7 Tips Aman dan Nyaman Memakai WiFi Publik di Tempat Umum

Techs Bright

Siapa sih di antara kalian yang tidak menggunakan WiFi? Rata-rata pasti pernah mengaksesnya bahkan punya WiFi sendiri di rumah. Sekarang ini WiFi juga bisa diakses di tempat umum. WiFi diperuntukkan publik ini juga sangat dicari banyak orang karena gratis.

Kebanyakan dari mereka mengaksesnya untuk bekerja, mengerjakan tugas, bermain game, hingga hanya sekedar browsing belaka. Namun, adakalanya kalian masih bingung untuk mengaksesnya. Jangan khawatir ada beberapa tips memakai WiFi publik yang bisa Anda ketahui dan coba.

Sayangnya, jaringan WiFi publik tidak semuanya bisa aman meskipun gratis, hemat, praktis, dan mudah diakses. Kaspersky mengungkapkan bahwa ada risiko keamanan ketika memakai WiFi publik. Bisa saja ada kemungkinan bertemu dengan penjahat siber.

WiFi Publik Memungkinkan Adanya Kejahatan Siber

Saat sudah terkoneksi dengan WiFi publik, ada kemungkinan pencurian data yang bisa menghampiri para penggunanya. Sebab, para penggunanya suka mengunduh dan mentransfer banyak informasi penting.

Bila para penjahat siber berhasil mendapatkan data pribadi, finansial, hingga chat pribadi, maka mereka bisa membajak hingga melakukan pemerasan.

Melalui pengaksesan akun pengguna, para penjahat siber dapat menyamar sebagai korban, menyebarkan spam, melakukan penipuan dan pemerasan. Itu pun dengan dalih supaya data pribadi tidak dapat disebarkan.

Para pengguna merasakan tidak aman ketika terhubung jaringan dari perangkat elektronik pekerjaan, maka rahasia perusahaan jatuh ke tangan yang salah.

Maka dari itu ada beberapa tempat umum yang mengharuskan para penggunanya meminta password pada pihak terkait. Hal ini dilakukan agar memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengunjung. Sebut saja restoran, kafe, hingga hotel.

Tips Memakai WiFi Publik yang Bikin Aman dan Nyaman

Ada beberapa rekomendasi dan tips memakai WiFi publik dari Kaspersky agar Anda tetap aman dan nyaman mengaksesnya.

Berikut tips yang bisa Anda coba ketika ingin mengakses WiFi publik di tempat umum, antara lain.

1. Selalu Berhati-hati dan Waspada dengan WiFi Publik

Para pengguna internet jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan tetap waspada pada WiFi publik. Apalagi jika Anda menggunakannya untuk bertransaksi apapun dalam keadaan terdesak.

Jangan sampai Anda memakai WiFi publik saat membuka informasi penting maupun bertransaksi dan mentrasfer data-data penting. Bisa saja data yang dikirim maupun diterima lewat WiFi publik bisa dilihat dan diakses siapapun dengan jaringan yang sama. Ingat, ada puluhan hingga ratusan orang yang bisa mengakses WiFi publik di tempat umum.

Meskipun jaringan WiFi publik mempunyai password atau sandi pun, bukan berarti jaringan WiFi publik tersebut aman. Hal itu disebabkan salah satu penjahat siber bisa leluasa terkoneksi dengan mudah melalui jaringan WiFi.

2. Jangan Lupa untuk Selalu Periksa Nama Hotspot

Sekarang ini, semakin banyak tempat-tempat umum yang mempunyai jaringan WiFi publik secara gratis. Kemudian semakin banyak juga anak-anak muda dan orang dewasa bercengkrama dan nongkrong bersama.

Perlu diingat, sejumlah pelaku kejahatan siber terkadang selalu berada selangkah di depan dan tidak jarang kalian suka ceroboh. Jangan sampai terhubung ke jaringan buatan para penjahat dengan memakan nama hotspot yang sama dengan tempat-tempat umum yang kalian kunjungi.

Maka dari itu, para pengguna harus lebih teliti dalam memeriksa nama hotspot WiFi yang tertera di tempat-tempat umum. Pastikan kembali bahwa nama jaringannya tidak dipalsukan sama sekali. Sebelum terkoneksi, alangkah baiknya jika Anda bisa meluangkan waktu untuk memeriksa kembali koneksi jaringan yang tersedia pada perangkat Anda.

Anda harus melihat dan memeriksa dari kata maupun penggantian huruf dengan angka. Tidak lupa untuk simbol-simbol seperti garis bawah, sama dengan, garis miring, maupun simbol-simbol lainnya.

3. Mematikan Koneksi Otomatis pada Jaringan WiFi Publik

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, jangan pernah melakukan transaksi perbankan atau transfer dokumen penting saat mengakses jaringan WiFi gratis.

Mungkin beberapa dari perangkat kalian menyediakan fitur yang terkoneksi langsung dengan jaringan WiFi manapun. Ada beberapa sistem yang mengaktifkannya secara default.

Namun, fitur dalam menghubungkan langsung antara perangkat dan jaringan WiFi bisa membuka kesempatan para penjahar siber berbuat kejahatan. Mereka bisa menyebar spam dan virus serta malware agar bisa mencuri kode sandi serta akun para pengguna.

Agar Anda tidak terjebak, Anda harus menonaktifkan fitur WiFi agar tidak terkoneksi otomatis di tempat-tempat umum. Anda bisa melakukannya dengan memilih menu Settings dan menonaktifkan WiFi.

4. Menghindari Jaringan WiFi yang Tidak Aman dan Terpercaya

Yang paling penting lagi, Anda harus menggunakan jaringan WiFi yang paling aman dan terpercaya. Sebaiknya saat Anda ingin memasukkan akun bank, NIK, dan informasi detail lainnya, Anda menggunakan jaringan WiFi rumah atau perusahaan.

Bila sudah sangat mendesak, bisa juga Anda menggunakan data internet pribadi daripada harus menggunakan WiFi publik. Itu juga termasuk ketika Anda berada di luar kota maupun luar negeri.

5. Memasang Keamanan

Salah satu tips memakai WiFi publik di tempat umum adalah dengan memasang keamanan. Caranya sendiri dengan memasang perlindungan VPN untuk menjaga keamanan dan kenyamanan perangkat si pengguna.

VPN atau Virtual Private Network dapat melindungi privasi para penggunananya agar bisa mengenkripsi data dan dokumen sebelum mengirimnya ke router. Hal ini dilakukan agar bisa menjaganya dan tetap tersembunyo agar tidak bisa diakses siapapun.

Melalui pemasangan VPN, WiFi publik juga bisa digunakan dengan lebih aman dan nyaman tentunya. Kemudian Anda juga harus memilih VPN yang tidak menjual maupun menyimpan data dan informasi para penggunanya.

6. Memperhatikan Halaman Web https

Jangan lupa untuk memastikan bahwa halaman web yang Anda kunjugi adalah https. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengetik alamat situs termasuk https pada URL. Kemudian Anda bisa melihatnya apakah ada gembok keamanan atau tidak.

Melalui situs https bisa menunjukkan bahwa situs Anda mempunyai sejumlah sertifikat digital yang valid dan terpercaya. Ini bisa meminimalisis ternjadinya Man-in-the Middle Attack (MITM).

7. Mengaktifkan Antivirus dan Firewall

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa sistem operasi menawarkan fitur firewall. Firewall merupakan sistem keamanan jaringan yang bisa memonitor dan memeriksa masuk dan keluarnya jaringan. Sistem ini bisa mencegah para pengguna lainnya untuk bisa melihat isi data dan informasi yang ada di laptop atau ponsel.

Untuk itu, Anda memilih Control Panel lalu klik System and Security. Setelah itu, Anda memilih opsi firewall dan jangan lupa untuk mengaktifkannya.

Sementara itu, antivirus juga harus dimiliki agar terhindar dari kejahatan siber dari para hacker. Oleh karena itu, Anda perlu mengunduh aplikasi Antivirus agar perangkat Anda terlindungi dari penyalahgunaan apapun.

Penutup

Itulah tujuh tips memakai WiFi publik di tempat umum yang nyaman dan juga aman. Memang WiFi publik dapat diakses semua orang karena gratis dan praktis. Apalagi dengan adanya WiFi publik, itu bisa menunjang pekerjaan dan bisa mencari hiburan tersendiri.

Semoga ilmu ini bermanfaat dan bisa Anda terapkan langsung di kehidupan sehari-hari. Dengan adanya jaringan WiFi publik, tetap membuat para pengguna untuk selalu waspada dan berhati-hati. Sebab, pelaku kejahatan siber sedang merajalela dan bisa mengaksesnya dengan mudah. Terutama pencurian data pribadi milik pra pengguna.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment