Cara Mengaktifkan Google Translate di Android

Untuk kamu yang ingin memahami cara mengaktifkan Google Translate di android dengan mudah dan cepat, harus memahami juga beberapa faktor pendukungnya. Pengaktifan Google Translate secara otomatis dapat berguna dan memberikan manfaat, apalagi untuk tugas.

Salah satu kegunaannya adalah hp yang kamu gunakan bisa dengan otomatis menggunakan g-translate jika masuk dalam aplikasi Chrome. Jadi, langsung ketik mengenai sesuatu yang dibutuhkan, nantinya akan keluar berbagai konten dengan bahasa yang kamu cari.

Kamu juga dapat memilih berbagai bahasa default untuk menu serta setelan bagi Chrome. Cara mudah aktifkan Google Translate bisa dibilang sangat mudah, sehingga bisa dilakukan oleh semua kalangan. Hal tersebut juga bisa dilakukan pada semua jenis hp Android.

Perlu diperhatikan, bahwa Google Translate menjadi salah satu aplikasi yang sangat membantu dalam setiap smartphone kamu. Disini, bisa menerjemahkan berbagai bahasa dengan mudah dan cepat, hanya membutuhkan jaringan internet yang mendukung agar bisa menerjemahkan.

Terdapat keuntungan lainnya dari memahami cara aktifkan Google Translate di android. Yaitu menerjemahkan WhatsApp yang dimana hal tersebut biasa dilakukan oleh percakapan multibahasa. Kamu tidak lagi perlu untuk menerjemahkan satu demi satu kata.

cara mengaktifkan Google Translate di android
cara mengaktifkan Google Translate di android

Cara Mengaktifkan Google Translate di Android

Untuk bisa mendapatkan segala keuntungannya. Kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu, agar dapat terdeteksi untuk semua kegiatan maupun aplikasi yang ada di dalam handphone. Untuk mengaktifkannya, tidak perlu mengeluarkan biaya apapun, karena semua gratis.

  1. Langkah pertama yang harus diikuti adalah download terlebih dahulu aplikasi Google Translate melalui Google play store, jika sudah memilikinya, jangan lupa untuk mengeditnya ke versi terbaru. Jika proses download maupun upgrade sudah selesai lanjut buka app nya.
  2. Klik ikon hamburger untuk bisa pergi ke menu dan klik setting. Lanjut untuk select translate pada layar berikutnya, lalu alihkan atau centang setiap opsi yang tertulis enable tap to translate. Jika kamu merasa fitur tersebut menganggu aktivitas, maka bisa dihilangkan.
  3. Caranya adalah menonaktifkan dari toggle switch yang sama. Lanjut ke langkah kedua, gunakan Google Translate dari aplikasi apapun yang tersedia di handphone kamu. Cara memanfaatkannya untuk seluruh aplikasi dapat melalui penggunaannya.
  4. Setelah selesai dalam mempelajari cara mengaktifkan Google Translate di android, kamu bisa klik translate, pada setiap aplikasi obrolan apapun untuk bisa memecahkan permasalahan menggunakan bahasa. Contoh simpelnya ada pada WhatsApp.
  5. Buka WhatsApp, kemudian tulis pesan yang akan dikirim, kemudian highlight semua pesan yang ingin diterjemahkan. Nantinya ikon goggle translate akan muncul dengan otomatis. Kamu hanya perlu mengkliknya agar ikon tersebut bisa bekerja sesuai dengan sifatnya.
Baca Juga :  Dampak Negatif Artificial Intelligence Juga Ada, Lho!

Tips Dalam Menggunakan Google Translate

Jika kamu dalam tahap belajar bahasa asing, selain cara mudah aktifkan Google Translate. Terdapat beberapa tips lainnya yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada ponsel yang digunakan.

Pertama, kamu tidak perlu mengetik untuk bisa menerjemahkan. Proses tersebut membuat waktu dan tenaga menjadi lebih hemat. Caranya dengan menggunakan beberapa fitur yang disediakan oleh mereka. Jadi, kamu akan lebih dipermudah dengan hal tersebut.

Hal tersebut dapat menggunakan tap to translate yang dimana merupakan salah satu fitur unggulan yang dapat menerjemahkan berbagai teks dari aplikasi lain. Kedua, menggunakan transcribe, yang merupakan fitur Google Translate dalam bentuk menerjemahkan suara.

Disini, kamu bisa langsung bersuara mengenai kalimat yang akan diterjemahkan. Hal tersebut tentu saja akan lebih menghemat waktu dan tenaga. Cara mengaktifkan Google Translate di android cukup mudah, dengan membuka aplikasinya dan klik ikon mikrofon yang telah tersedia pada tampilan depan.

Fitur tersebut, bisa dijadikan digunakan sebaik mungkin, apalagi jika sedang berada di luar negeri, yang tidak memiliki tour guide dan minim mengenai bahasa daerah sekitar. Perlu menjadi perhatian bahwa aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline.

Caranya juga cukup mudah, buka aplikasinya, lalu pilih tiga garis yang berada dibagian kiri atas, kemudian pilih terjemahan online, dan pilih berbagai bahasa yang mau diunduh.

Dengan begitu kamu bebas dalam menerjemahkan dalam bahasa tersebut secara offline. Cara mengaktifkan Google Translate di android sangat mudah, jika dipahami dengan baik dan benar.

Leave a Comment