Teknologi di Masa Depan

Perkembangan teknologi terus berkembang pesat, inovasi juga disesuaikan dengan kebutuhan manusia untuk mempermudah hidup. Saat ini, hampir untuk semua aktivitas kita sehari-hari bergantung pada teknologi. Mulai dari mencuci hingga memasak.

Kebutuhan manusia yang banyak dan terus bertambah, yang membuat para ilmuwan ikut serta dalam penciptaan teknologi baru dan canggih. Cepat atau lambat, di masa depan, semua kebutuhan akan dapat dipenuhi dengan menggunakan teknologi tercanggih.

Bahkan, pada 2022, beberapa teknologi yang sebelumnya hanya berupa konsep sudah bisa dinikmati masyarakat. Misalnya seperti ponsel dengan bodi transparan, sepatu pintar, bahkan mobil tanpa pengemudi.

Menarik, bukan? Berikut beberapa deretan teknologi canggih di masa depan yang mungkin bisa terwujud.

Teknologi Canggih Masa Depan

Nah, mau tahu apa saja teknologi masa depan tercanggih yang pernah atau akan dibuat? Lihat beberapa teknologi luar biasa yang dulunya hanya fantasi dan sekarang menjadi kenyataan:

1. Nothing Phone

Nothing Phone
Sumber Gambar: CNET

Pada tahun 2022, sebuah perusahaan teknologi asal London membuat inovasi baru pada smartphone bernama Nothing Phone 1. Tidak seperti smartphone biasa, Nothing Phone memiliki bodi transparan yang memperlihatkan bagian dalam mesin dan menggunakan rangka aluminium daur ulang.

Selain itu, kehadiran LED di belakang Nothing Phone memberikan keunikan tersendiri. Lampu LED ini diletakkan di sekitar lensa kamera, di pojok kanan atas, di tengah ponsel, dan sejajar dengan port USB C. Terdapat lebih dari 900 lampu LED yang memiliki banyak fungsi, seperti notifikasi alert, ringtone, dari panggilan masuk, dll. Sampai memberi tahu bahwa ponsel sedang diisi daya.

Baca Juga :  Teknologi Machine Learning Tidak Dapat Digunakan Untuk

2. Smartphone dengan Layar Fleksibel

Smartphone dengan Layar Fleksibel
Sumber Gambar: The Big Tech Question

Samsung memelopori teknologi masa depan ponsel fleksibel. Samsung mengembangkan Super Active Matrix Organic Light Emitting Diode (AMOLED) atau layar Super AMOLED yang dapat ditekuk dan dilipat.

Ke depan, yang akan menjadi tren bukanlah smartphone dengan bodi ramping, melainkan fleksibilitas bodi layar penuh yang memudahkan pengguna menyimpan ponselnya.

Produk ponsel canggih ini juga banyak tersedia, seperti generasi terbaru Samsung Galaxy Z Flip, Huawei Mate XS dan Motorola RAZR.

3. Handphone Hologram

Handphone Hologram
Sumber Gambar: Shutterstock

Hologram adalah teknologi yang dapat atau mampu untuk digunakan pada berbagai tujuan, seperti pendidikan, hiburan, sampai bisnis. Dengan hologram, Anda dapat melihat objek secara visual dalam 3D dan imersif tanpa harus dekat dengan objek tersebut.

Sebuah proyek menarik dilakukan dengan menggunakan teknologi hologram agar penonton dapat berinteraksi langsung dengan para penyintas Holocaust tanpa harus berada di atas panggung.

4. Sneakers Pintar

Sneakers Pintar
Sumber Gambar: Tech in Asia

Sepatu pintar ini dapat mendeteksi gerakan pemakainya, mulai dari berjalan, berlari hingga memanjat. Nantinya, sepatu pintar ini akan mengirimkan informasi seperti jarak tempuh, kecepatan dan jumlah kalori yang terbakar ke smartphone yang dipasangkan.

Canggihnya, sepatu pintar ini ditenagai oleh baterai yang mampu bertahan selama 60 hari lho.

Salah satu produk sepatu pintar yang kini bisa Anda temukan di pasaran adalah Nike Adapt BB.

5. Autonomous Car

Autonomous Car
Sumber Gambar: Knauf Industrie Automotive

Mobil self-driving, juga dikenal sebagai mobil self-driving, adalah mobil yang dapat mengangkut penumpang tanpa harus dikemudikan oleh pengemudi. Sistem ini bekerja dengan kamera sensor khusus yang mendeteksi pergerakan dan lingkungan di sekitar kendaraan.

Gambar kamera kemudian diolah dengan kecerdasan buatan untuk menentukan arah dan tujuan kendaraan. Canggih kan? Kamu bisa lihat betapa kerennya drone ini dalam video demo Tesla.

6. Hoverboard atau Akateboard Terbang

Hoverboard atau Akateboard Terbang
Sumber Gambar: Hypebeast

 

Jika ini bukan lagi masa depan, itu sudah ada dan mulai dijual di pasar. Skuter self-balancing, juga dikenal sebagai hoverboard, kini akan menjadi tren kendaraan. Hoverboard bekerja dengan secara otomatis menyeimbangkan kondisi tubuh dan navigasi Anda.

Baca Juga :  Selamat Tinggal Kemacetan! Taksi Terbang Pertama Mengudara Di Langit Jakarta

Namun pada kenyataannya, hoverboard masa depan yang diharapkan adalah perangkat seperti skateboard yang penggunaannya benar-benar tanpa roda dan dapat melayang.

Sudah ada beberapa perusahaan yang mengerjakan ini, dan mungkin kita akan melihatnya dalam waktu dekat.

7. Mesin Pelipat Pakaian

Mesin Pelipat Pakaian
Sumber Gambar: YouTube/TechCrunch

Malas melipat baju di rumah? Atau lelah dengan tumpukan cucian yang menunggu untuk dilipat? Anda tidak perlu lagi khawatir karena teknologi mesin pelipat pakaian otomatis sudah ada!

Salah satunya adalah FoldiMate, start-up San Francisco yang memproduksi mesin pelipat pakaian otomatis yang ditenagai robotika. Meski sudah ada di pasaran sejak 2019 dan mampu melipat 10-12 pakaian sekaligus. Tertarik untuk mencoba?

8. Kereta Hyperloop

Kereta Hyperloop
Sumber Gambar: Techcrunch

Hyperloop diperkenalkan oleh pendiri The Boring Company yang juga CEO Tesla dan Space X, Elon Musk.

Ambisi Elon adalah mendorong kota-kota besar memiliki moda transportasi yang cepat, aman, dan mampu mengangkut banyak penumpang. Dengan Hyperloop, 20 hingga 40 penumpang dapat diangkut dengan kecepatan 1.700 km/jam.

9. Mobil Terbang

Mobil Terbang
Sumber Gambar: CNBC

Mobil ini seperti kendaraan dalam film fiksi ilmiah. Segera Anda akan melihat perkembangan teknologi mobil masa depan mengambang di langit!

Mobil ini dapat bekerja di jalan biasa dan udara. Pengguna juga membutuhkan yaitu sertifikasi pilot yang mana fungsinya untuk memastikan keselamatan operasional mobil terbang ini.

10. Wisata Luar Angkasa

Wisata Luar Angkasa
Sumber Gambar: Forbes

Perkembangan teknologi di masa depan pada dunia luar angkasa juga sangat amat pesat. Segera Anda akan dapat menikmati perjalanan dan melihat Bulan dan Bumi dari atas kekosongan luar angkasa.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan SpaceX sedang mengerjakan ini, dan orang-orang dapat mendaftar untuk perjalanan ruang angkasa pada tahun 2019.

11. Senjata Laser

Senjata Laser
Sumber Gambar: The News International

Perkembangan teknologi masa depan di sektor militer percaya bahwa senjata laser akan menjadi senjata generasi berikutnya. Prototipe senjata laser tersebut telah terbukti mampu menghancurkan kapal-kapal kecil, menembak jatuh rudal dan drone.

Baca Juga :  Hubungan Artificial Intelligence dengan Cybersecurity

Namun senjata ini belum mampu mengubah wajah perang di dunia karena belum diproduksi dalam jumlah banyak. Laser adalah seberkas cahaya yang dapat merambat dengan kecepatan cahaya hingga 300.000.000 meter per detik.

12. Robot Tentara

Robot Tentara
Sumber Gambar: Lifeboat Foundation

Robot tentara juga diharapkan menjadi subjek perkembangan teknologi masa depan paling maju di dunia militer. Ketepatan dan perhitungan komputer, serta pengurangan korban manusia, menjadi alasan kuat bagi negara-negara seperti China dan Amerika Serikat untuk mengembangkan teknologi ini.

13. Survey Cuaca dan Pemilihan Partai dengan Artificial Intelligence

Survey Cuaca dan Pemilihan Partai dengan Artificial Intelligence
Sumber Gambar: IndianWeb2

Proyek terbaru James Bridle ingin menunjukkan bahwa kondisi cuaca mempengaruhi jumlah suara yang diberikan dalam pemilihan. Dia kemudian membangun model pembelajaran mesin untuk memprediksi hasil pemilu berdasarkan kondisi cuaca tersebut.

Acak memang, namun pada intinya, kecerdasan buatan sudah banyak digunakan dalam kehidupan nyata saat ini, meskipun penggunaannya bisa dibilang masih dalam tahap awal dan masih perlu penyempurnaan lebih lanjut di masa mendatang.

14. Mungkinkah Teleportasi Terwujud?

Mungkinkah Teleportasi Terwujud?
Sumber Gambar: Voi.id

Hingga saat ini, teleportasi hanya dapat ditemukan dalam makalah dan jurnal penelitian ilmiah dalam bentuk persamaan matematika. Namun, jika konsep matematikanya ada, teleportasi bisa menjadi perkembangan teknologi masa depan.

Teleportasi diduga karena konsep lubang cacing yang ditemukan akibat teori relativitas dan gravitasi Einstein sebagai konsep ruang dan waktu. Menariknya, ilmuwan Rusia yang bekerja untuk Vladimir Putin mengklaim sedang mengembangkan teknologi teleportasi ini dan pada kenyataannya akan membawanya ke dunia nyata. Teleportasi seperti di film Star Trek dikatakan selesai pada tahun 2035.

Itulah beberapa teknologi masa depan tercanggih yang akan dibuat dalam waktu dekat. Setiap kemajuan selalu diikuti oleh hal positif dan negatif. Namun satu hal yang pasti, kemajuan teknologi di masa depan akan membuat hidup Anda lebih mudah dan berwarna.

Leave a Comment