Menkominfo Serukan Matikan TV Analog Sesuai Jadwal

Menkominfo Serukan Matikan TV Analog Sesuai Jadwal

Menkominfo Matikan TV Analog. Shutdown TV Analog atau Analog Switch Off (ASO) tidak akan ditunda atau tepat pada jadwal yang telah ditentukan.

Kepastian itu ditegaskan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Bapak Johnny G. Plate saat di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Senin (28/3/2022).

TV Digital masih on track, dengan tahap pertama Analog Switch Off dilaksanakan pada 30 April mendatang,” kata Menkominfo.

Saat ini Kominfo bersama penyelenggara multiplexing (mux) telah mendistribusikan dekoder TV digital secara gratis kepada rumah tangga miskin mulai 15 Maret dan selesai  sesuai harapan pada 30 April 2022.

Dari perkiraan 6,7 juta dekoder gratis untuk rumah tangga miskin, 3,2 juta didistribusikan ke ASO tahap pertama.

“Pendistribusian yang sedang berlangsung dibagi menjadi tiga tahap, area pertama sedang berlangsung. Jadwalnya pada 30 April nanti akan dilakukan shutdown pada area yang ditentukan dan didistribusikan set-top box yang mana nantinya siaran tv analog akan dimatikan dan digital dihidupkan, jadi komunitas layanan digital dimulai,” jelasnya.

Menkominfo juga mengingatkan masyarakat untuk bisa mengecek kembali perangkat televisinya apakah mendukung siaran TV digital atau tidak.

“Sekali lagi untuk mengingatkan masyarakat agar mengecek TV-nya apakah digital DVB T2 atau tidak. Kalau sudah, otomatis akan menerima layanan digital, kalau tidak support harus pasang dekoder set box,” tutupnya.

Shutdown TV analog akan dimulai pada 30 April 2022. Setelah itu, siaran TV analog ke TV digital tahap kedua akan dihentikan pada 25 Agustus 2022 dan terakhir pada 2 November 2022.

Baca Juga :  Microsoft Store Fix Diperbaiki di Windows 11, Fitur Pembaruan Lebih Baik