Masalah Umum Pada Laptop dan Tips Mudah Untuk Memperbaiki

Mochamad Ikhwana

Laptop menjadi salah satu perangkat paling penting saat ini. Bagaimana tidak, laptop menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Meskipun begitu, seringkali Anda selalu menemukan masalah umum pada laptop ketika menggunakannya.

Terutama ketika Anda sedang mengetik atau mencari materi dan bahan tiba-tiba ada masalah yang menimpa laptop Anda. Ternyata Anda belum sempat menyimpan atau sekedar share, pastinya Anda merasa kesal bukan.

Belum lagi ketika sedang dikejar deadline dan laptop Anda masih terkena masalah hingga tidak tahu kapan bisa pulih kembali. Kalau sudah begitu, Anda langsung merasa pusing dan cemas.

Masalah Umum Pada Laptop yang Sering Dihadapi

Beberapa masalah umum pada laptop ini sering dihadapi masyarakat termasuk Anda. Hal ini bisa disebabkan oleh spesifikasinya tidak terlalu mumpuni, terlalu banyaknya aplikasi yang diunduh, hingga ada virus yang berasal dari aplikasi tertentu.

Semua masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah. Meskipun ada beberapa di antaranya yang harus diatasi dengan membutuhkan waktu yang lama.

Masalah-masalah apa saja yang umumnya sering ada di laptop? Berikut penjelasannya!

1. RAM Penuh pada Laptop

Salah satu masalah yang paling umum dan sering terjadi pada laptop adalah RAM terlalu penuh. Terutama RAM laptop Anda mempunyai kapasitas kecil sehingga rawan bermasalah.

Bila RAM sudah penuh maka kinerja laptop semakin lambat, berat, dan mengganggu aktivitas serta produktivitas harian Anda. Kondisi ini memang sangat menyebalkan bukan. Maka dari itu, sangat penting Anda harus mengecek agar kapasitas RAM tidak penuh.

Ada beberapa penyebab RAM penuh di laptop. Pertama, bisa jadi RAM laptop Anda memang berkapasitas kecil. Kemudian penggunaan software tidak sesuai dengan kapasitas dan spesifikasinya. Lalu, Anda banyak menginstal banyak aplikasi. Hingga bisa saja laptop Anda terkena virus.

Untuk itu, Anda harus menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting dan tidak diperlukan sama sekali agar kinerja RAM bisa berkurang. Jangan lupa juga untuk menggunakan software yang spesifikasinya sesuai dengan RAM. Anda juga harus upgrade RAM dan scan virus secara berkala.

2. Aplikasi Beroperasi Lambat

Masalah umum pada laptop selanjutnya adalah aplikasi beroperasi secara lambat. Kondisi itu disebabkan laptop terlalu lemah dalam mengolah memori, ukuran RAM kecil, aplikasi berat, hingga kapasitas harddisk yang sudah penuh.

Bila masalahnya ada pada kapasitas RAM yang kecil maka Anda harus menambah RAM dengan ukuran yang lebih besar. Sementara itu, jika kasusnya terjadi karena adanya aplikasi yang berat, Anda harus membuka Windows Task Manager dan tekan CTRL+ALT+delete. Nanti ada tab proses matikan aplikasi yang terlalu berat dan klik kanan untuk memilih end processes.

3. Laptop Tidak Menyala

Mungkin beberapa dari Anda ada yang mengalami laptop yang tidak mau menyala sama sekali. Itu berarti kerusakan tersebut sudah dalam tahap yang parah. Ini terjai ketika Anda menyalakan tombol power namun tetap tidak mau menyala.

Ada banyak penyebab laptop tidak mau menyala. Mulai masalah baterai atau bisa saja ada beberapa komponen laptop yang rusak.

Cara mengatasinya adalah Anda harus melakukan pengecekan terhadap komponen-komponen tersebut. Jika ada yang rusak, maka harus segera diperbaiki bahkan komponen tersebut diganti.

Bila Anda masih kurang paham dengan masalah ini, Anda juga bisa membawa ke tempat servis laptop. Pastinya di sana sudah ada tenaga profesional untuk mengatasi masalah ini.

4. Layar Laptop Freeze

Mungkin dari Anda ada yang mengalami masalah ini. Tiba-tiba saja layar laptop Anda diam tidak bergerak sama sekali atau freeze seketika. Masalah umum pada laptop ini sering sekali dijumpai para penggunanya. Hal itu disebabkan adanya software maupun hardware yang bermasalah.

Kalau sudah begitu, Anda harus menekan CTRL+ALT+delete. Jika masih ada respon, nanti akan muncul Windows Task Manager. Bila tidak, Anda harus melakukan hard rest. Caranya dengan menekan tombol ON secara lama pada laptop.

5. Laptop Lemot

Laptop Anda sering lemot? Itu sudah menjadi hal biasa. Kondisi ini sering kali ditemui dalam jenis merek laptop apapun. Ada banyak hal yang menjadi penyebab kinerja laptop Anda menjadi lemot.

Ada banyak file sampah, virus yang menggerogoti laptop, komponen laptop rusak, hingga laptop yang panas. Harus ada pemeriksaan dan diagnosa pada laptop terlebih dahulu.

Masalah ini bisa teratasi namun tidak bisa sembarangan. Setelah Anda mengetahui secara pasti penyebanya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Sebut saja membersihkan file-file sampah di laptop, memakai cooling pad, scan virus, dan masih banyak cara lainnya.

6. Laptop Terinfeksi Malware

Masalah umum pada laptop lainnya adalah laptop Anda terkena malware. Bila sudah terkena malware, laptop Anda bisa berhenti beroperasi.  Malware biasanya muncul pada file yang baru saja Anda unduh dari website si penyedia file tersebut. Itu diyakini sebagai pencurian data atau juga kebutuhan phising.

Dalam mengatasi masalah ini adalah menginstal malware tool dan update. Perlu Anda ketahui bahwa software malware tool ini sangat berbeda dengan software antivirus. Alangkah baiknya jika Anda juga mengunduh keduanya.

7. Saat Dinyalakan, Laptop Sering Hang

Saat Anda menyalakan laptop, terkadang laptop tiba-tiba hang seketika. Kasus ini sangat rentan bila laptop Anda sudah berusia tua atau pemakaiannya berlangsung lama. Namun, bukan tidak mungkin laptop-laptop edisi baru juga pernah mengalami hang.

Penyebabnya kemungkinan karena ada beberapa aplikasi startup, harddisk yang lemah, atau bisa jadi ada banyak file sampah yang bertebaran pada laptop Anda.

Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan file-file startup yang tidak terpakai dan file-file sampah agar laptop Anda kembali berfungsi normal.

8. Speaker Laptop Tidak Mengeluarkan Suara Sama Sekali

Masalah laptop berikutnya adalah speaker laptop tidak mengeluarkan suara. Kejadian ini juga sering terjadi. Padahal setting sudah memaksimalkan volume, namun tetap tidak ada suara yang keluar.

Hal ini bisa disebabkan speaker laptop rusak, setting laptop tidak tetap dan berubah, serta driver tidak terpasang dengan baik.

Agar masalah ini bisa terselesaikan, Anda harus melakukan restart pada laptop Anda. Bila ternyata tidak ditemukan kerusakan lainnya, maka laptop akan kembali mengeluarkan suara. Sebaliknya, bila masih berlanjut, maka Anda harus instal ulang driver laptop Anda. Bisa saja ada file yang corrupt sehingga Anda harus update kembali ke driver yang lebih baru.

9. Kotak DLL is Missing Muncul

Bila laptop Anda memiliki data yang corrupt, laptop Anda bisa gagal mengoperasi aplikasi tertentu. Timbulnya kotak dialog DLL is Missing tentu cukup mengganggu kinerja.

Oleh karena itu, Anda bisa mengaktifkan fitur system file checker agar bisa scan semua file system pada laptop Anda. Setelah itu, Anda bisa mengetahui file apa saja yang hilang secara otomatis dan apakah file tersebut bisa diganti serta diperbaiki.

10.  Laptop Terlalu Panas

Laptop yang terlalu panas bisa menjadi masalah tersendiri dan kejadian ini juga sering terjadi. Kondisi ini disebabkan laptop Anda sudah terlalu tua dan pemakaiannya sudah terlalu lama. Bila laptop sudah panas akan memicu masalah lainnya, seperti kinerja dan keawetan komponen pada laptop.

Penyebabnya sendiri bisa disebabkan kondisi laptop yang berdebu, fan di dalam laptop rusak, bahkan thermal paste kering.

Cara mengatasinya adalah sering membersihkan ventilasi laptop Anda. Anda juga harus memastikan fan di dalam laptop Anda bekerja dengan baik. Jangan lupa juga Anda juga bisa memanfaatkan cooling pad yang ada pada laptop.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment