Yuk Ketahui Makalah Artificial Intelligence!

Kecerdasan buatan hadir sebagai salah satu bentuk kemajuan teknologi dengan fungsi mempermudah pekerjaan manusia. Perkembangannya selalu meningkat dari tahun ke tahun, maka tak heran ada banyak sekali makalah artificial intelligence setiap harinya.

Kemampuan Ajaib Artificial Intelligence

Artificial intelligence memiliki potensi besar untuk membantu segala pekerjaan manusia. Mereka memakai algoritma canggih untuk mengambil keputusan, melakukan analisis berbagai data dengan cepat, mengurangi resiko human error, dan memetakan berbagai prediksi kedepannya.

Big data merupakan volume data sangat besar dan sering menjadi titik kekhawatiran perusahaan. Tapi, artificial intelligence mampu mengatasinya. Misalnya adalah Instagram mampi mengelompokkan pengguna agar sesuai dengan target periklanan sebuah perusahaan.

Meski manusia memiliki otak yang sangat cerdas, tak jarang kesalahan kecil tetap terjadi. Contohnya adalah kesalahan penulisan. Nah, artificial intelligence mampu memperbaiki kesalahan penulisan baik menurut pengetikan, tata bahasa, sampai menulis transkrip suatu pertemuan dengan AISense.

Artificial Intelligence di Dunia Kesehatan

Kecerdasan buatan tidak hanya bermanfaat dalam beberapa bidang saja, melainkan berguna hampir di seluruh kegiatan sehari-hari. Pada dunia kesehatan, artificial intelligence membantu memanajemen data perawatan kesehatan. Mereka akan mengumpulkan hingga melacak data demi kecepatan akses.

Selain itu, melakukan analisis pada tes, CT scan, X-Ray dan lain sebagainya dapat lebih cepat dan akurat ketika dilakukan oleh robot. Sebuah startup bernama Sense.ly telah mengembangkan sebuah perawat digital bernama Molly yang bertugas untuk memantau kondisi pasien di antara kunjungan.

Baca Juga :  Teknologi Machine Learning Tidak Dapat Digunakan Untuk

Untuk dapat mengembangkan obat dengan uji klinis tentu butuh waktu lebih dari satu dekade serta biaya miliaran dollar. Namun dengan kemampuan artificial intelligence, tugas tersebut akan selesai lebih cepat dan tentunya lebih murah dengan hasil memuaskan. Sangat keren, kan?

Artificial Intelligence di Dunia Hiburan

Ternyata, kecerdasan buatan tidak hanya untuk pekerjaan serius saja, tapi juga dapat berfungsi untuk menyempurnakan hiburan. Mereka akan melakukan personalisasi pengalaman yang kompleks. Bentuknya yaitu pemberian rekomendasi konten sesuai dengan selera pelanggan.

Artificial intelligence juga membuat pencarian di industri media dan hiburan lebih cepat. Misalnya adalah pada teknologi ClarifAI, Vintage Cloud, dan computer vision. Peran dari kecerdasan buatan di poin ini adalah untuk mempercepat proses kategori dan klasifikasi konten yang sesuai.

Marketing menjadi salah satu hal penting di dunia hiburan. Artificial intelligence mengambil peran penting di sini. Iklan, promosi film, hingga desain dapat tercipta mulai dari strategi hingga pelaksanaannya. Durasinya pun dapat ratusan kali lebih cepat daripada manusia.

Artificial Intelligence di Dunia Militer

Dalam militer, teknologi merupakan salah satu hal penting. Kecerdasan buatan juga digunakan di dalamnya dengan memberi berbagai inovasi terbaru. Militer Amerika Serikat mengembangkan artificial intelligence dalam bentuk tang dengan tujuan membantu kru menganalisis data tempur.

Peran drone dalam militer juga tidak bisa dilupakan. Umumnya, drone harus berada di bawah kendali manusia. Namun kini kecerdasan buatan mampu membuat drone dapat terbang tanpa perlu operator manusia. Meski perlu pelatihan dan pengawasan, kedepannya diharapkan mampu bekerja baik.

Pemerintah China mengatakan mereka telah mengembangkan teknologi kecerdasan buatan untuk memprediksi lintasan rudal luncur hipersonik. Mereka mengklaim bahwa teknologi ini mampu memprediksi luncuran hipersonik saat mendekat ke target lebih dari lima kali kecepatan suara.

Baca Juga :  Manfaat Internet Ketika Menyusun Laporan Tugas

Artificial Intelligence di Dunia Transportasi

Banyaknya permasalahan di dunia transportasi mampu teratasi dengan hadirnya artificial intelligence. Mereka mampu menyasar sistem yang masih dapat berkembang. Kelak, kecerdasan buatan akan membantu pemerintah untuk mengelola trafik kendaraan, salah satunya Public Mobility Monitoring.

Pemanfaatan artificial intelligence terasa jelas ketika harus menunggu berjam-jam di bandara. Kecerdasan buatan akan memberi informasi penerbangan dengan cepat. Maka penumpang dapat mengecek jadwal penerbangan serta tidak perlu menunggu terlalu lama di bandara.

Self driving car merupakan salah satu transportasi unik. Penggunaannya membuat pengendara mobil dapat melakukan berbagai kegiatan sekaligus ketika duduk di kemudi. Misalnya sarapan, membaca, menyelesaikan pekerjaan, mengecek laporan, membalas pesan, dan masih banyak lagi.

Artificial Intelligence di Dunia Pendidikan

Tentunya kecerdasan buatan juga menghampiri dunia pendidikan. Hal inilah yang memunculkan banyak makalah artificial intelligence di kalangan peserta didik. Salah satu fungsinya adalah mampu memberi umpan balik tentang aktivitas belajar siswa hingga mengoreksi hasil ujian mereka.

Voice Assistant adalah salah satu teknologi kecerdasan buatan yang paling banyak bermanfaat di dunia pendidikan. Contohnya adalah Siri (Apple), Cortana (Microsoft), Google Assistant (Google), dan masih banyak lagi. Teknologi itu akan membantu murid mencari materi, soal, artikel, sampai buku.

Materi dan buku digital merupakan dua hal penting yang banyak dicari oleh pelajar. Artificial intelligence hadir dalam bentuk Smart Content memiliki kegunaan untuk memecah buku teks digital menjadi beberapa bagian fisik. Hasilnya adalah buku terdiri dari ringkasan tiap bab maupun tes.

Contoh Makalah Artificial Intelligence

Dunia pendidikan akan melahirkan banyak ilmuwan muda untuk terus mengembangkan ilmu. Termasuk dalam topik kecerdasan buatan. Maka dari itu ada banyak sekali makalah membahas seputar ilmu ini. beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Kecerdasan Buatan di Layanan IT dan Pendidikan, Apa Saja Contohnya?

1.      Penjelasan Machine Learning

Aura Shufi Syuhada dkk membuat makalah dengan judul Pembelajaran Mesin (Machine Learning) pada tahun 2021. Mereka memiliki tujuan untuk menjelaskan maksud machine learning beserta cara kerjanya, dan menjabarkan hubungan antara Python dengan Machine Learning itu sendiri.

Machine learning adalah mesin yang bekerja dan belajar tanpa perlu arahan dari penggunanya. algoritmanya ada tiga jenis, yaitu supervised learning, unsupervised learning, dan reinforcement learning. Selain itu dalam makalah juga menjelaskan mengenai alasan penggunaan Python.

2.      Perbandingan Kecerdasan Buatan Dan Alamiah

Makalah karya Setiawan Budi Santoso pada tahun 2014 menjelaskan beberapa perbandingan antara kecerdasan buatan dengan kecerdasan alamiah. Artificial intelligence bersifat lebih permanen, lebih murah, dapat didokumentasikan, serta lebih konsisten dan teliti daripada kecerdasan alamiah.

Sedangkan, keuntungan dari penggunaan kecerdasan alamiah adalah memiliki sifat lebih kreatif, mampu melakukan proses pembelajaran langsung, serta luasnya referensi dalam pengambilan keputusan. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

3.      Manfaat Kecerdasan Buatan Bagi Mahasiswa

Sebuah artikel karya Suhanda dengan judul Manfaat Pembelajaran Kecerdasan Buatan dan Aplikasinya Bagi Mahasiswa Informatika dan Komputer menjelaskan banyak hal tentang artificial intelligence. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu menciptakan aplikasi buatan mereka.

Dari seluruh penelitian yang Suhanda lakukan, ia menarik beberapa kesimpulan. Kesimpulan pertama yaitu mahasiswa kelak mampu menerapkan perancangan software pada bidang kerja sesuai kebutuhan. Selain itu, terdapat pula beberapa kesimpulan lainnya lengkap dengan saran peneliti.

Nah, itu dia beberapa informasi dari Berita Teknologi Techsbright terkait makalah artificial intelligence. Membahas kecerdasan buatan memang tidak ada habisnya, maka dari itu setiap ilmuwan akan terus mencoba mengembangkan sampai berhasil menjadi sebuah mesin yang mampu menggantikan tugas manusia.

Leave a Comment