Google Rayakan HUT Indonesia Ke-77 Lewat Tradisi Balap Perahu Bertema Doodle

Google Rayakan HUT Indonesia Ke-77 Lewat Tradisi Balap Perahu Bertema Doodle

Mochamad Ikhwana

Google merayakan hari jadi Indonesia yang ke-77 pada 17 Agustus 2022, dengan doodle warna-warni yang terinspirasi dari tradisi berlayar.

Doodle yang muncul di halaman utama mesin pencari itu menunjukkan ilustrasi lima karakter mengenakan pakaian tradisional Indonesia di atas kapal.

Menurut keterangan Google, doodle tersebut dibuat oleh seniman asal Bandung, Wastana Haikal, yang ingin menunjukkan keunikan tradisi masyarakat Indonesia saat merayakan hari jadinya.

Setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki cara tersendiri dalam setiap merayakan Hari Kemerdekaan, mulai dari parade, karnaval, marching band sampai berbagai macam perlombaan.

Selain itu, umumnya semua rumah di Indonesia akan dihiasi dengan bendera merah putih dan dekorasi dengan warna yang sama.

Upacara pengibaran bendera yang dihadiri Presiden di Istana Negara juga disiarkan di televisi nasional.

Haikal sendiri menunjukkan tradisi lomba layar dalam doodle-nya.

Ia menyoroti Catwalk Festival 2022 yang digelar di Sungai Batang Kuantan, Provinsi Riau.

“Setelah pertunjukan lagu dan tarian, lebih dari 100 perahu yang di hias mendayung menyusuri Sungai Batang Kuantan. Awak hingga 60 orang mengenakan kostum tari tradisional saat penonton berkumpul di tepi sungai,” tulis Google di laman official doodles hari ini, Rabu (17/8/2022).

Sebagai bangsa bahari, Festival Pacu Jalur merupakan salah satu dari sekian banyak tradisi yang mengajarkan pentingnya kerja sama tim.

Pesan tersebut sejalan dengan semboyan nasional Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

Seperti diketahui, pengguna Indonesia bisa mengklik ikon scribble.

Anda akan menerima semua berita atau artikel yang berkaitan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment