Cara Login Google Bisnisku atau Google My Business

Saat ini sejumlah klien dapat diperoleh melalui internet, hingga saat ini internet menjadi salah satu prioritas utama bagi pemilik bisnis. Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk memaksimalkan kinerja internet di dunia bisnis.

Dan salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan bisnis online Anda adalah Google Bisnisku atau Google My Business (GMB). Beberapa dari Anda mungkin sudah familiar banget dengan alat dari google satu ini.

Google Bisnisku memiliki fitur-fitur yang bermanfaat, dengan fitur-fitur yang dikandungnya Anda dapat dengan mudah menarik calon pelanggan melalui berbagai informasi bisnis yang Anda tampilkan di sana.

Lalu apa saja fitur dari Google Bisnisku? Dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kemajuan bisnis? Jangan khawatir, kami akan menjelaskannya kepada Anda satu per satu dan kami akan membahasnya mulai dari, apa itu Google Bisnisku?

Apa itu Google Bisnisku atau My Google Business?

Google Bisnisku adalah salah satu alat Google yang dapat Anda gunakan untuk mengelola tampilan bisnis Anda, sehingga muncul di halaman pencarian Google dan di Google Maps. Pernahkah Anda membuka bisnis di pencarian Google dan itu menunjukkan semua informasi tentang bisnis dari alamat, peta, jam buka, situs web, dll?

Anda sekarang bisa mendapatkan tampilan bisnis anda dengan menggunakan Google Bisnisku atau My Google Business. Dengan alat ini, Anda dapat mengisi informasi rinci tentang bisnis Anda.

Tujuannya adalah untuk menginformasikan calon pelanggan Anda tentang informasi bisnis Anda ketika mereka melakukan pencarian di mesin pencari Google. Dan yang ditampilkan tidak hanya informasi berupa alamat, jam buka, peta. Anda juga bisa mendapatkan ulasan langsung dari pelanggan Anda di Google Bisnisku.

Baca Juga :  Google dan Youtube Tidak Ada di Website Kominfo, Kenapa Tidak Diblokir?

Ulasan ini akan berdampak positif pada bisnis Anda. Karena dengan begitu akan menarik perhatian calon pelanggan Anda ketika mereka mengetahui tentang bisnis Anda.

Manfaat Google Bisnisku atau My Google Business

Jika Anda masih tidak yakin tentang menggunakan Google Bisnisku, lihat beberapa manfaat yang kami temukan di alat Google Bisnisku.

Bisnis Lebih Mudah Ditemukan

Salah satu manfaat terbesar dari Google Bisnisku adalah akan lebih mudah bagi calon pelanggan untuk menemukan bisnis Anda. Karena ketika pelanggan mencari bisnis Anda di Google, pencarian akan menampilkan berbagai informasi seperti alamat, jam buka, kontak, dan situs web.

Sekarang, berdasarkan informasi ini, calon pelanggan ini akan menggunakan Google Maps untuk menunjukkan jalan ke toko Anda nanti. Tidak hanya itu, manfaat Google Bisnisku dapat meningkatkan SEO.

Saat pelanggan menelusuri bisnis Anda di Google, bisnis Anda kemungkinan akan muncul di halaman pertama penelusuran mereka. Selain itu, Google Bisnisku memiliki fitur analitik yang dapat membantu Anda menganalisis kinerja bisnis dan menerapkan strategi terbaik berikutnya.

Calon Pelanggan Lebih Mudah Mendapatkan Informasi

Calon Pelanggan Lebih Mudah Mendapatkan Informasi
Sumber Gambar: exabytes.co.id

Saat ini, banyak calon pelanggan melakukan riset online terlebih dahulu sebelum pergi ke toko untuk membeli sesuatu. Nah, tools Google Bisnisku bisa menjadi solusi untuk memberikan informasi tentang pelanggan agar mereka bisa mendapatkan informasi tentang bisnis Anda dengan lebih mudah dan detail.

Informasi yang detail akan membuat pelanggan tidak ragu lagi untuk datang langsung ke tempat kerja Anda. Misalnya, ada pelanggan yang ingin berkunjung atau datang ke restoran Anda. Pelanggan menelusuri nama restoran Anda di Google dan melihat berbagai menu yang dijual, lengkap dengan harganya.

Tidak hanya informasi makanan yang disediakan, hasil pencarian juga menampilkan informasi terkait alamat dan jam buka. Kini informasi detail tersebut memudahkan calon pelanggan untuk mengenali bisnis Anda dan segera memutuskan untuk datang ke restoran Anda.

Kepercayaan Akan Tambah Meningkat

Seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan di atas, Google Bisnisku memiliki fitur review yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Dengan adanya review tersebut, terutama review positif tentang layanan bisnis positif Anda, akan lebih mudah untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan Anda. Ketika mereka melihat review di Google, mereka tidak akan ragu lagi untuk menggunakan layanan Anda atau membeli produk Anda.

Baca Juga :  Google Rayakan HUT Indonesia Ke-77 Lewat Tradisi Balap Perahu Bertema Doodle

Think With Google melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa sekitar 88% pelanggan mempercayai ulasan online, yang sama dengan merekomendasikan layanan dan produk ini kepada orang-orang terdekat.

Jadi semakin banyak ulasan positif yang bisa Anda dapatkan. Maka semakin besar peluang anda untuk mendapatkan kepercayaan dan keuntungan yang besar nantinya. Tak heran jika para penggiat bisnis online semakin memasukkan review positif sebagai salah satu cara membangun brand awareness di website.

​Cara Mendaftarkan Bisnis Dengan Google Bisnisku atau Google My Business

Untuk mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku, Anda memerlukan akun Google terlebih dahulu. Anda dapat dengan menggunakan akun Google yang ada atau membuat akun Google yang baru.

Bagaimana cara mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku? Berikut penjelasannya untuk Anda:

Langkah 1 : Masuk/Login ke akun Google Anda.

Langkah 1: Masuk/Login ke akun Google Anda
Sumber Gambar: exabytes.co.id

Langkah 2 : Setelah masuk, kunjungi Google Bisnisku dan klik tombol biru bertuliskan “Kelola Sekarang”.

Langkah 2 : Setelah masuk, kunjungi Google Bisnisku dan klik tombol biru bertuliskan “Kelola Sekarang”
Sumber Gambar: exabytes.co.id

Langkah 3 : Setelah Anda masuk, masukkan nama bisnis Anda untuk muncul di halaman pencarian nanti.

Langkah 3 – Setelah Anda masuk, masukkan nama bisnis Anda untuk muncul di halaman pencarian nanti
Sumber Gambar: exabytes.co.id

Langkah 4 : Selanjutnya, pilih kategori bisnis Anda. Misalnya, ini adalah toko pakaian dan klik Berikutnya.

Langkah 4: Selanjutnya, pilih kategori bisnis Anda. Misalnya, ini adalah toko pakaian dan klik Berikutnya
Sumber Gambar: exabytes.co.id

Langkah 5 : Sekarang masukkan alamat lengkap lokasi bisnis Anda. Nantinya alamat tersebut akan muncul di Google Maps, sehingga dapat memudahkan untuk pelanggan menemukannya.

Langkah 5 – Sekarang masukkan alamat lengkap lokasi bisnis Anda. Nantinya alamat tersebut akan muncul di Google Maps, sehingga memudahkan pelanggan untuk menemukannya
Sumber Gambar: exabytes.co.id

Dan klik Next seperti pada gambar di atas.

Dan klik Next seperti pada gambar di atas
Sumber Gambar: exabytes.co.id

Langkah 6 : Pilih Ya atau Tidak.

Langkah 6 : Pilih Ya atau Tidak
Sumber Gambar: exabytes.co.id

Langkah 7 : Tambahkan informasi kontak bisnis Anda. (Opsional) Anda dapat melewati langkah ini.

Langkah 7 : Tambahkan informasi kontak bisnis Anda. (Opsional) Anda dapat melewati langkah ini
Sumber Gambar: exabytes.co.id

Langkah 8 : Sekarang bagi Anda untuk sepenuhnya mengelola akun Google Bisnisku, diperlukan verifikasi dan cara memverifikasi Google Bisnisku sangat mudah, masukkan nama kontak dan klik tombol kirim. Silakan lihat detailnya pada gambar berikut:

Langkah 8 : Sekarang bagi Anda untuk sepenuhnya mengelola akun Google Bisnisku, diperlukan verifikasi dan cara memverifikasi Google Bisnisku sangat mudah, masukkan nama kontak dan klik tombol kirim
Sumber Gambar: exabytes.co.id

Google kemudian akan mengirimi Anda kartu pos yang berisi kode verifikasi unik. Untuk mengonfirmasi bahwa perusahaan Anda berlokasi di alamat yang ditunjukkan.

Setelah Anda mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan kepada Anda oleh Google, masa berlaku kode akan berakhir selama 30 hari. Segera masukkan kode pada halaman yang disediakan.

Baca Juga :  Discord Mulai Menguji Integrasi YouTube Beberapa Minggu Setelah Google Mematikan Bot Musik

Catatan: Pastikan alamat di Google Maps yang Anda masukkan sebelumnya akurat, sehingga kode uniknya nanti dikirim ke alamat anda

Selain mengirim kode unik melalui POS, ada metode verifikasi lain seperti telepon dan SMS, email, perekaman video, dan panggilan video langsung. Hanya dalam keadaan tertentu terkadang hanya satu metode yang muncul, seperti pada demo ini kita hanya menemukan satu metode verifikasi yaitu dengan mengirimkan kode unik melalui kantor POS.

Masukkan Kode Verifikasi Google Bisnisku atau My Google Business

Setelah Anda mendapatkan kode unik yang dikirimkan Google melalui kantor pos. Saatnya memasukkan kode, cara memasukkan kode verifikasi Google Bisnisku sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1 : Masuk ke Google Bisnisku.

Langkah 2 : Pergi ke lokasi yang ingin Anda periksa.

Langkah 3 : Klik tombol verifikasi lokasi dan cari tombol verifikasi sekarang.

Langkah 4 : Di kolom kode, masukkan kode verifikasi dalam surat yang Anda terima dari Google.

Langkah 5 : Klik kirim.

Anda telah berhasil memverifikasi dan proses verifikasi ini biasanya memakan waktu hingga 3 hari kerja, Anda dapat memeriksa secara berkala di halaman pencarian dan peta.

Sambil menunggu proses verifikasi selesai, Anda bisa mengisi informasi yang belum diisi. Setelah verifikasi selesai, segera masukkan Google maps perusahaan Anda di website.

Bagikan Informasi Bisnis Anda di Google dengan Google Bisnisku atau My Google Business

Itulah beberapa deskripsi singkat tentang Google Bisnisku atau sebagian orang menyebutnya My Google Business lengkap dengan penjelasan cara daftar akun, manfaatnya dan cara kerja Google Bisnisku.

Pada dasarnya, Google Bisnisku adalah alat gratis yang bisa Anda dapatkan untuk memudahkan Anda mengelola bisnis Anda di dunia maya. Dengan Google Bisnisku, calon pelanggan dapat dengan mudah menemukan informasi terkait bisnis seperti situs web, alamat, jam buka toko, dll.

Tidak hanya bisnis Anda mudah ditemukan di mesin pencari, tetapi situs web yang Anda tambahkan ke alat ini dapat lebih meningkatkan kinerja SEO lokal. Singkatnya, Google Bisnisku akan membantu visibilitas situs web Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.