10 Solusi Umum untuk Permasalahan Komputer

Mochamad Ikhwana

Di dunia serba digital ini, komputer sudah menjadi barang primer yang paling penting. Terutama bagi kaum pekerja kantoran, siswa, mahasiswa, guru, dosen, hingga wiraswasta. Oleh karena komputer sering dipakai, tidak jarang komputer mengalami masalah, baik itu masalah kecil hingga besar. Jangan khawatir, ada banyak solusi umum permasalahan komputer yang bisa Anda coba.

Bahkan sebenarnya Anda sendiri juga bisa memperbaiki sendiri jika komputer Anda bermasalah. Terlebih masalah-masalah tersebut adalah masalah umum yang sering dijumpai saat komputer Anda mengalami kerusakan. Jadi, Anda perlu ke tukang servis ketika masalah komputer Anda sudah berat dan rusak parah hingga mati total.

Meskipun begitu, jika komputer Anda bermasalah tentu bikin mood Anda semakin jelek dan kesal di kala Anda sedang dikejar deadline atau di tengah bekerja bukan.

Apa sih yang menyebabkan permasalahan pada komputer? Lalu solusi apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut?

Solusi Umum Permasalahan Komputer yang sering Ditemukan

Dengan banyaknya permasalahan yang sering Anda jumpai pada komputer, pastinya Anda harus segera memperbaikinya agar pekerjaan Anda tidak terhambat sama sekali.

Sebelum itu, mari mencati tahu apa saja permasalahan umum di setiap komputer agar bisa mencari solusi yang sesuai dengan penyebabnya. Berikut penjelasan solusi umum permasalahan komputer yang sering terjadi.

1. Komputer Mengalami Layar Biru

Masalah ini terjadi saat Microsoft Windows tiba-tiba berhenti atau heng sejenak dan tidak bisa mengoperasinya. Ini pun menjadi masalah yang serius karena berasal dari software maupun hardware.

Pada umumnya pasti akan ada kode eror agar bisa mengetahui permasalahan yang terjadi pada komputer Anda.

Untuk itu, bila layar biru muncul pada komputer, Anda harus melakukan restart ulang kembali. Jika layar biru tetap muncul, maka Anda harus menulis ulang lagi kode-kode eror yang muncul dan mencarinya di Google.

2. Banyak Aplikasi Komputer Berjalan Lambat

Banyaknya aplikasi pada komputer yang berjalan lambat disebabkan sistem komputer yang tidak kuat dalam mengolah memori dan data yang ada. Bisa juga karena RAM komputer Anda sangat kecil, adanya beberapa aplikasi yang berat missal Google Chrome, hingga hard drive yang penuh.

Solusi umum permasalahan komputer ini bisa Anda lakukan dengan mengetahui biang masalah terlebih dahulu. Jika masalah terpusat pada RAM, maka Anda harus mencari atau meng-upgrade RAM menjadi lebih besar dan lebih baik.

Bila masalah tersebut terpaku pada aplikasi yang berat, Anda membuka Windows Task Manager melalui CTRL+Alt+Delete. Lalu periksa tabulasi processes dan matikan beberapa aplikasi yang terlalu berat dengan cara klik kanan pada aplikasi tersebut. Anda harus memilih end processes.

3. Missing DDL Files

Lain lagi dengan masalah Missing DDL Files. Hal ini terjadi karena komputer Anda memiliki data yang korup. Hal ini pula yang membuat Anda tidak bisa mengoperasikan beberapa aplikasi tertentu. Namun, tetap ada aplikasi yang bisa dijalankan walaupun akan ada tulisan Missing DDL Files.

Agar bisa mengatasinya, Anda musti menggunaka fitur system file checker. Melalui system file checker, Anda bisa melakukan scan untuk mengetahui apa saja yang hilang dan apakah fitur tersebut bisa diperbaiki atau harus diganti.

4. Malware

Malware mirip dengan virus, namun lebih berbahaya. Dikatakan lebih berbahaya karena malware bisa merusak hingga menghentikan komputer bersama seluruh sistemnya. Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Terlebih sekarang Anda hanya menginstall file dari website atau situs yang ditumpangi malware.

Cara mengatasinya adalahnya Anda menggunakan malware tools dan lakukan pembaruan terus menerus. Yang perlu Anda ingat ialah malware tools sangat berbeda dengan virus software. Jadi, mau tidak mau Anda harus mengunduh keduanya.

5. Hard Drive Failure

Permasalahan ini terjadi ketika hard drive tidak terbaca dengan baik. Hal ini disebabkan umur hard drive yang mudah diganti. Parahnya lagi dan bakal jadi kabar buruk, data Anda yang selama ini tersimpan di hard drive bakal hilang semua.

Untuk mengatasinya, Anda harus melakuakn back up data Anda. Anda sendiri dapat melakukan semuanya secara reguler setiap satu minggu sekali atau bisa juga dalam waktu sebulan sekali. Jangan lupa untuk melakukannya karena tidak ada yang tahu pastinya kapan hard drive Anda bisa hilang atau mati total.

6. Ada Bunyi Aneh pada Komputer

Bagi yang belum tahu, sebenarnya komputer yang sering Anda gunakan buat bekerja dan bermain game itu tidak pernah sunyi sama sekali. Pasti Anda pernah mendengar bunyi baik itu dari mesin pendingin hingga pembaca CD. Oleh karena itu, bila ada beberapa suara yang muncul, maka sudah dipastikan bahwa hardware Anda tengah bermasalah.

Solusi umum permasalahan komputer yang bisa dilakukan adalah Anda harus mengetahui hardware mana yang dapat menyebabkan bunyi-bunyi yang muncul. Setelah itu, Anda bisa mengoperasikan fitur diagnosis atau Anda cukup mengganti hardware yang bermasalah tersebut.

7. Isu Internet atau Koneksi Bermasalah

Berkaitan koneksi atau internet, ada banyak masalah yang menjadi penyebabnya. Bisa jadi provider Anda yang menjadi penyebabnya, atau ISP Anda, atau mungkin hardware Anda, bahkan bisa juga server DNS Anda.

Anda bisa mengatasinya dengan mengulang kembali atau restart komputer Anda karena masalah-masalah tersebut bisa langsung kelar dan beres serta berjalan normal kembali. Cukup memakai Windows network diagnostic tool agar Anda bisa memeriksa penyebab dari masalah-masalah yang ada.

8. Layar Komputer Membeku

Mungkin beberapa dari Anda pernah mengalami pembekuan pada layar komputer. Hal ini terjadi karena ada masalah pada hardware atau software Anda sehingga Anda tidak bisa berbuat apa-apa.

Kalau sudah begini, yang bisa Anda lakukan ialah menggunakan Windows task manager apabila komputer Anda masih belum merespon sama sekali. Namun jika sudah tidak bisa diperbaiki lagi maka disarankan Anda harus melakukan hard reset.

9. Aplikasi Tidak Bisa Diunduh

Masalah ini diakibatkan dua hal yakni software komputer Anda tidak kompatibel atau software komputer Anda mempunyai ketentuan tersendiri dan tidak cocok dengan spesifikasi komputer. Ada beberapa aplikasi yang tetap bisa diunduh namun programnya berjalan sangat lambat.

Supaya bisa mengatasinya, Anda hanya perlu mengganti software komputer Anda atau bisa melakukan upgrade pada software komputer Anda.

10. Overheating

Ketika listrik mengalir ke dalam komputer, maka suhu komputer akan naik secara otomatis. Hal ini disebabkan adanya pendingin udara di dalam komputer dengan kondisi menurun. Di satu sisi, hardware tersebut tidak mampu mengatasinya dan pada akhirnya hardware itu menjadi tidak tahan dengan panas yang terbakar.

Untuk itu, Anda dapat memakai software yang bisa mendeteksi suhu panas komputer Anda. Bila suhu komputer Anda tidak biasa, Anda harus membawanya ke tukang servis atau reparasi agar bisa diperiksa dan diperbaiki masalah yang ada. Dengan hardware pendingin, pihak ketiga mampu mencegah overheating.

Itulah sepuluh solusi umum permasalahan komputer yang sudah dijabarkan. Dengan ini, Anda bisa memperbaiki komputer Anda sesuai dengan penyebabnya.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment