Tips Memilih Antivirus

Tips Memilih Antivirus yang Tepat untuk Melindungi Perangkat Komputer

Techs Bright

Apa pentingnya antivirus? Bila pertanyaan ini masih muncul di benak Anda, maka pembahasan ini sangat penting untuk diperhatikan. Antivirus bukan hanya sekedar melindungi perangkat komputer dari serangan virus. Antivirus yang tepat akan melindungi komputer dari berbagai serangan siber. Untuk itu penting sekali mengetahui tips memilih antivirus terbaik paling tepat.

Keamanan siber bukan satu hal yang bisa dianggap remeh. Virus yang menyerang perangkat komputer bukan hanya akan sekedar memaksa pengguna untuk menghapus program aplikasi atau melakukan instalasi ulang.

Serangan malware di perangkat komputer bukan sekedar mengesalkan seperti kehilangan file-file penting. Ada berbagai virus, malware, trojan, ransomware, dan sebagainya yang juga mengancam keamanan data dan privasi.

Pada akhirnya, penggunaan perangkat komputer tidak boleh terpisahkan dari antivirus. Berikut tips memilih antivirus terbaik dan paling tepat untuk memastikan perlindungan sempurna.

Tips Memilih Antivirus Terbaik dan Paling Tepat

Sebenarnya, tidak ada antivirus paling tepat untuk sebuah perangkat komputer. Pasalnya antivirus yang tersedia saat ini memiliki keunggulan, fitur, dan juga fokus masing-masing.

Misalnya saja, antivirus yang memfokuskan diri melindungi komputer dari serangan ransomware. Ada juga antivirus yang memastikan tidak ada virus dan adware yang akan mengganggu kenyamanan ketika penggunaan komputer. Masing-masing fokus perlindungan dan juga fitur ini membuat pengguna hampir tidak mungkin mencari antivirus yang tepat.

Namun jangan khawatir. Meskipun saat ini ada banyak sekali ragam, tipe, hingga nama-nama brand antivirus berbeda yang bisa didapatkan, panduan di bawah ini akan membantu Anda memilih yang terbaik.

1. Memberikan Perlindungan Terlengkap

Ketika mencari yang terbaik, kita pastinya juga akan berusaha mendapatkan yang terlengkap. Meskipun di atas disebutkan hampir tidak mungkin menemukan antivirus paling tepat untuk permasalahan komputer. Setidaknya bisa mencari antivirus yang memberikan perlindungan paling lengkap.

Secara umum, antivirus yang ada di pasaran saat ini memberikan beberapa tipe perlindungan. Dimana masing-masing bisa dikatakan cukup lengkap. Beberapa antivirus akan memberikan perlindungan umum atas serangan antivirus dan malware. Tipe antivirus ini termasuk konvensional dan paling sederhana.

Jenis antivirus lain akan memberikan perlindungan atas keamanan data. Antivirus ini melindungi pengguna dari kejahatan siber. Terlebih ketika beraktivitas di internet. Sistem kerja dari antivirus ini juga cukup sederhana.

Selanjutnya masih ada antivirus yang memberikan perlindungan pada koneksi dan jaringan di komputer. Seperti misalnya antivirus untuk perlindungan firewall dan ransomware. Selain itu masih ada banyak sekali jenis perlindungan lain yang diberikan antivirus.

Tips memilih antivirus terlengkap pertama dengan mempertimbangkan perlindungan yang diberikan. Sesuaikan perlindungan tersebut dengan kebiasaan Anda dalam penggunaan komputer.

Misalnya saja, bila Anda menggunakan komputer untuk beraktivitas di internet dan melakukan berbagai transaksi. Maka antivirus yang akan menghindarkan dari kejahatan siber bisa menjadi pilihan terbaik. Anda juga bisa memilih antivirus dengan perlindungan VPN sekaligus.

2. Perlindungan Terpercaya

Selain memberikan perlindungan terlengkap, antivirus terbaik juga seharusnya memberikan perlindungan terpercaya. Ada beberapa kriteria bagi antivirus untuk memberikan perlindungan yang benar-benar terpercaya:

  1. Melindungi tanpa mengganggu kerja program lain: antivirus dengan perlindungan terpercaya akan mampu bekerja tanpa mengganggu kerja dari program lain.
  2. Perlindungan sistem antivirus tersebut sendiri: beberapa ransomware maupun malware menyusup ke dalam komputer justru melalui program antivirus. Malware ini akan menyerang titik lemah dari antivirus tersebut dan melumpuhkan kerjanya. Sebelum menyusup ke dalam komputer.
    Untuk itu, antivirus seharusnya memiliki sistem perlindungan terpisah untuk program mereka sendiri. Demi memastikan tidak ada celah yang akan bisa menjadi jalan masuk bagi ransomware maupun malware.
  3. Perlindungan terupdate: seperti juga hampir semua hal di internet, virus, malware, dan sebagainya juga selalu mengalami pembaharuan. Antivirus seharusnya mampu memberikan perlindungan terupdate pada jenis dan tipe-tipe baru dari virus dan malware ini.
  4. Scan otomatis: sistem perlindungan yang terpercaya ini hadir melalui fitur scan otomatis atau automatic scanning. Pemindaian otomatis ini bukan hanya berjalan ketika komputer bekerja saja. Bahkan saat komputer tidak digunakan atau tersambung dengan perangkat lain, antivirus akan secara otomatis melakukan pemindaian.

3. Tidak Mempengaruhi Kerja Komputer

Meskipun dibutuhkan dan memiliki banyak sekali manfaat, Anda pastinya tidak menginginkan antivirus yang akan mempengaruhi kerja komputer. Untuk itu, tips memilih antivirus berikutnya:

  1. Pastikan program antivirus tidak mempengaruhi waktu booting. Waktu yang dibutuhkan komputer untuk booting seharusnya tidak mengalami banyak perbedaan setelah menginstal program antivirus.
  2. Tidak menurunkan performa komputer. Antivirus tidak saja harus memiliki ukuran file yang ringan ketika diinstal. Kerja antivirus tersebut sendiri seharusnya tidak mempengaruhi performa komputer secara keseluruhan. Poin ini sangat penting mengingat antivirus seharusnya selalu aktif bekerja di komputer.
  3. Proses scanning yang cepat. Poin satu ini kerap kali terlewatkan ketika memilih antivirus yang tepat. Banyak pengguna yang masih beranggapan proses scanning yang lama berarti antivirus memindai komputer secara menyeluruh. Anggapan tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Namun antivirus terbaik seharusnya memiliki proses scanning cepat sehingga tidak mempengaruhi pengunaan komputer oleh pengguna.

4. Mendapatkan Update Rutin

Seperti dijelaskan pada poin pertama, ketika memilih antivirus sebaiknya mencari program yang selalu update dengan jenis dan tipe-tipe virus baru. Untuk itu program antivirus sendiri seharusnya mendapatkan update secara rutin.

Satu poin penting lain selain memberikan update rutin demi memperbarui pustaka virus dan malware yang ada. Program antivirus seharusnya memiliki pilihan untuk melakukan update otomatis. Sehingga program bisa melakukan update otomatis di latar belakang. Tanpa perlu pengguna untuk menjalankan proses update program.

5. Penggunaan Mudah

Bila menilik dari fitur dan fungsi yang diberikan, antivirus seharusnya mudah digunakan. Program antivirus seharusnya memiliki tampilan yang mudah dinavigasikan. Bahkan oleh pengguna pemula sekalipun.

Tampilan user interface yang sederhana menjadi pilihan yang lebih baik. Ketimbang antivirus dengan tampilan user interface yang terlalu kompleks dan membingungkan. Pengguna seharusnya mudah mengoperasikan fitur-fitur standar yang ada di antivirus. Seperti melakukan scan, update, dan juga memeriksa laporan setelah proses scanning selesai.

Penggunaan yang mudah ini juga dinilai dari kemudahan program antivirus bekerja di berbagai perangkat berbeda. Beberapa program antivirus memang hanya bisa digunakan di perangkat tertentu. Misalnya saja hanya di smartphone Android. Meskipun tentu saja, ketika memilih antivirus terbaik, sebaiknya  gunakan program yang bisa bekerja dan dioperasikan dengan mudah di berbagai perangkat.

6. Harga Terjangkau

Ada banyak sekali antivirus gratis yang bisa didapatkan. Namun tidak dipungkiri, program antivirus berbayar memastikan memberikan perlindungan sempurna dengan semua fitur unggulan.

Tentunya meskipun berbayar, pastikan harga untuk antivirus tersebut masih terjangkau. Bila mungkin, gunakan antivirus yang bukan menggunakan sistem pembelian berlangganan. Melainkan hanya satu kali membeli program dan sudah mendapatkan update gratis.

Namun pastinya, bila Anda mencari antivirus yang memberikan perlindungan terbaik dan paling tepat untuk perangkat komputer. Anda seharusnya juga harus siap merogoh kocek yang cukup dalam.

Sumber

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment