aplikasi wajib pengguna laptop
aplikasi wajib pengguna laptop| Gambar: StartupStockPhotos

5 Aplikasi Wajib untuk Pengguna Laptop

Mochamad Ikhwana

Aplikasi wajib pengguna laptop ini perlu kamu miliki. Saat memiliki laptop baru, kamu pasti merasa bersemangat sekali untuk mengunduh berbagai aplikasi, bukan? Namun, mengunduh semua aplikasi yang diperlukan dan mentransfer data agar siap digunakan merupakan proses yang cukup membosankan.

Laptop baru, yang mungkin hadir dengan OS baru, biasanya tidak memiliki aplikasi tertentu yang sudah diinstal sebelumnya. Karena itu, kamu tidak bisa langsung memakainya. Memang ada banyak aplikasi yang dibutuhkan pengguna laptop, mulai dari pengelola dokumen, antivirus, hingga pengelola media gambar. Jika kamu bingung software mana yang harus diinstal, yuk, simak aplikasi wajib pengguna laptop yang akan dibahas dalam artikel ini:

Aplikasi Wajib untuk Pengguna Laptop

Menginstal terlalu banyak aplikasi hanya akan membuang waktu. Di sisi lain, aplikasi yang terlalu banyak juga bisa menghabiskan memori internal laptop. Tentu saja ini akan membuat laptop lemot, yang nantinya berimbas pada hardware.

Nah, daripada buang-buang waktu, sebaiknya kamu instal aplikasi yang dibutuhkan saja. Berikut beberapa aplikasi wajib pengguna laptop yang bisa kamu instal:

1. Microsoft Office

Aplikasi pertama yang perlu kamu instal saat memiliki laptop adalah Microsoft Office. Aplikasi pengolah data ini sangat penting untuk menunjang produktivitas kerja. Microsoft Office biasanya secara default sudah tersedia di sistem operasi Windows, baik itu Windows 10, 8, atau 7.

Software ini berisi bermacam-macam aplikasi dari Microsoft yang bisa kamu gunakan untuk membantu mengerjakan tugas kantor atau tugas sekolah. Aplikasi dari Microsoft Office yang paling banyak digunakan, antara lain:

  • Microsoft Word – aplikasi pengolah kata ini bisa kamu gunakan untuk membuat dan mengedit dokumen, membuat surat, hingga membuat dokumen grafis.
  • Microsoft Excel – aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengolah angka, seperti membuat pembukuan, menghitung laporan, dan membuat bermacam-macam grafik sistematis.
  • Microsoft Powerpoint – aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk membuat presentasi dengan berbagai fitur, seperti tambahan animasi dan template unik.

Sebenarnya, masih ada banyak aplikasi dari Microsoft Office, seperti Publisher, Onenote, Access dan lainnya. Namun, aplikasi yang sering digunakan adalah ketiga aplikasi yang sudah disebutkan tersebut.

2. Browser untuk menjelajah internet

Agar kamu bisa mencari berbagai informasi dari Google atau menjelajahi dunia maya, kamu juga perlu menginstal browser. Nah, browser paling recomended untuk laptop yang bisa kamu instal adalah Google Chrome. OS Windows biasanya tidak diinstal sebelumnya dengan Google Chrome di dalamnya. Bahkan Windows 10 dan 11 terbaru hadir dengan Microsoft Edge sebagai browser default mereka.

Mempertimbangkan efisiensi, kecepatan, jaringan yang luas, dan fitur seperti sinkronisasi lintas platform di semua laptop milikmu, Chrome masih menjadi pilihan nomor satu sebagian besar pengguna web. Chrome juga mendukung ekstensi untuk banyak hal yang berbeda.

Selain Google Chrome, kamu juga bisa menggunakan Firefox. Firefox adalah peramban yang solid dengan opsi privasi yang lebih baik.  firefox juga memiliki kecepatan terbaik dalam hal mengunduh. Browser ini memiliki beberapa langkah keamanan tingkat lanjut yang membantu melindungi laptop dari spyware dan bahkan virus tertentu. 

Baca juga: Tips dan Trik Mengoptimalkan Penyimpanan Android

3. Antivirus

Aplikasi wajib pengguna laptop berikutnya yang perlu kamu instal adalah Antivirus. Sama seperti manusia yang membutuhkan dokter untuk pemeriksaan kesehatannya, laptop membutuhkan program antivirus untuk menjaga kesehatannya, yaitu menjaga sistem bebas dari segala jenis serangan virus atau malware agar berjalan efisien. 

Antivirus sangat penting untuk melindungi file-file penting, seperti dokumen, video, dan foto dari kehancuran oleh malware. Software Antivirus melindungi laptop dengan cara berikut:

  • Mendeteksi, memblokir, sekaligus menghapus malware, virus, dan ransomware
  • Mencegah pencurian identitas dan memblokir phishing dan penipuan
  • Memberi peringatan adanya tautan atau situs web yang berbahaya 
  • Memindai Web Gelap untuk mengetahui apakah alamat email telah disusupi
  • Menjaga akun online terlindungi dengan enkripsi kata sandi yang aman
  • Menyetel laptop agar tetap berjalan lancar, seperti baru.

4. Zip — Kompresi/Dekompresi File

Jika mau sering berurusan dengan file zip, kamu wajib memiliki alat kompresi pihak ketiga seperti Zip. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengompres atau decompres banyak file secara bersamaan, sekaligus mengenkripsi data untuk keamanan.

Kamu dapat memilih tingkat atau metode kompresi dan bahkan ukuran blok sehingga bisa mengkompres file besar. Kamu juga dapat mengelola dan memperbarui arsip karena memiliki banyak opsi untuk memperbarui file terkompresi yang ada. Aplikasi ini sangat ringan dan tersedia gratis. Jadi, tidak ada ruginya memiliki aplikasi ini.

5. VLC Media Player

VLC adalah aplikasi pemutar media populer, yang mendukung berbagai format file dan menawarkan banyak plugin untuk menyesuaikannya lebih lanjut. Selain itu, aplikasi ini sepenuhnya gratis untuk digunakan dan sepenuhnya bebas iklan. 

Kamu dapat memutar media lokal dan streaming video langsung dari antarmuka VLC, dan opsi kustomisasi audio/video dan subtitle. Kamu juga bisa menggunakan ratusan add-on pihak ketiga yang tersedia secara gratis untuk meningkatkan fungsi VLC lebih lanjut

VLC mendukung hampir semua jenis format secara native dan dilengkapi dengan banyak plugin untuk menyesuaikannya lebih lanjut. Kamu dapat mengunduh video langsung dari pemutar dan bahkan mulai menontonnya saat sedang diunduh. Kamu juga dapat meningkatkan volume hingga 200%, mengelola daftar putar, mengunduh dan mengelola subtitle, dan banyak lagi.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Baterai Android Kamu Agar Awet dan Tahan Lama

Instal Aplikasi Resmi

Ketika kamu ingin menginstal aplikasi wajib pengguna laptop, pastikan aplikasi tersebut resmi alias bukan dari pihak ketiga. Aplikasi wajib pengguna laptop biasanya banyak tersedia gratis jadi kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menginstalnya. 

Terkadang, banyak orang memilih mengunduh perangkat lunak yang diretas atau ilegal hanya karena ingin mendapatkan aplikasi wajib. Padahal, menggunakan aplikasi ilegal atau versi crack bisa menyebabkan banyak kerugian untuk laptopmu. Berikut adalah beberapa risiko mengunduh dan menggunakan aplikasi ilegal:

  • Menyebabkan infeksi malware

Unduhan perangkat lunak ilegal sering kali dipenuhi malware berbahaya. Setelah pengguna mengunduh dan menginstal perangkat lunak yang telah diretas, malware yang tersembunyi di dalamnya dapat mencuri informasi dari komputer mereka.

  • Software tidak bisa berfungsi

Saat kamu mengunduh perangkat lunak ilegal, tidak ada jaminan aplikasi tersebut benar-benar berfungsi. Biasanya, developer aplikasi resmi mengambil langkah-langkah untuk mencegah perangkat lunak mereka dibajak. Oleh karena itu, aplikasi tersebut tidak pernah berfungsi. Aplikasi ilegal juga tidak bisa diupdate sehingga kamu tidak akan bisa mendapatkan fitur baru dari aplikasi ini.

  • Tidak ada dukungan pelanggan

Jika ada masalah, kekhawatiran, atau pertanyaan terkait aplikasi, kamu bisa menghubungi tim dukungan teknis vendor. Namun jika kamu menggunakan versi ilegal, kamu tidak bisa mendapatkan bantuan individual dan khusus dari pakar ahli. Pada akhirnya, aplikasi ilegal yang kamu instal tidak akan bisa digunakan. 

Nah, itulah aplikasi wajib pengguna laptop. Sebaiknya kamu tidak terlalu banyak menginstal aplikasi untuk laptopmu agar tidak membebani memori internalnya. Jika kamu ingin menginstal aplikasi, usahakan untuk menginstal versi resmi atau legal agar tidak membahayakan laptopmu.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment