatasi laptop yang ngelag dan cepat panas. Semoga dengan artikel diatas kamu bisa mengatasinya ya!. Terima kasih.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment