Instagram Shopping untuk promosi produk

Cara Menggunakan Instagram Shopping untuk Promosi Produk

Techs Bright

Tahukah Anda, Instagram Shopping untuk promosi produk bisa efektif dalam memasarkan barang dagangan Anda? Sejak fiturnya rilis, Anda bisa mulai mempromosikan berbagai macam produk melalui Instagram. Menariknya, pangsa pasarnya pun meningkat pesat. Namun sebelum mengaplikasikan fitur ini, Anda harus membuat Instagram bisnis dan menggunakannya.

Jika Anda seorang pebisnis, adanya platform berbasis foto dan video tentu akan sangae menguntungkan. Apa lagi jika jumlah penggunanya sangat tinggi, sehingga Anda akan berusaha memanfaatkan fitur ini semaksimal mungkin.

Di sini, Instagram Shopping hadir untuk membantu Anda dalam memasarkan produk Anda melalui platform berbasis foto dan video. Simaklah penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk bisnis keluaran grup Meta ini.

Apa itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping merupakan satu di antara fitur yang terdapat dalam platform Instagram yang memungkinkan Anda untuk berbelanja dengan lebih mudah di media sosial layaknya e-commerce. Menariknya, fitur ini juga dapat Anda akses melalui halaman pencarian, sehingga Anda tak perlu meninggalkan aplikasi Instagram untuk berbelanja.

Bagi pebisnis, fitur Instagram Shopping ini tentu akan sangat berguna. Anda hanya perlu membuat akun bisnis dan membuat katalog produk yang tersusun rapi di feed Anda. Selain itu, di sana juga tersedia fitur untuk memosting story yang juga dapat membantu untuk menambahkan jangkauan penawaran produk Anda.

Manfaat Instagram Shopping

Sejak rilis, Instagram Shopping menawarkan beberapa manfaat. Apa saja?

1. Konsumen lebih mudah menemukan produk

Dengan menggunakan Instagram Shoping untuk promosi produk, para pemilik bisnis tinggal mengirimkan konten mengenai produk yang mereka jual di platform tersebut. Meski demikian, mereka juga perlu memilih produk yang mereka pasarkan sehingga sesuai dengan pangsa pasar konsumen yang mereka sasar. Hal itu perlu untuk mereka lakukan agar engegement rate atau tingkat jangkauan akun bisnis dapat meningkat dengan lebih pesat.

Selain kemudahan yang developer berikan untuk produsen, kemudahan juga hadir untuk konsumen. Di sini, para calon konsumen hanya perlu meihat katalog atau etalase produk Anda yang dapat mereka akses dengan sangat mudah melalui profil bisnis Anda. Dengan demikian, potensi closing produk Anda di Instagram Shopping akan lebih besar.

2. Memudahkan penyampaian informasi terkait produk ke konsumen

Tidak hanya memberikan kemudahan pada konsumen untuk menemukan produk, lebih dari itu, fitur ini juga menawarkan kemudahhan dalam penyapaian informasi mengenai produk yang Anda tawarkan. Setelah melihat produk yang Anda jejerkan di katalog, ketika mereka tertarik, konsumen hanya perlu menekan katalog tersebut untuk melihat detail barang lebih lanjut, seperti harga, kualitas, bahan pembuatan, dan informasi lainnya mengenai produk yang Anda tawarkan.

3. Memperluas Jangkauan bagi Konsumen

Untuk mulai berbelanja di Instagram, cara yang perlu Anda lakukan sejatinya cukup gampang. Anda cuma perlu masuk ke dalam menu ‘Shop’ dengan mengklik ikon berbentuk tas yang ada di sebelah fitur reels Instagram. Hanya dengan satu kali kli, maka berbagai barang dan produk dari toko-toko onlie akan langsung muncul.

Kenapa langkah itu diterapkan? Tujuanya tidak lain adalah agar pemilik bisnis punya kesemaptan besar untuk bisa menjangkau konsumen lebih luas dengan target audience lebih banyak dengan menggunakan fitur Instagram Shopping.

Dengan kemudahan Instagram Shopping untuk promosi produk, calon konsumen bisa melihat produk yang termuat dalam katalog Anda di Instagram bahkan sebelum mereka mengikut akun Instagram bisnis yang Anda miliki. Meski pihak Instagram tidak memberikan bocoran, namun secara tidak langsung Anda bisa mengecek pola algoritmanya, bahwa produk yang sering muncul di halaman adalah produk yang sering Anda sukai atau sering Anda ikuti dari aktivitas Instagram.

4.  Closing rate makin meningkat dengan menggandeng influencer

Tidak dapat dipungkiri, influencer merupakan satu di antara cara yang cukup efektif dalam mempromosikan produk dagang milik Anda. Oleh sebab itu, maka tidak heran banyak produses mencoba menggaet selebgram untuk mempromosikan produk mereka.

Nah, melalui Instagram Shopping, Anda juga dapat menggunakan cara itu, bahkan lebih mudah karena ini bersifat bisnis. Ada fitur Instagram Shopping for Creators yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat tagging yang bisa langsung mengarah pada produk dagangan milik Anda.

Anda bisa bekerja sama dengan para kreator konten di Instagram untuk mempromosikan poduk Anda. Dengan cara itu, konsumen yang tertarik bisa saja langsung mengarah ke produk Anda melalui konten yang dibuat si kreator. Mereka cukup mengklik tombol tag, maka dengan segera sampai pada infomasi lengkap mengenai produk yang Anda tawarkan.

Pada Instagram Shopping untuk promosi produk juga Anda dapat melihat insight dari konten yang berisi iklan tersebut. Apa keuntungannya? Anda dapat menganalisis apakah iklan yang Anda sebarkan melalui kerja sama dengan influencer itu optimal atau tidak. Namun sayangnya, fitur ini hanya berlaku untuk para influencer yang memiliki akun bisnis.

5. Memperluas Jangkauan

Keuntungan lainnya dalam menggunakan Instagram Shopping untuk promosi produk adalah memperluas jaringan. Ketika seorang pemilikk bisnis menggunakan fitur tersebut, maka dia juga bisa menyampaikan produk baru yang keluar kepada pengikut di akun instagram mereka.

6. Terdapat Fitur Menyimpan

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan produk ini adalah Anda dapat menyimpan produk yang ingin Anda beli. Hal itu tentu sangat berguna mengingat tidak semua orang punya banyak waktu untuk mencari produk incaran mereka.

7. Promosi Produk yang Gampang

Anda dapat melakukan promosi produk yang mudah melalui fitur Shopping di Instagram.  Menariknya, Anda tidak hanya terpaku melakukan promosi dengan format foto, melainkan juga video dan teks di fitur ini.

Syarat Instagram Shopping

Sebelum menggunakan Instagram Shopping untuk promosi produk, ada beberapa syarat yang perlu Anda penuhi, yakni sebagai berikut.

  1. Lokasi atau area bisnis yang Anda jalankan harus sudah mendapat support dan akses oleh Instagram Shopping.
  2. Produk yang Anda jual ke konsumen harus memenuhi syarat yang Instagram Shopping tetapkan.
  3. Mematuhi kebijakan transaksi Instagram Shopping.
  4. Gunakan juga website untuk mengembangkan bisnis Anda melalui Instagram Shopping.

Cara Menggunakan Instagram Shopping untuk Promosi Produk

Berikut ini adalah cara yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan Instagram Shopping guna mempromosikan produk, sebagai berikut:

1. Mengaktifkan akun bisnis

Pastikan Anda telah mendaftar di Instagram dan mengaktifkan akun bisnis atau kreator. Fitur tersebut tidak bisa Anda gunakan di akun Instagram pengguna nonbisnis

2. Membuat Website

Langkah ini tidak kalah penting, karena selain memperluas jangkauan, juga berpotensi meningkatkan penjualan Anda melalui fitur bisnis Instagram ini.

3. Buat Halaman Facebook, Tambahkan Katalog Produk, dan Hubungkan

Karena Instagram dan facebook saling berkaitan, maka menggunakan fitur bisnisnya pun Anda disarankan menggunakan halaman facebook dan bisa menempatkan katalog produk Anda. Setelahnya, Anda tinggal menghubungkan katalog tersebut dan menunggu peninjauan dari pihak Instagram.

4. Mengaktifkan Fitur Shopping dan Tambahkan Label

Setelah pihak Instagram menyetujui permintaan Anda, maka Anda sudah bisa mengaktifkan fitur shopping ini. Jika sudah aktif, Anda tinggal menambahkan label di produk yang Anda promosikan melalui Instagram Shopping.

Nah, itu tadi cara menggunakan Instagram Shopping untuk promosi produk yang bisa Anda lakukan dengan gampang. Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, apakah Anda tertarik mencoba fitur Instagram ini? Yuk, coba!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment