Cara Menyambungkan Wifi ke Set Top Box

Beberapa waktu belakangan ini, cara menyambungkan wifi ke set top box menjadi salah satu kata kunci pencarian yang sangat populer di dunia maya. Bukan tanpa alasan, saat ini TV analog memang sudah tidak difungsikan sehingga masyarakat harus mengakses konten TV digital.

Agar bisa menontonnya dari TV analog, maka dibutuhkan perangkat tambahan yang kita kenal dengan nama STB atau Set Top Box ini. Penggunaan perangkat tersebut memungkinkan kamu untuk mengakses konten digital dari televisi biasa.

Tentu saja hal ini bisa meminimalisir pengeluaran dengan sangat signifikan. Hanya dengan beberapa ratus ribu rupiah saja, pengguna sudah bisa menonton konten digital. Di sisi lain, penggunaan STB juga mempermudah kamu untuk menonton konten online pada televisi. Ada fitur wifi di dalamnya.

Untuk menonton konten online pada televisi, tentu saja ada beberapa hal yang harus dicek terlebih dahulu. Tapi tenang saja karena proses pengecekannya sama sekali tidak sulit. Tujuan dari pengecekan ini adalah memaksimalkan kelancaran penggunaan STB itu sendiri pada perangkat kamu.

Di sisi lain, kamu juga harus melakukan langkah tersebut secara teliti dan berurutan. Jika terjadi kesalahan, maka proses koneksi ini tidak akan berjalan lancar. Disini kami akan memberikan panduan sedetail mungkin agar kamu memahami cara menyambungkan wifi ke set top box dengan baik.

cara menyambungkan wifi ke set top box
cara menyambungkan wifi ke set top box

Hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Menyambungkan

Sebelum kita melakukan pembahasan lebih lanjut, hal pertama yang harus dipahami adalah apa saja yang harus dipersiapkan agar proses tersebut berjalan dengan lancar. Simak detail selengkapnya pada poin berikut ini :

  1. Pastikan STB sudah dilengkapi dengan fitur Wifi
  2. Gunakan Wifi Dongle untuk memaksimalkan kualitas penerimaan sinyal
  3. Cek kuantitas kuota internet dan pastikan jaringannya sedang stabil.
  4. Jangan gunakan kode hotspot dengan bentuk yang tidak ada pada STB. Gunakan kode dengan kombinasi angka atau huruf saja.
Baca Juga :  Cara Download Google Drive IDM Terbaru

Hubungkan semua perangkat pada satu jaringan yang sama. Ini akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran kamu dalam proses konektivitas wifi dan STB itu sendiri. Lalu ikuti panduan koneksinya secara berurutan.

Cara Menyambungkan Wifi ke Set Top Box

Untuk menghubungkan Wifi ke STB, caranya sama sekali tidak sulit. Pertama kamu hanya perlu memastikan kalau syarat-syarat yang sudah kami jelaskan sebelumnya dipenuhi dengan baik. Kalau sudah, kamu bisa langsung mengikuti panduan lengkap di bawah ini :

  1. Pertama kamu bisa menghubungkan wifi dongle yang sudah disiapkan sebelumnya ke STB
  2. Langsung saja akses menu wifi pada remote STB masing-masing
  3. Setelahnya, kamu bisa langsung masuk ke menu pengaturan Wifi
  4. Tekan tombol hijau yang ada pada remote STB
  5. Disini kamu bisa langsung mencari jaringan hotspot yang hendak dihubungkan pada STB
  6. Pilih salah satu jaringan lalu masukkan kode pada kolom tersedia
  7. Proses selesai, kini perangkat STB kamu sudah terhubung dengan wifi dan internet.

Kamu bisa mengakses berbagai jenis konten menarik di televisi dengan bantuan koneksi smartphone tersebut. Jika terjadi error atau kesalahan lain di dalam proses koneksi wifi ke STB, kamu bisa langsung mengulangi langkah-langkah tersebut dari awal lagi.

Cara Memanfaatkan Fitur Meecast dari STB

Pada STB ada satu fitur mirroring keren bernama Meecast. Namun kebanyakan pengguna tidak memahami cara penggunaan aplikasi satu ini. Penggunaan Meecast memungkinkan kamu untuk menampilkan konten video smartphone pada televisi.

Sayangnya tidak semua STB dilengkapi dengan fitur tersebut. Jika kamu sudah memiliki STB yang dilengkapi Meecast, cara penggunaan apk satu ini sangatlah mudah. Simak panduan penggunaannya di bawah ini :

  1. Nyalakan STB
  2. Hubungkan dengan Smartphone melalui jaringan internet yang sama.
  3. Download dan instal aplikasi Meecast pada perangkat smartphone kamu.
  4. Setelahnya bisa langsung buka Meecast pada smartphone
  5. Buka menu STB di dalamnya
  6. Langsung saja pilih logo streaming berbentuk bola dunia pada aplikasi tersebut
  7. Masukkan alamat situs pada kolom tersedia.
  8. Pilih video yang disukai pada situs tersebut
  9. Klik logo casting yang ada di bagian bawah.
  10. Secara otomatis tampilan pada smartphone akan muncul pada STB
  11. Proses selesai.
Baca Juga :  Cara Mengubah Excel ke Spreedsheet

Meskipun memiliki manfaat yang sangat besar, tidak banyak orang yang tahu cara memaksimalkan fitur Meecast ini. Karena itulah kamu harus memahami cara menyambungkan wifi ke set top box ini dengan baik agar dampak positifnya bisa langsung terasa.

Leave a Comment