twitter tidak bisa verifikasi nomor

Twitter tidak Bisa Verifikasi Nomor? Begini Cara Mengatasinya

Techs Bright

Aplikasi X atau yang sebelumnya kita kenal dengan Twitter terus meningkatkan keamanannya dengan metode autentikasi. Di antara caranya adalah dengan melalui verifikasi ke nomor telepon. Lalu bagaimana jika Twitter tidak bisa verifikasi nomor? Anda jangan bingung, sebab ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah masuk ke X ini. Selain itu, Anda juga bisa log in Twitter tanpa harus verifikasi nomor. Simaklah penjelasan berikut!

Penyebab Twitter tidak Bisa Verifikasi Nomor

Keamanan akun Twitter Anda akan terjamin ketika mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor. Fitur ini punya berbagai macam pilihan autentikasi, di antaranya pesan teks. Jika pengguna mengaktifkan pesan teks, maka tentu mereka memerlukan nomor HP untuk menerima SMS kode verifikasi. Akan tetapi, sebagian pengguna justru mengalami kendala tidak bisa verifikasi, sehingga banyak yang mengeluhkan masalah tersebut. Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengatasinya, kita mesti harus mengetahui apa penyebab Twitter gagal verifikasi nomor. Berikut adalah beberapa penyebab Twitter tidak bisa Verifikasi Nomor ponsel Anda:

1. Permasalahan Twitter

Twitter atau yang kini kita kenal dengan platform X memang sering mengalami masalah, terutama pada bagian server. Tidak jarang Anda akan menemukan adanya bug pada Twitter sehingga kode verifikasi SMS verifikasi dari Twitter terkena delay akibat masalah server.

2. Akun Pernah Kena Suspend

Jika Twitter tidak bisa verifikasi nomor, bisa jadi sebelumnya akun Twitter Anda pernah kena suspend atau banned. Hal itu karena pihak X telah menadai akun Anda sehingga mereka tak lagi mengiirmkan kode verifikasi tersebut.

3. Punya 2 Akun

Memang, pihak X telah mengizinkan pengguna menggunakan dua akun atau lebih. Sayangnya, Anda tidak bisa memiliki dua akun dengan menggunakan dua nomor yang sama di Twitter. Jika itu kamu lakukan, maka secara otomatis Twitter tidak bisa verifikasi nomor telepon Anda. Kenapa demikian? Alasannya, karena nomor tersebut sudah Anda gunakan pada akun lain, sehingga akan terdeteksi adanya duplikasi nomor HP.

Cara Mengatasi Twitter Gagal Verifikasi

Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi Twitter tidak bisa verifikasi nomor telepon Anda. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menangani masalah Twitter tidak bisa kirim kode verifikasi.

1. Tunggu Beberapa Saat

Seperti yang telah dijelaskan di atas, salah satu penyebab masalah ini adalah bug pada server Twitter. Jika itu merupakan masalahnya, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat – bisa jam bahkan hari –sampai sistem membaik. Jika sudah kembali normal, Anda bisa kembali mencoba untuk verifikasi nomor telepon melalui platform X  ini.

2. Ubah Sandi

Mengubah kata sandi juga dapat mengatasi gagalnya verifikasi nomor pada akun Twitter Anda. Langkah yang perlu Anda ikuti, antara lain:
  • Buka menu Pengaturan dan Privasi di Twitter Anda.
  • Pilih opsi Akun Anda.
  • Ketuk Ubah Kata Sandi Anda.
  • Masukkan kata sandi lama.
  • Masukkan kata sandi baru.
  • Konfirmasi kata sandi baru.
  • Ketuk Perbarui Kata Sandi.
  • Tunggu beberapa saat.
  • Selesai!

3. Pakai Satu Akun Saja

Karena menggunakan lebih dari satu akun menimbulkan potensi duplikasi nomor telepon, ada baiknya itu Anda hindari. Gunakan satu akun saja. Jika pun masih punya, cobalah untuk log out atau sekalian Anda hapus agar mengurangi potensi adanya duplikasi.

4. Restart HP

Ini merupakan cara yang cukup mudah untuk menangani masalah pada Twitter tersebut. Bisa jadi masalahnya ada para perangkat Anda sendiri, sehingga restart HP bisa Anda coba. Sebab, dengan kondisi HP yang panas atau eror, SMS verifikasi bisa jadi juga terhambat.

5. Ganti Nomor HP

Cara lainnya untuk menangani Twitter gagal verifikasi nomor adalah dengan menggunakan nomor HP baru. Perubahan nomor ponsel bisa mengatasi Twitter tidak bisa verifikasi nomor asalkan Anda menggunakan nomor yang belum terdaftar ke akun manapun.

6. Ajukan Banding

Ini bisa jadi langkah terakhir yang perlu Anda lakukan ketika gagal verifikasi nomor di Twitter. Cobalah ajukan banding melalui kontak dukungan Twitter. Adapun langkahnya adalah, sebagai berikut:
  • Buka alamat help.twitter.com/id/forms.
  • Pilih opsi Masalah akun. Klik Akun Dikunci dan Ditangguhkan.
  • Pastikan Anda login menggunakan akun yang memiliki kendala atau yang ingin Anda perbaiki.
  • Pilih perangkat antara komputer atau smartphone sesuai keadaan masalah yang Anda.
  • Jelaskan secara rinci masalah Anda. Misalnya, kode verifikasi SMS tidak terkirim nomor kontak, gagal verifikasi, dan lain sebagainya.
  • Isikan nama panjang.
  • Klik Lanjutkan.
  • Tunggu balasan dari Twitter.
  • Selesai
Demikianlah penjelasan cara mengatasi Twitter tidak bisa verifikasi nomor telepon. Semoga cara ini dapat membantu Anda untuk memulihkan akun X. Selamat mencoba.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment