mengatasi instagram follow sendiri

Mengatasi Instagram Follow Sendiri, Waspadai Penyebabnya

Techs Bright

Ketika menggunakan instagram, beberapa pengguna merasa heran karena tiba-tiba mengikuti banyak akun. Jika jumlah following Anda semakin banyak tanpa Anda sadari, Anda harus segera mengatasi Instagram follow sendiri. Apa lagi jika Anda merasa tidak pernah mengikuti akun-akun tersebut dalam beberapa waktu terakhir.

Artikel ini akan membahas kenapa following bisa bertambah dengan sendirinya serta bagaimana cara mengatasinya. Simaklah sampai selesai.

Penyebab Instagram Follow Sendiri

Jumlah  following akun Instagram akan bertambah ketika pemilik akun mengikuti atau mem-follow akun lainnya. Jadi, selama Anda tidak folllow akun lain, maka jumlah following Anda akan tetap sama. Apa lagi, Instagram juga tidak punya setting auto-follow, yang memungkinkan Anda mengikuti akun lainnya secara random.

Dengan kondisi itu, ketika folllowing bertambah sendiri tentu membuat Anda heran. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang mungkin jadi penyebab IG follow sendiri, antara lain:

1. Akses ke Third-Party Apps

Salah satu penyebab follow sendiri adalah memberikan akses Instagram kepada third party apps. Sebagai pemilik akun, bisa jadi Anda lupa telah menyambungkan aplikasi pihak ketiga ke Instagram Anda.

Bila izin telah Anda berikan, maka third-party apps dapat dengan bebas mengakses akun pribadi Anda. Namun, itu tergantung izinnya. Misalnya, aplikasi pihak ketiga bisa memperbarui profil, mengakses Direct Message, atau bahkan menambah following Instagram Anda.

Dampak third party apps ini tak hanya following Instagram saja yang bertambah. Lebih buruk lagi, Instagram juga bisa menandai akun sebagai spam, sehingga berpotensi pebatasan hingga penangguhan. Sangat merugikan, bukan?

2. Akun Instagram Terkena Hack

Penyebab selanjutnya yang mungkin terjadi adalah akun Instagram Anda kena hack sehingga following bertambah sendiri. Para hacker tak cuma menyerang keamanan website, melainkan juga keamanan akun media sosial termasuk Instagram.

Para hacker bisa mendapatkan akses akun IG Anda tanpa izin, lalu memanfaatkannya untuk hal-hal terlarang. Dalam jangka panjang, kondisi ini tak hanya berdampak pada akun IG Anda, melainkan juga data-data pribadi Anda.

3. Sistem Instagram Sedang Error

Sistem digital mengalami eror bisa saja terjadi, tidak terkecuali Instagram. Bug pada sistem juga bisa menjadi celah sehingga instagam mengikuti orangtanpa Anda sadari.

Cara Mengatasi Instagram Follow Sendiri

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi Instagram follow sendiri. Berikut metodenya:

1. Periksa Akses Third-Party Apps

Tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi IG follow sendiri adalah dengan memeriksa aplikasi pihak ketiga. Jika terbukti menjadi masalahnya, Anda bisa menghilangkan akses third party apps tersebut untuk membuat akun lebih aman. Berikut langkahnya:

  • Login ke akun Instagram.
  • Masuk ke laman profil.
  • Pilih Settings lalu pilih Security.
  • Klik Apps and Websites. DI sana Anda akan menemukan apa saja aplikasi yang sedang aktif di akun Instagram tersebut.
  • Hapuslah akses third-party apps.
  • Selesai!

2. Ganti Password dan Username

Jika Anda khawatir akun IG kena retas, cobalah untuk mengganti username dan password-nya. Langkah ini bisa mengatasi Instagram follow sendiri akibat peretasan hacker. Jika Anad masih bisa login ke Instagram, caranya bisa Anda lakukan dengan langkah berikut:

  • Login ke Instagram.
  • Masuk ke Profile.
  • Pilih Settings.
  • Pilih Security dan pilih Password.
  • Silakan ganti Password dan konfirmasi.
  • Tekan Save.
  • Selesai!

3. Aktifkan Fitur Two-Factor Authentication

Menerapkan autentikasi dua faktor dapat membantu meningkatkan akun Instagram Anda dan mencegah Instagram follow sendiri. Dengan menyalakan fitur ini, Anda akan mendapat notifikasi setiap ada yang mencoba mengakses akun Instagram Anda. Dengan demikian, Anda bisa memilah apakah akses masuk IG tersebut Anda kenali atau tidak.

Untuk mengaktifkannya, berikut langkah-langkahnya:

  • Login ke Instagram.
  • Klik Profile dan pilih Settings.
  • Pilih Security,
  • Klik Two-Factor Authentication.
  • Pilih Security Method.
  • Selesai!

Dengan menerapkan autentikasi dua langkah, keamanan akun instagram Anda akan meningkat lebih baik.

4. Terapkan Akun Privat

Mengaktifkan fitur privat juga dapat membantu mengamankan akun Instagram Anda dan mencegah auto-follow. Anda tinggal masuk ke menu Profil dan mengatur privasi, sehingga akun Anda jadi privat .

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi Instagram follow sendiri. Semoga setelah ini akun Instagram Anda lebih aman dan terjaga.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment