Pendekatan Artificial Intelligence Modern, Teknologi Masa Kini

Semakin berkembangnya zaman, kecerdasan buatan juga akan terus berkembang. Hasilnya adalah kondisi kecerdasan buatan saat ini sudah jauh lebih baik dari masa lampau. Lantas, bagaimana pendekatan artificial intelligence modern sebagai teknologi masa kini?

Simak Pendekatan Artificial Intelligence Modern Untuk Bisnis

Machine learning merupakan pendekatan dalam artificial intelligence yang mengadopsi berbagai prinsip ilmu komputer serta statistik dalam pencarian relasi data. Berbeda dengan sistem kecerdasan buatan lain, berikut ini pendekatan machine learning untuk bisnis beserta sifatnya menurut techsbright.com:

1.      Supervised Learning

Supervised learning, atau machine learning dengan pengawasan, merupakan pendekatan terbaik untuk machine learning. Fungsinya adalah untuk memprediksi dan mendapatkan contoh berlabel sesuai dengan metrik yang bersangkutan.

Jenis pendekatan supervised learning ini bisa sangat berguna untuk ecommerce dalam memprediksi berapa jumlah uang yang pelanggan belanjakan setiap harinya. Maka dari itu, pelanggan yang telah berbelanja dengan nominal tinggi dapat menjadi target untuk penawaran tertentu.

2.      Unsupervised Learning

Berbeda dengan supervised learning, pendekatan satu ini tidak mempunyai label khusus dalam kegiatan prediksi algoritmanya. Tugas dari unsupervised learning adalah mengelompokkan suatu data hingga mendapatkan pola baru dan menganalisa adanya anomali data.

Unsupervised learning dapat berfungsi untuk mendeteksi adanya potensi penipuan dalam kartu kredit. Tentunya keamanan akan lebih meningkat. Selain itu, pendekatan machine learning satu ini dapat juga berguna dalam mencari kesamaan di antara pelanggan bisnis.

3.      Semisupervised Learning

Nah, berbeda pula dari kedua pendekatan machine learning sebelumnya, semisupervised learning menggunakan data tanpa adanya label dalam pemahaman struktur dan penyebaran populasi. Fungsinya dapat digunakan bank maupun berbagai sektor bisnis lainnya.

Baca Juga :  Ini Dia Cara Kerja Artificial Intelligence

Contoh penggunaannya adalah untuk identifikasi pelanggan dengan kebutuhan pinjaman, sebelum mengajukan penawaran kredit rumah, namun belum memiliki informasi cukup. Algoritma akan mengolah informasi data berlabel demi melakukan prediksi kepemilikan rumah.

4.      Reinforcement Learning

Reinforcement learning adalah pendekatan machine learning dimana komputer akan melakukan interaksi kepada lingkungan sekitarnya. Feedback adalah bahan utama dalam pelaksanaan pendekatan ini. algoritma akan mempelajari tentang urutan tindakan serta peluang terbaiknya.

Setiap pendekatan dalam machine learning menunjukkan keberhasilan dalam dunia bisnis. Hal ini karena luasnya ruang lingkup. Inilah mengapa kecerdasan buatan menjadi sebuah hal penting di dalam bisnis, utamanya bagi orang yang tidak memiliki pengalaman dalam pengolahan data.

5.      Pemikiran Seperti Manusia

Tujuan dari pembuatan artificial intelligence adalah untuk meringankan pekerjaan manusia. Maka dari itu teknologi ini memiliki kemampuan pemikiran layaknya manusia, yaitu bisa menyelesaikan masalah terkait perhitungan, bermain puzzle, hingga memenangkan permainan catur.

Tak hanya itu, kecerdasan buatan juga mencerna teori lebih maju, contohnya dapat memudahkan pekerjaan profesional. Kemampuan diagnosis dapat mesin lakukan karena terdiri dari berbagai kumpulan teori yang mudah manusia pahami dan pelajari.

6.      Pemikiran Rasional

Pendekatan rational like memiliki orientasi untuk tercapainya tujuan dengan adanya ukuran kinerja. Tentunya hal tersebut berbeda dengan pendekatan manusia. Para ahli berusaha menemukan cara agar artificial intelligence memiliki pemikiran rasional dan mempunyai suatu tujuan seperti manusia.

Namun, apakah suatu mesin dapat menggapai tujuan dalam berpikir? Manusia tentu memiliki pemikiran dan tujuan dalam hidup seperti mengenai menu makan hari ini, kegiatan hari ini, dan pencapaian lainnya. nah, bagaimana dengan kecerdasan buatan?

7.      Perilaku Seperti Manusia

Dalam berbagai siaran berita tentu beberapa kali terlihat bahwa mesin kecerdasan buatan mampu meniru pergerakan manusia. Misalnya adalah robot. Mereka mampu bergerak, berjalan, berbicara, bahkan melakukan perintah tanpa kesalahan seperti layaknya manusia.

Baca Juga :  Facebook Artificial Intelligence dan Penggunaannya

Robot tersebut sudah mengadopsi sistem artificial intelligence untuk dapat menirukan pergerakan manusia. Selain itu, mereka juga mampu berinteraksi dan berkomunikasi seperti manusia. Meski begitu, kecerdasan buatan tentu belum bisa memiliki pemikiran seperti layaknya manusia.

8.      Perilaku Rasional

Pendekatan perilaku rasional tidak beda jauh dari pendekatan mengenai pemikiran rasional. Dimana pendekatan ini juga memiliki tujuan untuk pemecahan masalah supaya dapat tercipta suatu artificial intelligence dengan orientasi tercapainya suatu tujuan.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah mesin artificial intelligence mampu memiliki perilaku rasional? Contohnya apabila manusia memiliki tujuan hari ini untuk pergi berolahraga. Nah, apakah mesin kecerdasan manusia bisa terbentuk sedemikian rupa?

Ciri Adanya Artificial Intelligence

Era digital terus membawa angin segar bagi keberadaan artificial intelligence. Termasuk dalam pendekatan artificial intelligence modern. Penggunaan kecerdasan buatan sudah dapat dengan mudah manusia temukan di kehidupan sehari-hari meski tanpa sadar.

1.      Data Menjadi Otomatis

Beberapa ciri dari adanya artificial intelligence adalah data menjadi otomatis. Sebelum adanya kecerdasan buatan, sistem pengaturan data berada penuh di bawah kendali manusia. Namun setelah teknologi satu ini semakin ramai dan berkembang, tenaga manusia sudah tidak digunakan.

Kemampuan artificial intelligence dalam pemanfaatan data juga tidak dapat diragukan. Mereka mampu mengumpulkan berbagai data yang sangat banyak dan mengolahnya secara rapi. Contohnya adalah pada mesin pencari, manusia tidak perlu menunggu lama untuk menemukan suatu data.

2.      Terus Berkembangnya Artificial Intelligence

Beberapa contoh dari adanya artificial intelligence di kehidupan manusia adalah fitur kamera yang mampu mengatur tampilan sesuai dengan kondisi terkini. Atau mobil Tesla yang dapat berjalan meski tanpa adanya pengemudi.

Kehadiran kecerdasan buatan akan banyak mempengaruhi kehidupan manusia. Mesin artificial intelligence akan terus berkembang dan mendatangkan berbagai teknologi terbaru di masa yang akan datang dengan perbaikan, penerapan, dan pengembangannya.

Baca Juga :  Arti Keynote Speaker dan Cara Melakukannya

Meskipun dengan adanya artificial intelligence mengancam beberapa pekerjaan, namun di satu sisi juga menghadirkan profesi terbaru. Contohnya seperti data science dan sejenisnya. Namun sebaiknya tidak perlu khawatir karena manusia akan terus menyesuaikan serta turut berkembang.

3.      AlphaGo

AlphaGo menjadi salah satu bukti adanya artificial intelligence di masa sekarang. Awal perkembangannya AlphaGo mengambil 100 ribu data dari pertandingan Go. Mesin akan mempelajarinya kemudian bermain melawan dirinya sendiri untuk menemukan data baru.

Apabila mengalami kekalahan, AlphaGo akan memperbaiki cara bermain mereka. Pernainan ini akan terus terulang hingga jutaan kali. Hal ini menunjukkan proses belajar dan pengalaman dari kecerdasan buatan dapat jauh lebih banyak daripada manusia.

Sebuah contoh di atas menunjukkan kemampuan kecerdasan buatan yang mampu melakukan satu diantara beberapa faktor. Faktor tersebut adalah acting humanly, thinking humanly, think rationally, dan act rationally.

Kecerdasan Buatan yang Kontroversial

Adanya kecerdasan buatan memang bertujuan untuk membantu pekerjaan manusia. Namun terdapat pula beberapa produknya yang menuai kontroversi. Salah satunya adalah mobil dengan model self driving. Mesin di dalamnya dirancang memiliki resiko sangat rendah.

Banyaknya bidang yang ingin menggunakan sistem otomatis pada beberapa pekerjaan membuat banyak orang khawatir. Adanya kecerdasan buatan dikhawatirkan akan menyingkirkan keberadaan dan kemampuan pekerjaan manusia sehingga meningkatkan angka pengangguran kemudian.

Inilah yang menjadi tantangan tersendiri dengan hadirnya kecerdasan buatan. Manusia semakin memiliki tuntutan untuk terus berkembang dan memiliki kreativitas agar tidak tersingkir hingga tergantikan oleh mesin.

Nah, itu dia sedikit pembahasan terkait pendekatan artificial intelligence modern. Adanya kecerdasan buatan ini akan terus ilmuwan kembangkan demi memudahkan segala pekerjaan manusia serta memberi solusi dari permasalahan yang ada. Tentunya sangat bermanfaat, bukan?

Leave a Comment