Memperbaiki Keyboard Tidak Berfungsi

Tips Memperbaiki Masalah Keyboard yang Tidak Berfungsi

Techs Bright

Keyboard laptop dan PC yang tiba-tiba mati dan tidak berfungsi memang membuat panik. Tapi tenang saja, ada cara mudah memperbaiki keyboard tidak berfungsi.

Permasalahan pada komputer dan laptop memang seringnya membuat risau. Terlebih bila masalah tersebut terjadi ketika harus segera menyelesaikan pekerjaan maupun tugas. Rasa panik pun semakin menjadi-jadi.

Salah satu permasalahan yang paling sering membuat panik serta risau adalah ketika keyboard tidak bisa berfungsi. Semua tombol di keyboard tiba-tiba saja tidak bisa ditekan. Bahkan ketika diperiksa, keyboard tidak lagi terkoneksi ke PC.

Keyboard tidak berfungsi termasuk salah satu masalah yang membingungkan. Permasalahan ini bisa disebabkan karena kerusakan pada software di PC maupun keyboard. Hingga kerusakan fisik keyboard.

Untuk itu, mengatasi permasalahan ini juga perlu dilakukan beberapa langkah. Namun sebelum mengetahui bagaimana cara memperbaiki keyboard tidak berfungsi, ketahui dulu apa yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Keyboard PC Tidak Berfungsi

Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang menyebabkan keyboard PC tidak berfungsi.

1. Driver Keyboard

Penyebab pertama dari keyboard tidak berfungsi bisa saja karena kesalahan pada driver. Bila sebelumnya Anda menggunakan keyboard berbeda pada komputer dan laptop, maka bisa saja terjadi perubahan driver.

Sehingga ketika Anda kembali menggunakan keyboard sebelumnya, driver dari kedua keyboard ini tidak tersinkronisasi. Akibatnya, keyboard pun menjadi tidak berfungsi.

2. Kerusakan Motherboard

Keyboard dan laptop atau PC terhubung melalui motherboard. Bila terdapat masalah kerusakan pada motherboard, maka tentu saja keyboard tidak akan berfungsi.

Masalah motherboard yang menyebabkan kerusakan pada keyboard ini lebih sering terjadi pada laptop. Sehingga ketika motherboard laptop rusak, keyboard pun tidak akan bisa digunakan.

Meskipun lebih sering terjadi pada laptop, bukan berarti PC tidak bisa mengalami masalah yang sama. Hanya saja lebih jarang permasalahan seperti kerusakan motherboard pada PC berpengaruh pada keyboard yang digunakan.

3. Kotoran Pada Tombol Keyboard

Bila hanya beberapa tombol keyboard saja yang tidak berfungsi, bisa saja penyebabnya karena kotoran. Kotoran yang menumpuk pada bagian bawah akan menyebabkan tombol keyboard tidak bisa digunakan. Sehingga akhirnya, tombol tersebut pun tidak berfungsi.

Berbeda dengan penyebab lain, bila keyboard menjadi tidak berfungsi karena kotor maka biasanya tidak akan mempengaruhi semua tombol. Hanya satu atau beberapa tombol saja yang kebetulan terdapat lebih banyak kotoran menumpuk di bagian bawah.

4. Basah

Jika keyboard tidak berfungsi setelah ketumpahan makanan atau minuman, maka sudah pasti diketahui apa penyebabnya. Meskipun terdengar sangat mudah dihindari, nyatanya sebagian besar masalah kerusakan pada keyboard disebabkan karena basah. Entah itu keyboard ketumpahanan minuman maupun karena kehujanan.

Untuk itu pastikan selalu menjauhkan makanan dan minuman dari keyboard.

5. Pengaturan Sensitivitas

Sebaliknya, bila keyboard berfungsi namun huruf yang ditekan justru nampak beberapa kali atau tidak tampil sama sekali, maka penyebabnya bisa saja karena pengaturan sensitivitas. Perubahan pada pengaturan sensitivitas menyebabkan keyboard tidak berfungsi normal. Bisa saja keyboard menampilkan huruf beberapa kali setelah ditekan satu kali. Maupun sebaliknya.

Cara Memperbaiki Keyboard Tidak Berfungsi

Di atas, kita diajak untuk mengetahui apa saja penyebab keyboard tidak berfungsi. Setelah itu langsung saja memahami bagaimana cara memperbaiki keyboard tidak berfungsi di bawah ini.

1. Bersihkan Kotoran

Seperti disebutkan di atas, bila hanya beberapa tombol saja di keyboard yang tidak berfungsi, maka bisa saja penyebabnya adalah kotoran. Untuk mengatasi masalah ini tentu cara paling mudah adalah membersihkan keyboard.

Ada beberapa cara untuk membersihkan keyboard. Anda bisa menggunakan lap halus untuk membersihkan debu di permukaan tombol keyboard.

Sedangkan untuk membersihkan kotoran secara menyeluruh, Anda dapat menggunakan kuas kecil berbulu halus. Bersihkan sisi-sisi dan sela-sela keyboard menggunakan kuas. Pastikan keyboard benar-benar bersih dari kotoran yang akan bisa menyumbat.

Sayangnya, cara di atas kerap kali tidak bisa membersihkan kotoran yang terlanjur masuk ke sela bawah keyboard. Untuk membersihkan kotoran ini, Anda bisa membalik keyboard dan menggoyangkannya hingga semua kotoran keluar. Selain itu Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner mini yang khusus digunakan untuk keyboard.

2. Lepas Baterai Laptop

Ketika laptop overheating atau terlalu panas, mungkin keyboard juga tiba-tiba saja tidak berfungsi. Jika Anda mengalami hal ini, maka sebaiknya lepaskan baterai dan matikan laptop selama beberapa waktu. Biarkan hingga suhu baterai dan laptop menurun terlebih dulu.

Suhu baterai yang terlalu tinggi memang akan mempengaruhi kerja laptop. Bila hal ini dibiarkan terjadi terlalu sering maka keyeboard laptop akan menjadi lebih cepat rusak.

3. Update Driver Keyboard

Permasalahan pada driver juga kerap kali membuat keyboard tidak berfungsi. Masalah ini bukan saja karena pergantian keyboard pada PC. Melainkan juga karena driver keyboard yang sudah waktunya untuk diperbarui.

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk melakukan perbaruan driver keyboard di PC dan laptop Windows.

  1. Tekan tombol Windows dan cari Device manager.
  2. Setelah itu klik pada tanda panah di samping menu Keyboards.
  3. Klik kanan pada nama keyboard yang ada di daftar.
  4. Pilih opsi Update Driver.
  5. Selanjutkan tekan tombol Search untuk mencari driver software yang sudah terupdate.
  6. Terakhir, klik tombol Update Driver.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan update driver keyboard di Macbook:

  1. Buka System Preferences lalu pilih Accessibility.
  2. Klik pada menu Keyboard pada tab di bagian kiri.
  3. Periksa apakah pilihan Enable Slow Keys sudah dicentang di bagian Hardware. Jika sudah, jangan pilih Enable Slow Keys.

Tunggu hingga proses ini selesai. Setelah itu coba kembali apakah keyboard sudah berfungsi normal.

4. Ganti Layout Keyboard

Permasalahan ini bisa dilakukan bila keyboard berfungsi namun menunjukan hasil berbeda ketika ditekan. Misalnya saja Anda menekan tombol A namun yang keluar di layar bukanlah huruf A. Masalah ini bisa diatasi dengan cara mengganti layout di keyboard.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti:

  1. Klik menu Start lalu pilih Setting.
  2. Selanjutnya masuk ke Time and Language.
  3. Pada sisi kiri, pilih opsi Language.
  4. Klik pada pilihan bahasa lalu pilih Options.
  5. Selanjutnya di bagian Keyboard, klik Add a Keyboard dan pilih layout yang diinginkan.

Permasalahan keyboard seharusnya sudah akan kembali normal dengan cara ini.

5. Ganti Motherboard

Jika keyboard tetap tidak bisa berfungsi setelah melakukan cara-cara di atas, Anda tidak bisa memiliki pilihan lain selain mengganti motherboard. Kerusakan pada motherboard akan mempengaruhi semua elemen pada PC dan laptop. Terutama pada keyboard.

Jadi ketika keyboard tidak juga bisa berfungsi setelah melakukan semua cara di atas, bisa saja kerusakan terjadi pada motherboard. Bila hal ini terjadi maka tidak ada pilihan lain selain mengganti motherboard.

Cara memperbaiki keyboard tidak berfungsi di atas bisa dilakukan bila kerusakan pada software. Sedangkan bila keyboard tidak berfungsi setelah kehujanan atau ketumpahan air, maka tidak ada pilihan lain selain mengganti keyboard.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment