Cara Membuat Stiker Bergerak

3 Cara Membuat Stiker Bergerak Whatsapp di Android

Techs Bright

Komunikasi di WhatsApp menjadi lebih hidup berkat pengunaan berbagai stiker. Menariknya, aplikasi ini memungkinkan bagi pengguna untuk mengkustomisasi stiker sendiri. Begini cara membuat stiker bergerak di WhatsApp di Android.

Sebagai salah satu aplikasi pesan instan yang banyak digunakan hampir di seluruh dunia, WhatsApp memang selalu menghadirkan inovasi-inovasi menarik. Setelah sebelumnya meluncurkan fitur Groups yang memungkin para pengguna untuk melakukan panggilan telepon dan video bersama puluhan orang sekaligus. Kali ini WhatsApp merilis fitur untuk stiker.

Menariknya, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengkustomisasi stiker sendiri. Pengguna dapat menggunakan stiker dari foto, gambar, maupun dari video untuk jenis stiker bergerak. Cara untuk membuat stiker bergerak di WhatsApp pun terbilang sangat mudah. Tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk bisa menggunakan stiker bergerak milik Anda sendiri di Whatsapp.

Cara Membuat Stiker Bergerak di Whatsapp

Di bawah ini merupakan cara-cara membuat stiker versi bergerak di WhatsApp. Cara ini bisa dilakukan di aplikasi WhatsApp untuk Android. Pasalnya ada beberapa aplikasi untuk membuat stiker bergerak yang tidak tersedia di ponsel dengan sistem operasi lain.

1. Melalui Aplikasi WhatsApp

Untuk membuat stiker bergerak memang sebenarnya tidak membutuhkan aplikasi terpisah. Anda bisa langsung mendapatkan stiker bergerak di aplikasi WhatsApp.

Hanya saja, stiker bergerak bawaan dari aplikasi Whatsapp ini tidak bisa dikustomisasi seperti keinginan. Anda hanya dapat mengunduh dan menggunakan stiker dalam format .gif yang sudah disediakan oleh WhatsApp.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan stiker bergerak melalui aplikasi WhatsApp.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel kemudian buka salah satu ruangan chat. Anda bisa membuka ruangan chat atau chat room mana saja yang ada di daftar percakapan.
  2. Tekan ikon emoji yang terdapat pada sisi chat bar.
  3. Bila papan emoji sudah terbuka, klik tab stiker yang berada di bagian paling kanan. Tab stiker ini berada tepat di samping tab gif.
  4. Tekan tombol (+) di bagian atas tab stiker.
  5. Halaman baru akan terbuka dan Anda bisa menemukan banyak pilihan stiker berbeda. Stiker bergerak ditandakan dengan simbol Play pada bagian sisi.
  6. Pilih stiker bergerak yang ingin Anda gunakan, lalu tekan tombol Download.
  7. Tunggu hingga proses unduh selesai dan stiker bergerak sudah siap digunakan.

Meskipun tidak bisa kustomisasi sesuai keinginan, namun WhatsApp memberikan cukup banyak pilihan stiker berbeda. Dengan cara di atas pula Anda bisa mengunduh jenis stiker lain yang disediakan WhatsApp.

2. Melalui Aplikasi Sticker.ly

Untuk membuat stiker bergerak dari foto atau video Anda sendiri, caranya tidak kalah mudah. Namun untuk cara membuat stiker bergerak ini Anda harus menggunduh aplikasi terpisah. Aplikasi Sticker.ly bisa diunduh melalui Google Play Store untuk pengguna Android. Serta di App Store bagi pengguna iPhone.

Cara membuat stiker bergerak dengan aplikasi ini tidak kalah mudah. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pastikan sudah mengunduh dan menginstal aplikasi Sticker.ly lebih dulu.
  2. Buka aplikasi lalu klik tombol (+) yang berada di tengah bawah di halaman utama.
  3. Akan muncul pilihan menu Create Sticker. Pilih opsi Animated untuk membuat stiker bergerak.
  4. Pada bagian bawah, tekan pilihan Tab Library.
  5. Setelah itu pilih video yang ingin digunakan sebagai stiker. Stiker bergerak di WhatsApp memiliki durasi maksimal 5 detik. Sehingga sebaiknya Anda potong dulu durasi video yang ingin digunakan.
  6. Atur durasi dan bagian dari video yang ingin digunakan sebagai stiker bergerak. Pada proses ini Anda juga bisa menambahkan efek, tulisan, atau emoji.
  7. Bila sudah, klik tombol Next.
  8. Simpan stiker yang sudah dibuat dengan menekan tombol Save. Lalu tambahkan stiker bergerak tersebut ke WhatsApp.
  9. Stiker sudah siap untuk digunakan.

Sticker.ly sudah dikenal sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk membuat stiker WhatsApp. Selain bisa membuat stiker bergerak melalui menu Animated. Anda juga bisa membuat stiker biasa.

Menariknya, di aplikasi ini Anda bisa membuat stiker dengan menggunakan foto. Sticker.ly memiliki fitur untuk menghapus background, menambahkan teks dan emoji, bahkan juga memasang berbagai efek untuk membuat stiker lebih keren.

3. Melalui Aplikasi iSticker

Aplikasi iSticker memiliki fitur dan fungsi yang hampir sama dengan Sticker.ly. Hanya saja bila Sticker.ly membuat stiker bergerak Whatsapp dengan menggunakan video. Maka iSticker membuat animated sticker dari gif.

Ini tentu saja memudahkan bila Anda menemukan gambar gif menarik yang ingin digunakan sebagai stiker di WhatsApp. Tidak perlu repot-repot mencari video atau mengubah format gif menjadi video. Anda bisa menggunakan aplikasi iSticker untuk membuat stiker bergerak yang tidak kalah keren.

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat stiker bergerak WhatsApp dengan aplikasi iSticker.

  1. Unduh dan install aplikasi iSticker lebih dulu. Anda bisa mendapatkan aplikasi iSticker dari Google Play Store di smartphone Android.
  2. Sebelumnya, buka browser di smartphone lalu akses website ezgif.com.
  3. Setelah halaman website terbuka, klik pada opsi GIF Resizer.
  4. Unduh file gif yang ingin dijadikan stiker bergerak dan ubah ukurannya menjadi 512 x 512 piksel. Ukuran ini merupakan standar ukuran stiker di Whatsapp.
  5. Klik tombol Resize Image lalu masuk ke tab Convert.
  6. Pada drop down menu pilih WebP lalu klik tombol Convert to WebP.
  7. Tunggu hingga proses selesai lalu download dan simpan gambar.
  8. Jika sudah, buka aplikasi iSticker dan unggah gambar yang sudah dikonversi sebelumnya.
  9. Crop gambar sesuai keinginan dan klik tombol Save.
  10. Tekan tombol Add to WhatsApp dan tunggu hingga proses unggahan selesai.
  11. Stiker siap digunakan.

Bila dibandingkan dengan cara sebelumnya, menggunakan aplikasi iSticker memang lebih sulit. Terlebih aplikasi ini tidak memiliki fitur bawaan untuk resize dan juga mengubah format gambar.

Namun iSticker memberikan pilihan untuk membuat stiker bergerak yang berasal dari gambar gif. Sedangkan aplikasi untuk membuat stiker lain hanya memberikan fitur animated sticker melalui sumber video saja.

Jadi aplikasi iSticker bisa menjadi opsi bagi Anda bila menemukan gambar gif yang ingin digunakan sebagai stiker.

Penutup

Selain cara dan aplikasi di atas, sebenarnya masih ada beberapa aplikasi lain yang bisa digunakan untuk membuat stiker WhatsApp. Hanya saja, tidak semua aplikasi ini memiliki pilihan fitur untuk animated sticker atau stiker bergerak.

Jika Anda ingin membuat jenis stiker lain, misalnya saja stiker dari gambar atau pun foto. Maka beberapa aplikasi di bawah ini bisa menjadi pilihan untuk digunakan:

  • Animated Sticker Maker
  • Sticker Studio
  • Sticker Create
  • Sticker Maker
  • Personal Sticker for WhatsApp

Aplikasi di atas dapat diunduh dan diinstal di smartphone Android. Beberapa aplikasi memiliki fitur untuk animated sticker sedangkan lainnya tidak. Beberapa aplikasi di atas, seperti Sticker Studio memiliki fitur untuk mengedit foto dengan menambahkan frame, emoji, sticker, dan juga berbagai efek lucu. Anda bisa mencoba untuk membuat stiker yang lebih keren.

Cara membuat stiker bergerak di WhatsApp memang tidak sesulit yang dibayangkan. Semoga cara di atas membantu Anda menjadikan percakapan di Whatsapp menjadi lebih menarik berkat stiker-stiker lucu.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment