mengapa komputer sering hang
mengapa komputer sering hang| Gambar: Pixabay

Mengapa Komputer Sering Hang dan Bagaimana Mengatasinya?

Mochamad Ikhwana

Mengapa komputer sering hang? Nah, pertanyaan tersebut mungkin sering menghantui pikiranmu sebagai pengguna komputer. Komputer yang sering hang memang menjengkelkan karena sangat mengganggu aktivitas kita di depan layar.

Jika kamu menemukan komputer kadang-kadang tidak responsif alias hang, saatnya untuk memeriksa sistem secara menyeluruh. Mengapa komputer sering hang bisa terjadi karena software atau hardware yang bermasalah. 

Karena itu, kamu harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu sebelum buru-buru menyerahkan komputer milikmu ke tukang service atau memutuskan menggantinya dengan yang baru.

Mengapa Komputer Sering Hang?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mengapa komputer sering hang bisa karena hardware atau software bermasalah. Sebagai antisipasi, berikut beberapa hal yang bisa membuat komputer hang:

1. Banyak aplikasi berjalan

Semua aplikasi yang berjalan di komputer membutuhkan pasokan sumber daya internal dan membuat perangkat keras terus berjalan. Jika beberapa aplikasi dan program berjalan bersamaan, komputer bisa saja kehabisan sumber daya karena aplikasi tersebut membutuhkan memori.

Untuk menghindari hal ini, disarankan untuk menjalankan satu program pada satu waktu untuk memastikan komputer macet tidak disebabkan karena menjalankan banyak aplikasi pada waktu yang bersamaan.

2. Driver bermasalah

Driver yang rusak atau sudah kadaluarsa juga bisa menjadi menjadi penyebab komputer sering hang. Misalnya, jika kamu tidak memperbarui driver video yang diinstal, komputer bisa saja berhenti bekerja saat kamu mencoba memutar video atau permainan.

Untuk memastikannya, kamu harus menganalisis Pengelola Perangkat Windows untuk memastikan tidak ada ‘Perangkat Lain’ yang terhubung. Lalu periksa daftar perangkat untuk memastikan tidak ada masalah pada driver perangkat tersebut. Biasanya, driver yang bermasalah memiliki tanda seru atau tanda X merah di sebelah perangkat. 

Baca juga: 7 Tips Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak dan Error

3. Masalah Sistem Operasi

Mengapa komputer sering hang juga bisa diakibatkan karena masalah pada sistem operasi. Jadi, pastikan semua aplikasi sudah diperbarui untuk memastikan kelancaran fungsi mesin. Untuk dapat terus memperbarui sistem, kamu harus menggunakan salinan legal dari sistem operasi.

Dianjurkan untuk selalu menjalankan salinan resmi Microsoft Windows untuk dapat mengunduh pembaruan. Jika kamu menggunakan Windows 10, kamu bisa mengaktifkan opsi pembaruan secara otomatis. Jika kamu kehilangan data selama pembaruan, coba gunakan perangkat lunak pemulihan hard drive pihak ketiga untuk mengembalikan data yang hilang, tidak sengaja atau diformat kembali ke perangkat.

4. Komputer Terlalu Panas

Jika suhu prosesor komputer lebih tinggi dari biasanya, kemungkinan besar komputer akan mengalami hang. Karena itu, kamu harus menganalisis sistem saat menyalakannya dan dengarkan baik-baik suara yang dihasilkan oleh kipas. Kamu juga harus memantau RPM dengan masuk ke pengaturan CMOS dan pastikan tidak ada pesan kesalahan yang dilaporkan oleh BIOS.

5. Kesalahan Konfigurasi Hardware

Salah satu penyebab mengapa komputer sering hang adalah munculnya kesalahan konfigurasi perangkat keras, yang mungkin terjadi pada aplikasi yang baru saja diinstal pada komputer. 

Komponen perangkat keras yang kamu instal baru-baru ini mungkin tidak kompatibel dengan komputer. Hapus perangkat keras tersebut lalu periksa apakah komputer bisa berjalan dengan lancar. Kemudian cari alternatif yang paling tepat untuk mekanisme perangkat keras yang dihapus tersebut.

6. RAM tidak cukup

Jika komputer sering hang, bisa jadi masalah utamanya adalah RAM yang tidak cukup. Jadi, kamu harus memiliki RAM yang cukup besar agar sistem berjalan dengan lancar. RAM yang tidak cukup juga bisa mengakibatkan Motherboard, CPU, atau Catu Daya yang tidak berfungsi dengan baik. Dalam kasus seperti itu, meningkatkan kapasitas RAM atau menginstal ulang OS Windows dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

7. Pengaturan BIOS

Dalam beberapa kasus, mengubah pengaturan BIOS dapat menyebabkan masalah serius dan dapat membuat sistem sering hang. Prosesor sistem overclocking atau RAM bisa menjadi penyebab komputer tidak berfungsi. Jika ini kasus yang menyebabkan sistem macet, atur ulang pengaturan BIOS ke default dengan melepas CMOS, lalu pasang kembali setelah beberapa menit.

Baca juga: 5 Aplikasi Wajib untuk Pengguna Laptop

Bagaimana Mengatasi Komputer yang Sering Hang?

Setelah mengetahui penyebab mengapa komputer sering hang, kamu bisa melakukan tips berikut untuk mengatasinya:

  • Kosongkan Ruang Disk di Drive C

Jika drive C pada komputer kehabisan ruang, Windows 10 atau Windows 7 bisa tidak berfungsi karena ini adalah tempat penyimpanan file sistem. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki ruang disk kosong yang cukup di drive C.

Jika tidak, kamu dapat mencoba menghapus beberapa data atau program yang tidak diinginkan di drive C. Alternatifnya, kamu dapat langsung menambahkan lebih banyak ruang kosong ke drive C menggunakan MiniTool Partition Wizard.

  • Update Semua Driver

Kamu dapat beralih ke perangkat lunak pembaruan driver terbaik atau Pembaruan Windows untuk memperbarui driver komputer. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik kanan tombol Start di Windows 10/8 atau klik Start di Windows 7. Kemudian klik Device Manager (kamu mungkin perlu mengetikkan Device Manager di kotak pencarian untuk mengaksesnya).
  2. Buka kategori yang menurut kamu berisi perangkat yang ingin diperbarui drivernya.
  3. Klik kanan nama atau ikon perangkat keras dan pilih Update driver (kamu mungkin perlu mengklik Update Driver Software di Windows 7).
  • Jalankan Pemeriksaan Memori

Jika kamu menduga komputer memiliki masalah memori, kamu dapat menjalankan utilitas Diagnostik Memori Windows dengan melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Tekan kombinasi tombol Windows + R dan ketik mdsched.exe di kotak input. Lalu tekan Enter.
  2. Klik “Restart now and check for problems (recommended)”, lalu periksa masalah (disarankan) untuk segera memeriksa masalah.
  3. Kemudian Windows akan melakukan restart dan kamu akan menemukan jendela yang menunjukkan kemajuan progres pengecekan dan jumlah lintasan yang akan dijalankan di memori. Jika ingin melakukan pengecekan kembali di kemudian hari, kamu tinggal klik “Check for problems the next time I start my computer”
  • Jalankan Pemeriksa Berkas Sistem

Jika file sistem hilang atau rusak, kamu dapat mencoba langkah-langkah berikut untuk memulihkannya:

  1. Ketik Command Prompt di kotak pencarian Windows dan klik kanan Command Prompt untuk memilih Run as administrator.
  2. Di jendela pop-up, pilih Ya. Kemudian ketik sfc/scannow dan tekan Enter.
  3. Windows sekarang akan memindai sistem untuk file yang rusak dan berusaha memperbaikinya jika ditemukan. Ketik exit dan tekan Enter.
  • Cek Periferal

Pastikan periferal yang terhubung benar-benar berfungsi dengan baik. Periferal seperti mouse atau keyboard bisa terputus atau kehabisan baterai. Hal ini akan memberikan ilusi seolah komputer hang, tetapi input tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Periksa semua yang terhubung ke komputer, termasuk memastikan mouse, keyboard, dan trackpad berfungsi dengan baik. Kamu juga bisa memeriksa kondisi port USB jiak semua periferal yang terhubung tidak menunjukan adanya masalah.

Itulah penyebab mengapa komputer sering hang dan bagaimana mengatasinya. Komputer yang sering hang memang sangat menghambat aktivitas kita di depan layar. Saat menemui permasalahan tersebut, kamu bisa mencari tahu penyebabnya dan segera lakukan langkah yang telah dibahas tersebut. Jangan buru-buru menyerahkannya ke tukang service atau gegabah membeli yang baru. 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment