bahasa komputer yang wajib dikuasai programmer

Bahasa Komputer yang Wajib Dikuasai Programmer

Techs Bright

Jika Anda tertarik bekerja di bidang IT, Anda harus punya skill mumpuni, termasuk bahasa komputer yang wajib dikuasai programmer. Tentu ini akan menunjang karier Anda ke depan, khususnya sebagai seorang Backend Developer.

Secara umum ada 8 bahasa pemrograman yang perlu Anda ketahui dan kuasai. Semuanya akan kita bahas di sini!

Bahasa Komputer yang Wajib Dikuasai Programmer

Adapun 8 bahasa pemrograman harus Anda kuasai, adalah sebagai berikut.

1. Java

Java adalah bahasa untuk programmer yang bertujuan untuk membuat aplikasi dan website yang andal. Lebih lanjut, bahasa pemrograman Java ini memerlukan keamanan tinggi untuk menjaga keamanan data.

Java menjadi bahasa pemrograman yang serbaguna dan bisa Anda pakai dalam banyak platform digital, termasuk handphone dan komputer. Lebih lanjut, Java juga punya kelebihan untuk pengembangan web dan perangkat lunak sebab kemampuan agnostik sistem operasinya.

Di sisi lain, dengan banyak kelebihan tersebut, Java memiliki kekurangan. Adapun kekurangan bahasa pemrograman ini adalah, karena Java membutuhkan banyak memori untuk menjalankan program tersebut.

2. JavaScript

Selanjutnya adalah Java Script yang lebih dinamis untuk para pemula. Anda bisa pakai JavaScript untuk pengembangan game, web, dan lainnya karena proses penyajiannya yang mudah.

Bahasa pemrograman JavaScript punya kelebihan dalam pengembangan back-end. Termasuk juga di dalamnya, sintaks skrip sederhana dan fitur validation form. Maka tidak heran jika program JavaScript memungkinkan terhubung dengan browser untuk memvalidasi informasi.

Akan tetapi, bahasa komputer ini juga punya kekurangan. Kekurangan Java Script adalah bisa jadi lambat untuk operasi sistem yang cukup kompleks. Apa lagi tidak semua web browser bisa mendukung JavaScript.

3. SQL

SQL (structured query language) merupakan salah satu bahasa komputer yang wajib dikuasai programmer. Ini merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan query atau permintaan data dalam menerima informasi dari database.

Programmer sering pakai SQL untuk menjalankan tugas-tugas organisasi yang membantu software berjalan ketimbang membuat pondasi fitur-fiturnya. Selain itu, SQL juga punya kelebihan dalam hal berinteraksi dengan data. Misalnya, dalam hal menarik informasi akun pengguna saat mereka perlukan.

Namun demikian, SQL juga memiliki kekurangan. Kelemahannya adalah, seringkali muncul ketidakcocokan dalam bahasa pemrograman dan cuma cocok untuk bahasa .NET saja.

4. C#

C# merupakan bahasa pemrograman backend yang dapat beroperasi di berbagai jenis komputer. Biasanya, backend Developer akan menggunakan bahasa ini untuk merancang struktur internal laman web. Selain itu, programmer juga akan menghubungkan interaksi klien dengan interaksi server untuk program yang berfungsi penuh.

Kelebihan C#, di antaranya sangat beragam dan memiliki stabilitas yang baik. Maka tidak heran jika bahasa komputer ini menjadi pilihan yang andal untuk pengembangan web dan software.

Meskipun demikian, C# juga punya kekurangan. Adapun kekurangannya dalah pada bagian static typing language yang tidak cepat untuk quick prototyping.

5. Go atau Golang

Ini merupakan bahasa pemrograman open source yang relatif serbaguna dan mudah untuk Anda pahami. Banyak Developer yang menggunakan bahasa Golang ini karena lebih sederhana. Go punya kelebihan dalam meningkatkan kemampuan Anda sebagai programmer.

Namun di sisi lain, bahasa pemrograman Golang ini juga punya kekurangan. Utamanya, dalam variasi framework dan interface Go yang terlalu implisit.

6. PHP

PHP (hypertext preprocessor) akan berguna dalam fungsionalitas sisi server. Selain itu, PHP juga sangat berguna dalam pengiriman dan konfirmasi kode pemrograman lebih mudah. Lebih mudahnya lagi, Anda dapat menempatkan kode PHP ke dalam HTML.

Manfaat lain dari hypertext preprocessor adalah membantu dalam pemula melihat hasil pekerjaannya dengan pengkodean backend. Akan tetapi, PHP punya kekurangan dalam hal keamanan data yang kurang terjamin. Ya, mudah kena retas.

7. Ruby

Ruby dapat memfasilitasi pemrograman yang berorientasi pada objek, fungsional, dan prosedural. Maka tidak heran jika Ruby cocok untuk berbagai jenis masalah pemrograman yang akan programmer atasi.

Lebih lanjut, Ruby juga merupakan bahasa pemrograman yang mudah untuk Anda pelajari. Itu juga yang membuat ini merupakan pilihan yang baik untuk pemula di dunia backend developer.

Namun, kelaman Ruby juga ada. Kekurangannya adalah sulit untuk kolaborasi serta performa yang cenderung lebih lambat ketimbang yang lainnya.

8. Python

Python merupakan bahasa komputer yang wajib dikuasai programmer. Bahasa pemrograman ini berorientasi objek dan fokus pada manipulasi objek yang berisi data-data. Python sejatinya adalah bahasa sederhana dengan sintaksis sederhana yang membuatnya mudah untuk Anda baca.

Dengan Python, programmer bisa menggunakan kerangka kerja open source Django untuk membuat software yang dapat dengan skala lebih mudah. Sayangnya, kekurangan Python adalah desain yang terbatas, kecepatan, dan dukungan multiprocessor yang masih minim.

Itulah tadi 8 bahasa komputer yang wajib dikuasai programmer. Pastikan Anda memahaminya sebelum lebih lanjut menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment