aplikasi pembaca ebook terbaik

13 Aplikasi Pembaca Ebook Terbaik untuk Menikmati Buku Digital di Android

Techs Bright

Membaca buku menjadi salah satu aktivitas produktif yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu luang. Tidak perlu lagi membawa buku ke mana-mana, kamu bisa memanfaatkan aplikasi pembaca ebook terbaik untuk menikmati buku digital. 

Aplikasi pembaca ebook ini berbasis Android sehingga bisa dipakai untuk semua merk HP Android. Sebagian besar memiliki kapasitas memori yang kecil. Jadi tidak membutuhkan HP spesifikasi tinggi untuk menyalurkan hobi membacamu di mana saja. 

Rekomendasi Aplikasi Pembaca Ebook Terbaik

Cukup banyak pilihan aplikasi yang menawarkan user interface dan pengalaman berbeda-beda. Kamu bisa memilih aplikasi yang cocok melalui rekomendasi berikut ini:

1. Gramedia Digital

Gramedia adalah penerbit dan toko buku besar di Indonesia yang pastinya tidak asing lagi bagi penggemar buku. Bukan hanya gerai buku fisik yang tersebar di berbagai kota saja, Gramedia nyatanya juga menyediakan aplikasi berbasis Android untuk baca buku digital. 

Aplikasi bernama Gramedia Digital ini berisi berbagai macam ebook populer yang bisa kamu beli. Jangan lupa daftar Premium Package untuk mendapatkan fitur dan fasilitas lengkap. 

2. Amazon Kindle

Kindle adalah aplikasi dari perusahaan Amazon yang sangat populer. Jika kamu penggemar buku-buku berbahasa Inggris, aplikasi satu ini layak untuk dipertimbangkan. Bukan hanya bisa dipakai untuk membeli buku, Kindle juga bisa dipakai untuk membaca ebook dengan nyaman.

Semua ebook yang dijual di Kindle juga dijual di marketplace populer yaitu Amazon. Tidak heran karena Kindle memang berada di bawah perusahaan Amazon. Ada beberapa fitur menarik di Kindle, salah satunya yaitu integrasi dengan Goodreads untuk menulis review buku. 

3. Google Play Books

Tidak kalah dengan perusahaan lain, Google juga menawarkan aplikasi pembaca ebook terbaik yaitu Google Play Book. Kelebihan dari aplikasi satu ini yaitu menawarkan buku-buku secara gratis. Jadi kamu yang budget-nya terbatas bisa membaca buku gratis di Google Play Book. 

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga menawarkan fitur lengkap dan memudahkan. Beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan yaitu fitur pencarian, pembelian ebook, download atau unduh, serta fitur terjemahan.

4. iPusnas

Buku favoritmu berbayar semua? Tenang saja, ada aplikasi yang menyediakan buku-buku best seller secara gratis. iPusnas merupakan salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. 

Buku gratis yang bisa diakses secara online tentu saja membuat semua orang lebih mudah untuk membaca buku. Selain itu, iPusnas juga menawarkan fitur untuk berbagi ke media sosial. Sayangnya kamu menunggu antrian panjang jika ingin baca buku best seller.

5. iJakarta

Kamu mungkin sudah bisa menebak siapa yang membuat aplikasi iJakarta ini. Ya, sama seperti iPusnas, iJakarta juga dibuat oleh pemerintah, khususnya pemerintah Jakarta. Selain dikenal dengan nama iJakarta, aplikasi ini juga disebut Jakarta Digital Library.

Kamu bisa meminjam buku secara gratis di iJakarta. Waktu peminjaman bukunya bermacam-macam. Mulai dari 3 hari, 7 hari, sampai 30 hari. Buku akan secara otomatis dikembalikan setelah melewati waktu peminjaman. Jadi pastikan kamu selesai membacanya dalam jangka waktu tersebut.

6. Storial

Storial adalah aplikasi pembaca ebook terbaik yang rilis pada tahun 2016 lalu. Meskipun bisa dibilang aplikasi baru, namun ada banyak keunggulan yang dimiliki aplikasi satu ini. Pilihan bukunya cukup banyak, bahkan lebih dari 50.000 judul. Penulisnya juga bermacam-macam dari seluruh penjuru Indonesia.

Dibandingkan dengan aplikasi pembaca ebook lain, Storial memiliki keunggulan karena bisa dipakai untuk menulis. Jadi kamu yang gemar menulis bisa berkontribusi pada aplikasi. Ada juga fitur kolaborasi yang bisa dipakai untuk berinteraksi oleh sesama pengguna aplikasi. 

7. Aldiko

Aplikasi Aldiko memang terdengar asing dibandingkan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Namun aplikasi satu ini tidak kalah menarik untuk kamu pertimbangkan. Terlebih Aldiko menghadirkan user interface yang sangat menarik dan memudahkan pembaca.

Selain itu, aplikasi juga memberikan dukungan untuk membaca file format EPUB dan PDF. Jadi jika kamu memiliki ebook dengan format tersebut, kamu bisa langsung membuka dan membacanya. Beberapa fitur penting lainnya yaitu kamus, pengaturan tulisan, seleksi teks, dan lain-lain.

8. Nook

Aplikasi Nook berisi lebih dari 7.500 ebook yang bisa kamu akses secara gratis. Jumlah tersebut masih bertambah seiring waktu karena selalu ada update dari pengembang. Untuk jumlah semua bukunya sendiri lebih dari 4 juta buku. 

Selain buku-buku, ada juga komik, majalah, dan novel gratis di dalamnya. Kamu bisa mengatur margin, font, dan spacing agar lebih nyaman saat membaca. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan catatan pada teks agar tidak hilang. Sangat menarik bukan?

9. Kobo

Aplikasi pembaca ebook terbaik selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah Kobo. Meskipun hanya menyediakan layanan ebook, namun Kobo memiliki fitur audiobook. Kamu yang sedang terkena reading slump bisa mendengarkan bacaan melalui fitur tersebut. 

Sama seperti aplikasi-aplikasi lainnya, Kobo juga bisa dipakai untuk membuat catatan, menambahkan highlight, dan memiliki fitur kamus. Kamu juga bisa memperbesar atau memperkecil tulisan dengan fitur ubah ukuran teks di aplikasi Kobo.

10. Libby by Overdrive

Rekomendasi selanjutnya yaitu Libby by Overdrive juga bisa dipakai untuk mendengarkan audiobook. Kamu bisa mendengarkan kapan saja saat terkoneksi dengan internet. Ada banyak pilihan buku, termasuk buku motivasi yang cocok didengarkan sebelum tidur.

Selain fitur audiobook, Libby by Overdrive juga memiliki kelebihan karena tampilannya yang sederhana. Jadi kamu bisa lebih nyaman untuk membaca buku-buku yang kamu inginkan. 

11. Eperpusdikbud

Pemerintah memang berusaha meningkatkan minat baca di tengah masyarakat dengan menghadirkan aplikasi simple dan memudahkan. Aplikasi lainnya yang bisa kamu akses secara gratis adalah Eperpusdikbud. 

Kamu mungkin sudah bisa menembak siapa pengembangnya? Aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store ini dikembangkan oleh Perpustakaan Kemendikbud. Ada banyak buku pengetahuan yang bisa diakses oleh para pelajar. Selain itu, ada juga buku-buku sastra yang pastinya gratis dan legal.

12. Lontara

Jika budget-mu terbatas untuk membeli buku fisik, kamu bisa menyewanya di Lontara. Aplikasi satu ini adalah aplikasi beli dan sewa ebook termurah. Banyak sekali penulis-penulis populer yang bisa kamu pilih di aplikasi ini.

Harga sewanya juga tidak bikin kantong jebol yaitu mulai dari Rp2.000 saja. Batas waktu menyewa di Lontara biasanya 2 minggu. Jadi pastikan waktumu bebas agar bisa menyelesaikan buku yang dipinjam. Selain buku yang dijual dan disewakan, ada juga beberapa buku gratis yang bisa kamu baca.

13. Rakata

Apakah kamu penggemar Mizan Group? Jika iya, aplikasi Rakata mungkin layak untuk dijadikan pilihan. Rakata adalah aplikasi atau platform baca online dari penerbit Mizan. Termasuk aplikasi baru karena dikembangkan di tahun 2020.

Kamu perlu membeli buku keluaran Mizan terlebih dahulu agar bisa membacanya. Sebelum membeli, kamu bisa membaca teaser berupa beberapa halaman awal. Cara membeli buku di Rakata yaitu dengan mengisi saldo poin lewat transfer bank atau e-wallet.

Nah, banyak kan aplikasi pembaca ebook terbaik yang bisa kamu unduh? Tidak perlu semua aplikasi, cukup pilih salah satu yang kamu anggap paling baik. Sekarang kamu bisa membaca buku digital dari HP Android kapan saja dan di mana saja.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment