6 Cara Mengatasi Koneksi Internet yang Lambat di HP dan PC

Mochamad Ikhwana

Di zaman serba digital ini, internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Internet bisa membuat pekerjaan dan aktivitas berjalan dengan lancar. Apalagi sekarang internet sudah bisa diakses di mana-mana dan itu yang membuat internet lambat. Lalu bagaimana cara mengatasi internet lambat? Internet sendiri mudah diakses baik itu melalui handphone, smartphone, tablet, hingga komputer atau laptop.

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, mari kita lihat perkembangan internet saat ini. Seperti yang kita tahu, bahwa banyak orang sampai membeli modem dan hotspot sendiri di rumah. Beberapa tempat umum juga menyediakan internet gratis melalui WiFi sehingga itu membuat orang menjadi datang sambil menikmati internet gratis.

Melalui internet, Anda bisa mengetahui apa yang sedng terjadi di luar sana. Anda juga bisa melihat perkembangan dunia tanpa harus datang dan menyaksikannya secara langsung. Untuk itu, kecepatan koneksi adalah hal paling penting untuk terhubung dengan internet. Jika sedang ada di rumah dengan waktu luang yang banyak, pasti Anda ingin browsing segala macam hiburan hingga menonton film dan drama di aplikasi streaming yang ada.

Namun, ketika koneksi internet melambat, semua menjadi tidak berjalan lancar dan berantakan. Anda pun menjadi jengkel dan kesal bukan melihat koneksi internet lambat dan semua pekerjaan menjadi berantakan dan tidak terselesaikan sesuai jadwal.

Penyebab Internet Lambat

Ketika internet berjalan lambat itu sangat mengganggu aktivitas dan usaha Anda tentunya. Penyebabnya sendiri bisa saja berasal dari modemnya sendiri, jaringan WiFi, hingga kabel perangkat yang terkoneksi dengan internet.

Selain itu, kira-kira apa saja penyebab yang membuat internet sering melambat? Bisa jadi penyebabnya berasal dari beberapa hal ini.

  • Cuaca yang buruk

Biasanya koneksi internet karena pengaruh cuaca yang buruk terutama pada saat musim hujan. Diduga sinyal internet terhalang oleh rintik hujan. Jadi jangan heran jika saat hujan agak susah untuk akses internet.

  • Berada di parkiran basement

Anda pasti sering merasa sinyal di parkiran basement hilang bukan? Hal ini diperkirakan karena dinding yang berada di parkiran basement tebak dan tertutup sehingga sinyal semakin sulit untuk dijangkau.

  • Jaringan sibuk

Pernah mendengar prime time? Prime time merupakan jam sibuk karena banyaknya program yang tayang secara bersamaan. Ini bisa menjadi suatu masalah karena jaringan menjadi terbagi-bagi sehingga mau tidak mau harus mengantri dan menunggu agar para pengguna yang sedang mengunduh berkurang.

  • Banyaknya aplikasi yang mengganggu

Aplikasi juga bisa membuat koneksi internet cepat lambat dan lemot. Jika membuka Instagram, Spotify, dan Netflix bersamaan maka jaringan internet Anda semakin melambat. Ada kalanya Anda harus menghapus aplikasi yang tidak penting atau Anda juga mengaturnya di Settings.

  • Kuota habis

Ini yang paling sering membuat internet Anda lambat. Apalagi jika Anda membeli paket kuota internet. Maka dari itu, Anda harus selalu mengecek kuota internet Anda.

  • Ada maintenance atau perbaikan

Maintenance juga bisa membuat internet Anda menjadi lemot dan lambat. Kalau sudah begini, yang bisa Anda lakukan adalah menunggu sampai jaringan benar kembali.

  • Provider belum sampai ke daerah Anda

Bisa jadi Anda sedang berada di daerah pedalaman atau di kawasan yang layanan providernya tidak ada. Jauh dari pusat atau Menara sinyal membuat jaringan dan sinyal internet Anda semakin menjauh dan lemot.

Cara Mengatasi Internet Lambat dan Lemot

Jika sudah menemukan penyebab yang dijabarkan tadi, maka Anda bisa menemukan cara mengatasi internet lambat.

Berikut techsbright.com menemukan dan merangkum berbagai cara untuk mengatasi jaringan internet yang lambat dan lemot.

1. Bersihkan Website yang Dikunjungi

Pertama, cara untuk mengembalikan koneksi internet yang lemot adalah dengan mengecek website yang Anda kunjungi. Perlu Anda ketahui jika membuka website pada satu browser akan menyimpan cache, cookies, dan juga history.

Ketiganya berupa informasi website yang Anda kunjungi hingga password yang disimpan agar bisa masuk ke situs bersangkutan. Untuk itu, Anda harus membersihkan tiga hal tersebut setidaknya sebulan sekali. Ini harus dilakukan jika ingin koneksi internet HP maupun PC Anda berjalan lancar tanpa ada halangan apapun.

2. Tidak Membuka Laman atau Tabs Terlalu Banyak

Yang harus Anda ingat adalah jangan membuka laman atau tabs terlalu banyak saat browsing sesuatu. Padahal Anda tidak ingin menutup salah satu laman tersebut karena ada informasi penting yang tidak bisa dilewatkan. Entah itu mengenai konser musik, materi, email, hingga berkaitan dengan pekerjaannya.

Belum lagi beberapa dari Anda juga selalu membuka tabs baru secara bersamaan untuk bisa mengakses situs-situs lainnya. Semakin banyak laman atau tabs yang dibuka, itu semua bakal mempengaruhi kinerja perangkat tersebut.

3. Mengecek Modem agar Tidak Terlalu Panas

Cara mengatasi internet lambat selanjutnya adalah untuk selalu mengecek modem agar tidak terlalu panas. Untuk kalian yang merasa mengoneksi internet dari modem, jangan lupa untuk mengecek kondisi modemnya.

Jika digunakan dalam waktu yang lama, modem bakal menjadi panas. Kalau modem sudah panas, maka kinerja perangkat dan internet semakin menurun. Maka dari itu, dinginkan dahulu beberapa saat baru nanti digunakan kembali.

4. Update Aplikasi Antivirus

Ada lagi cara untuk mengatasi koneksi internet yang lambat. Salah satunya adalah dengan mengupdate aplikasi antivirus. Satu hal yang sering menjadi penyebab internet menjadi lemot karena adanya serangan virus.

Jangan lupa untuk menggunakan aplikasi antivirus dan selalu mengupdatenya agar koneksi internet berjalan lancar seperti biasanya.

5. Memilih Tempat dengan Sinyal WiFi yang Kuat dan Besar

Banyak orang yang akan memilih tempat dengan sinyal WiFi yang kuat dan gratis. Terlebih sekarang banyak tempat umum seperti taman kota, stasiun, serta bandara, ataupun kantor, kafe, hingga mall yang menawarkan koneksi WiFi yang gratis dan kuat.

Jangan lupa juga untuk melihat posisi router. Jika Anda meletakkan router di belakang barang yang berantakan dan berserakan, sudah pasti itu bakal memperburuk sinyal WiFi.

Perlu Anda tahu bahwa cor, beton, dan metal termasuk material kuat yang menghalau jaringan internet. Jadi Anda harus mendekat ke router, jika sinyal internet Anda mulai melemah dan lemot.

6. Jumlah Pengguna Sangat Banyak

Nah, banyak orang yang selalu mengeluhkan internet lemot karena hal ini. Iya, jumlah pengguna sangat banyak. Apalagi sekarang kita hidup di zaman serba digital sehingga memerlukan koneksi internet.

Belum lagi sudah banyak orang mempunyai ponsel pintar dan laptop agar bisa berkoneksi dengan internet. Orang-orang memakai perangkat tersebut untuk browsing, bermain game, hingga menonton film dan drama.

Selain itu, beberapa dari kalian juga mengunduh banyak file yang berkaitan tentang tugas, pekerjaan, hingga hiburan sendiri. Itu semua ternyata berpengaruh dengan kecepan koneksi internet.

Sebaiknya, Anda harus menunda dulu banyak file yang ingin diunduh. File-file yang penting saja yang Anda unduh agar bisa menikmati koneksi internet lebih cepat lagi.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment