8 Cara Membersihkan Layar Laptop dengan Benar

Mochamad Ikhwana

Layar laptop yang berdebu atau remahan makanan maupun serbuk kayu yang terselip di keyboard laptop bikin Anda geregetan untuk membersihkannya bukan? Ada cara membersihkan layar laptop yang bagus dan harus Anda praktekkan.

Apalagi sekarang ini, komputer dan laptop menjadi perangkat elektronik yang paling sering digunakan untuk tugas dan pekerjaan. Laptop berfungsi untuk belajar secara daring, bekerja jarak jauh, bermain game, hingga mencari hiburan-hiburan tersendiri.

Oleh karena laptop sering sekali digunakan, maka akan ada banyak debu dan kotoran bahkan sampai sidik jari karena membersihkan kotoran yang bakal menyelimuti laptop. Itu yang membuat laptop Anda tidak enak untuk dipandang.

Peralatan untuk Membersihkan Layar Laptop

Jika Anda memang ada niat untuk membersihkan layar laptop dengan benar dan tepat, Anda hanya membutuhkan dua alat saja. Dua alat tersebut adalah kain mikrofiber dan air.

Pastikan juga laptop Anda dalam keadaan mati dan sedang tidak di-charge. Namun ada juga yang membutuhkan peralatan lengkap, yakni:

  • Air
  • Kapas untuk membersihkan telinga
  • Spons
  • 2 kain mikrofiber
  • Sikat pembersih lensa
  • Cairan pencuci piring
  • Alkohol isopropyl
  • Pembersih LCD
  • Kemoceng udara
  • 2 wadah

Cara Membersihkan Layar Laptop yang Tepat

Jika sudah memiliki semua perlengkapannya, Anda sudah bisa memulai membersihkan layar laptop. Untuk membersihkan layar laptop, caranya harus benar agar tidak merusak layar laptop.

Inilah tahap-tahap cara membersihkan layar laptop yang benar dan tepat agar tidak kotor lagi. Anda bisa mencobanya mulai sekarang.

1. Matikan Laptop

Sebelum Anda mulai membersihkan layar, alangkah baiknya Anda mematikan laptop dan cabut kabel dari daya listrik terlebih dahulu. Dengan ini, ritual pembersihan layar laptop menjadi lebih aman karena nantinya ketika Anda menyeka layar tidak memicu guncangan dan merusak komponen internal layar laptop.

Bila layar dalam keadaan mati, Anda juga bisa melihat semua noda, debu, sekaligus sidik jari yang ada di layar laptop dengan mudah.

2. Anda Harus Mengenali Jenis Layar Laptop

Perlu diketahui bahwa laptop dibekali dengan jenis layar yang berbeda-beda. Untuk itu Anda harus memperhatikan jenis layar laptop Anda karena tidak semua jenis laptop itu cocok dengan bahan pembersih tertentu.

Jika laptop Anda menggunakan layar LCD atau LED, maka Anda harus memberikan perhatian lebih ekstra agar tidak merusak piksel yang ada di dalam layar laptop.

Untuk perangkat yang layarnya dilapisi kaca seperti MacBook dan iMac yang keluaran terbaru, Anda bisa membersihkannya dengan larutan pembersih ringan, misalnya alkohol.

Dilansir laman Support Apple, Anda bisa membersihkan layar laptop dengan isopropyl alkohol 70 persen atau tisu desinfektan Clorox.

3. Hindari Pemakaian Larutan Pembersih Abrasif

Yang perlu Anda ingat adalah Anda tidak boleh menggunakan larutan pemutih atau produk sejenisnya yang mengandung pemutih, hidrogen peroksida, maupun pembersih seprot serbaguna. Larutan yang bersifat abrasif ini dapat merusak permukaan layar laptop Anda.

Untuk layar laptop LCD atau LED memang disarankan untuk menggunakan air yang sudang disuling atau disaring. Melalui air yang sudah disuling, diharapkan air tersebut bisa digunakan karena air itu sudah terjamin bebas dari kontaminasi bahan kimia yang bisa membuat layar laptop rusak.

4. Menggunakan Kain Mikrofiber

Kain mikrofiber termasuk jenis kain sintetis di mana kain ini terbuat dari 20 persen polyamide dan juga 80 persen berasal bahan polyester. Kain jenis mikrofiber lebih bagus untuk membersihkan layar laptop karena mempunyai serat yang sangat halus.

Jangan pernah menggunakan kain bekas kaos maupun handuk untuk membersihkan layar laptop karena itu berpotensi menggores layar.

Satu catatan penting yang harus Anda ingat terutama bagi Anda yang mempunyai perangkat iMac atau Apple Pro Display XDR. Anda harus membersihkan layar dengan kain bawaan, seperti yang dikutip laman Support Apple.

5. Menggunakan Air Suling

Saat membersihkan layar laptop, usahakan menggunakan air sulung. Hal ini disebabkan air tersebut sudah bebas dari kontaminasi bahan kimia yang bisa membuat layar laptop rusak.

Khusus untuk layar yang berlapis kaca, para pengguna bisa mencampurkan air suling dengan larutan cuka dengan perbandingan sama. Selain cuka, Anda juga bisa mencampurkan air dengan isoprofil alkohol 70 persen.

6. Jangan Menyemprotkan Langsung ke Layar Laptop

Cara membersihkan layar laptop selanjutnya adalah tidak boleh menyemprotkan cairan pembersih maupun air secara langsung ke layar laptop.

Disarankan untuk menyemprotkan cairan ke kain mikrofiber terlebih dahulu baru diseka ke layar laptop.

7. Jangan Membersihkan dengan Gerakan Melingkar

Para pengguna juga disarakankan tidak boleh membersihkan layar laptop dengan gerakan melingkar atau berbentuk lingkaran. Sebab, gerakan tersebut memicu tekanan yang tidak merata dan berpotensi menimbulkan kerusakan dan goresan baru pada layar laptop.

Bahkan para pengguna lebih disarankan untuk membuat gerakan berbentuk “Z” saat membersihkan layar laptop. Atau Anda bisa menyeka layar laptop secara satu arah, seperti dari kanan ke kiri secara horizontal. Dengan gerakan satu arah dan satu kali seka tanpa gerakan memutar, layar laptop terhindar dari segala kerusakan.

8. Tidak Boleh Digosok

Saat membersihkan layar laptop dengan gerakan “Z” atau lainnya tanpa gerakan melingkar, para pengguna harus menyeka layar laptop secara lembut dan tidak boleh menggosoknya dengan keras.

Perlu Anda tahu, jika menggosoknya dengan keras dapat merusak komponen internal layar serta meninggalkan banyak goresan hingga bitnik perubahan warna atau piksel yang tidak dapat hilang.

Jika layar sudah dibersihkan, Anda harus mengeringkan layar laptop dengan kain mikrofiber baru. Jika masih ada noda dan kotoran yang tertinggal setelah layar dikeringkan, Anda bisa mengelap kembali layar laptop secara perlahan dengan kain mikrofiber kering.

Anda juga harus menuggu dan membiarkan layar laptop Anda kering dulu baru bisa menghidupkan kembali laptop Anda.

Bersihkan Layar Laptop dengan Alat Ini

Selain cara-cara dan tips dalam pembersihkan layar laptop yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda juga bisa melakukan cara ini. Lebih jelasnya, simak baik-baik tipsnya.

  • Gunakan Penyemprot untuk Laptop Terkena Minyak

Bila laptop Anda terkena noda minyak atau sidik jari, Anda bisa menyemprotkan dengan minyak. Anda harus memakai larutan pembersih khusus atau juga bisa membuat cairan sendiri. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan cara mencampurkan cuka putih dengan air.

  • Gunakan Spons untuk Debu

Anda harus menggunakan sopns yang masih baru dan juga bersih. Spons tersebut dikasih air mengalir dan peras spons tersebut sampai agak lembab.

  • Membersihkan Layar Laptop Touchscreen

Layar laptop touchscreen ternyata lebih menarik banyak noda dan debu. Tetap menggunakan kain mikrofiber untuk membersihkan dengan cairan khusus pembersih laptop dan tidak boleh menggunakan air biasa.

  • Menggunakan Minyak Kayu Putih

Anda bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai cara membersihkan layar laptop. Cara ini bisa menghilangkan jamur yang menempel di layar. Untuk itu, Anda membutuhkan kain dengan serat halu dan minyak kayu putih.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment