11 Cara Menggunakan Google Penelusuran Secara Efektif

11 Cara Menggunakan Google Penelusuran Secara Efektif

Beberapa orang mungkin tidak tahu cara menggunakan Google Penelusuran secara efektif, tetapi untuk memahaminya itu sangat penting,  supaya bisa memaksimalkan pencarian Anda untuk informasi di Internet.

Setidaknya, ada 11 cara untuk bisa menggunakan Google Search secara efektif yang perlu Anda ketahui, apa saja itu? Dirangkum dari berbagai macam sumber, detailnya ada di bawah ini:

11 cara untuk bisa menggunakan Google Search secara efektif

1. Gunakan tanda kutip (“…”)

Penggunaan tanda kutip berguna untuk menemukan kalimat dengan kata dan urutan yang sama seperti yang kita tulis. Misalnya kita mencari kalimat: “Ilmu komunikasi menurut Daddy Muljana”, maka hasil pencarian yang akan keluar hanya yang berisi kalimat-kalimat dengan urutan yang sama dengan yang kita tulis.

2. Gunakan tanda hubung (-) berfungsi untuk mengecualikan kata

Penggunaan tanda hubung di sini dapat digunakan ketika kita ingin mencari sesuatu, dan dalam pencarian kita ingin mengecualikan sebuah kata. Misalnya ketika kita ingin mencari burung Phoenix, dimana Phoenix adalah sebuah kota di Arizona. Supaya pencarian kita tidak berisi kota di Arizona, kita dapat mengetik di Google seperti ini: Phoenix – Arizona

Baca Juga :  Fitur Cepat Hapus Riwayat Penelusuran Google Mulai Diluncurkan Untuk Pengguna Android

3. Gunakan dua titik (:) untuk mencari lokasi tertentu saja

Mungkin ada saatnya Anda perlu menggunakan Google Penelusuran untuk artikel atau konten di situs web tertentu. Di sinilah usus besar kita masuk. Contohnya adalah sebagai berikut:

Jika kita ingin tahu tentang pebulu tangkis Indonesia Gracia Polly, hanya di Wikipedia. Apa yang kami tulis di Google Penelusuran: Greysia Polii situs: wikipedia.org

4. Gunakan tanda bintang (*) untuk mencari kalimat dengan beberapa kata yang hilang

Ada saatnya ketika Anda mendengar lagu yang bagus di mal dan Anda ingin tahu tentang apa lagu itu. Selain menggunakan aplikasi, Anda juga dapat mengetikkan lirik lagu yang Anda gunakan di kotak pencarian Google. Lagunya kurang jelas? Tidak apa-apa! Cukup masukkan kata-kata yang Anda dengar dan beri tanda bintang untuk setiap kata yang tidak dapat Anda dengar.

Contoh: Ayo *segera* saya

Hasil pencarian yang akan keluar adalah: Lagu The Beatles dengan lirik Come together, now now, over me

5. Cari beberapa topik pencarian sekaligus

Pencarian Google sebenarnya sangat fleksibel. Kita bisa mencari dua topik sekaligus dalam satu pencarian. Misalnya, ketik dengan cara ini :”Cara terbaik untuk mempersiapkan wawancara kerja” ATAU “Cara mempersiapkan wawancara kerja”.

Mencari dengan cara ini, Anda akan menemukan dua kalimat persis seperti yang tertulis. Ini bisa dilakukan dengan kata-kata, misalnya: Cokelat ATAU Cokelat Putih. Contoh seperti itu akan mencari halaman yang memiliki cokelat atau cokelat putih!

6. Temukan kisaran angka

Tip ini mungkin tidak digunakan oleh banyak orang, tetapi menggunakannya pasti akan membuat Anda merasa sangat berguna. Pada dasarnya, Anda menggunakan titik dua dan angka untuk memberi tahu pencarian Google bahwa Anda sedang mencari rentang angka. Contoh: Pemenang Piala Dunia ..2010

Baca Juga :  Discord Mulai Menguji Integrasi YouTube Beberapa Minggu Setelah Google Mematikan Bot Musik

Hasil pencarian di atas hanya akan memuat pemenang Piala Dunia 2010 dan tidak akan mengungkapkan pemenang Piala Dunia sebelum atau sesudah 2010.

7. Carilah hal-hal sederhana

Pencarian Google dapat digunakan untuk mencari banyak hal, bahkan hal yang paling sederhana sekalipun. Misalnya: Tempat pizza terdekat

Pencarian Google akan mengungkapkan lokasi Anda dan mengembalikan hasil yang berbeda untuk tempat pizza di dekat Anda.

8. Cari situs serupa

Google dapat digunakan untuk mencari situs serupa. Ketik “related:” di depan halaman yang ingin Anda cari. Contoh terkait: digitaltrends.com

9. Gunakan kata kunci

Jangan melakukan pencarian Google untuk kalimat seperti saat berbicara dengan teman. Misalnya, Anda bertanya-tanya di mana menemukan pizza terdekat dengan tempat Anda sekarang. Gunakan hanya kata kunci (keywords), gunakan hanya kata kunci yang relevan dengan pencarian. Contoh: tempat pizza terdekat

10. Ejaan benar-benar tidak masalah saat Anda menggunakan Google Penelusuran

Bahkan jika kita salah mengeja, mesin pencari Google cukup pintar untuk menebak arti dari kalimat yang kita berikan. Trik ini datang kepada kita ketika kita sedang mencari bahasa asing, kita mungkin lupa ejaannya.

11. Konversi dengan mudah

Penelusuran Google dapat dengan cepat dan akurat mengonversi satuan pengukuran dan nilai mata uang. Berikut adalah contoh untuk digunakan:

  • Masuk di pencarian Google: 10.000 WON to IDR Rp
  • Maka kita akan langsung mengetahui berapa rupiah untuk 10.000 won.

Trik ini juga bisa digunakan untuk berbagai konversi satuan seperti jarak tempuh dan lainnya.

Nah, apakah sekarang Anda sudah tidak bingung lagi bagaimana menggunakan Google Search secara optimal? Semua tugas yang dimudahkan dengan menggunakan Google Search dapat diselesaikan dengan cepat.