Mengatasi Iphone Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasi Iphone Tidak Terdeteksi di Windows

Techs Bright

Berbeda dengan Android, pengguna iPhone kerap kali mengalami masalah ketika menghubungkan ponsel ke PC Windows. Begini cara mudah mengatasi iPhone tidak terdeteksi.

Penggunaan iPhone memang sangat berbeda dengan Android. Bila smartphone Android menggunakan sistem operasi bersifat open source dari Google. Maka iPhone sebaliknya. Smartphone ini menggunakan sistem operasi khusus dari Apple.

Perbedaan ini bukan saja membuat tampilan dan penggunaan kedua ponsel berbeda. Aplikasi yang digunakan hingga bagaimana cara smartphone ini tersinkronisasi dengan perangkat lain pun sangat berbeda.

Smartphone Android akan bisa langsung terhubung dengan PC tanpa perlu menggunakan program tambahan. Ini berbeda dengan iPhone. Dimana untuk terhubung dengan perangkat lain akan membutuhkan program tambahan, yaitu iTunes.

Bukan hanya untuk terhubung dengan PC yang menggunakan sistem operasi selain dari Apple. Bahkan untuk terhubung dengan PC dan laptop besutan produsen Apple pun, iPhone akan membutuhkan program iTunes.

Untuk itu proses terhubungnya iPhone ke PC kerap kali mengalami masalah. iPhone sering tidak terdeteksi di PC. Terutama di PC Windows.

Namun tidak perlu khawatir, ada cara mudah mengatasi iPhone tidak terdeteksi di PC Windows.

Penyebab iPhone Tidak Terdeteksi di Komputer Windows

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimana cara mengatasi iPhone tidak terdeteksi, Anda wajib mengetahui lebih dulu apa penyebabnya.

Ada beberapa penyebab berbeda yang mengapa iPhone tidak terdeteksi di Windows. Berikut ini merupakan diantaranya.

1. Tidak Menggunakan Kabel Original

Seperti disebutkan di atas, iPhone termasuk ponsel spesial yang tidak bisa bekerja dengan sembarang aksesoris. Bukan saja akan menyebabkan masalah pada ponsel. Melainkan juga akan mengganggu koneksi antara iPhone dengan perangkat yang akan terhubung.

Termasuk salah satunya, menyebabkan iPhone tidak terdeteksi ketika terhubung dengan PC. Penyebab satu ini bukan saja akan membuat iPhone tidak terdeteksi di komputer Windows. Melainkan juga di laptop dan komputer besutan Apple, Mac.

Biasanya masalah ini ditandai dengan munculnya pesan eror “Uncertified” atau tidak tersertifikasi.

2. Kualitas Kabel Data Buruk

Meskipun menggunakan kabel data asli, bila kualitas yang digunakan buruk atau mengalami kerusakan, maka kemungkinan besar iPhone akan gagal terdeteksi.

Kabel data berkualitas buruk atau rusak akan mengganggu proses menghubungkan arus antara iPhone dan komputer. Sehingga bisa diduga, iPhone tidak akan terdeteksi.

3. Tidak Memberikan Izin Pada iPhone

Masalah satu ini kerap kali tanda sengaja terjadi. Ketika pertama kali menghubungkan komputer Windows dan iPhone, Anda harus memberikan izin. Izin koneksi antara kedua perangkat ini dilakukan dengan cara menekan tombol Trust di iPhone.

Jika tidak menekan tombol Trust, yang artinya iPhone mempercayai dan memberikan izin koneksi dengan komputer, maka ponsel tidak akan terdeteksi.

4. Menggunakan Windows Media Player Versi 10.1 Ke Bawah

Selain masalah hardware di atas, kesalahan pada software juga bisa menjadi penyebab mengapa iPhone tidak terdeteksi. Salah satu masalah ini karena komputer Windows masih menggunakan media player versi 10.1 ke bawah.

Windows Media Player versi 10.1 memiliki driver berbeda. Driver Windows versi lawas ini tidak lagi bisa terintegrasi dengan sistem operasi iOS di iPhone saat ini.

5. Kerusakan Pada Port USB

Masalah hardware berikutnya disebabkan karena kerusakan port USB di iPhone. Sayangnya bila ini terjadi, maka iPhone juga akan mengalami masalah ketika di-charge.

Cara Mengatasi iPhone Tidak Terdeteksi di Windows

Setelah memahami masing-masing penyebabnya, berikut ini merupakan langkah-langkah cara mengatasi iPhone tidak terdeteksi di Windows.

1. Gunakan Kabel Data Original

Seperti juga penyebabnya, cara pertama untuk mengatasi iPhone tidak terdeteksi adalah dengan menggunakan kabel data original. Sebaiknya gunakan kabel data bawaan yang didapatkan ketika membeli iPhone. Anda juga bisa memastikan membeli kabel data dari toko resmi Apple.

Untuk memastikan kabel data benar-benar asli, coba hubungkan iPhone dengan komputer. Bila tidak muncul pesan “Uncertified” dan iPhone berhasil terdeteksi, maka kabel data dipastikan asli.

2. Pastikan Tidak Ada Kerusakan Pada Port USB

Cara kedua tidak kalah penting. Sebelum menghubungkan iPhone dengan komputer, pastikan tidak ada kerusakan pada perangkat. Paling penting, kerusakan pada port USB. Baik itu di iPhone maupun komputer.

Pastikan port USB tidak tersumbat maupun kotor. Periksa juga apabila ada bagian dari port USB yang terlihat rusak.

3. Update Driver

Update driver menjadi cara berikutnya yang tidak kalah penting. Driver yang perlu diperbaharui akan menghadirkan berbagai masalah pada komputer. Salah satunya menyebabkan perangkat dan aksesoris lain yang terhubung dengan komputer tidak akan terdeteksi.

Berikut ini merupakan cara update driver di perangkat komputer Windows.

Untuk mengupdate driver di Windows 10, ikuti cara-cara di bawah ini.

  1. Pertama-tama, hubungkan iPhone dengan komputer.
  2. Selanjutnya hidupkan komputer lalu klik kanan tombol Windows di sudut kiri bawah pada layar.
  3. Pilih menu Device Manager.
  4. Akan ada jendela baru yang terbuka dan temukan Portable Device di daftar menu.
  5. Setelah itu klik ikon panah di bagian samping untuk membuka semua pilihan menu yang tersedia.
  6. Temukan menu Apple iPhone dan klik kanan.
  7. Pilih opsi Update Driver.
  8. Di jendela baru yang muncul, pilih opsi Search Automatically for Updated Driver Software.
  9. Tunggu hingga proses update dan install driver selesai.
  10. Cabut iPhone lalu hubungkan ulang.

Bila iPhone sudah terdeteksi, buka iTunes. Anda bisa mulai mengirim atau menyimpan foto dan video dari iPhone ke komputer.

4. Update Windows

Seringkali, iPhone tidak terdeteksi karena Windows memerlukan pembaharuan. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan update sistem operasi Windows.

  1. Tidak perlu menghubungkan iPhone dengan komputer lebih dulu.
  2. Pertama-tama klik tombol Windows.
  3. Kemudian klik ikon Settings.
  4. Pada jendela yang terbuka, pilih menu Update & Security.
  5. Setelah itu klik sub-menu Windows Update yang berada di sisi kiri layar.
  6. Akan muncul daftar updates yang perlu diinstall di komputer. Biarkan proses update berjalan.
  7. Tunggu hingga semua proses update selesai lalu restart komputer.
  8. Bila sudah, hubungkan iPhone dengan komputer lalu buka iTunes.

Cara di atas biasanya akan membutuhkan waktu cukup lama. Pastikan komputer terhubung dengan koneksi internet agar proses update berjalan dengan lancar.

5. Hubungkan iPhone Secara Langsung

Hubungkan iPhone secara langsung ke komputer. Sebaiknya jangan menghubungkan iPhone ke komputer dengan Wi-fi atau bluetooth. Sebaliknya langsung sambungkan iPhone dan komputer dengan menggunakan kabel data.

Cara lain untuk memastikan iPhone akan terdeteksi di komputer, sebaiknya lepaskan dulu semua aksesoris. Bila iPhone terhubung ke perangkat bluetooth lain misalnya, maka sebaiknya dilepaskan lebih dulu. Begitu juga bila komputer terhubung dengan headset atau penyimpanan eksternal.

Melepaskan semua aksesoris akan membantu proses komputer mendeteksi iPhone. Sebaiknya pastikan juga iPhone tidak dalam keadaan di-charge ketika tersambung ke komputer. Sehingga tidak terjadi masalah ketika komputer terkoneksi dengan iPhone.

Cara di atas membantu untuk mengatasi iPhone tidak terdeteksi di komputer dengan sistem operasi Windows. Semoga cara di atas membantu Anda!

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment