Cara Buat Direct Link Download di Google Drive

Membuat direct link download mungkin dibutuhkan bagi beberapa orang. Dengan memanfaatkan Google Drive, tentu bisa membantu kamu menyimpan file dan mudah membagikan kepada siapapun. Google Drive sudah di integrasi dengan fungsi web viewer sehingga orang dapat melihat secara langsung file yang akan dibagikan.

Banyak jenis file yang bisa dibagikan, mulai dari dokumen Microsoft Office sampai file video dari browser pengguna. Fungsi tersebut tentu membantu ketika kamu ingin melihat file secara online tanpa harus mendownload lebih dulu ke komputer pribadi.

File tersebut sangat berguna apalagi jika digunakan pada device dengan penyimpanan terbatas, misalnya pada smartphone. Tetapi ketika kamu ingin melewati atau tidak menggunakan fungsi dengan membuka browser maka harus mendownload file direct download.

Link Direct Download
Link Direct Download

Cara Mudah Membuat Direct Link Download

Ada berbagai macam cara yang dilakukan untuk membuat link direct. Misalnya, kamu menggunakan Adobe Reader, kemudian ingin membagikan file PDF, maka bisa menggunakan Adobe Reader tanpa harus membuka browser. Tentu akan membutuhkan direct download, berikut ini cara untuk membuatnya.

1. Mengubah URL dari Google Drive

Cara pertama yang bisa digunakan untuk membuat direct link download dengan mengubah URL dari Google Drive. Pastikan saja file yang akan dibagi sudah diatur pada share public. Kemudian kamu bisa memilih “anyone with the link”.

Nantinya file yang akan di upload pada Google Drive bisa memiliki link berbagi. Ada bagian untuk untuk ID file kamu, kemudian link juga dapat digunakan untuk membuka file browser secara langsung.

Baca Juga :  7 Fitur Keren di Google Translate, Penerjemah Wajib Tahu

Untuk membuat pengguna bisa mendownload file tersebut maka kamu harus mengubah link di bagian akhir ya, yaitu pada bagian edit. Cobalah untuk ganti edit dengan menggunakan export, sehingga bisa di share di website.

2. Menggunakan Direct Link Generator

Selanjutnya, kamu juga bisa membuat direct link download dengan direct link generator. Ada banyak generator yang bisa kamu coba. Generator tersebut dapat digunakan untuk mengubah share link menjadi link direct download di Google Drive.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, sebab di website tersebut juga tersedia panduan dan gambar sebagai cara mendapatkan link untuk direct download sesuai kebutuhan. Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu melakukan copy link file Google Drive yang akan dibagikan kemudian ditempel pada bagian “enter your sharing URL”.

Setelah itu cobalah Klik tombol “create direct link”. Hasilnya tentu bisa kamu gunakan di copy sebagai output link, sehingga dapat dibagikan ke orang lain.

Pastikan memilih generator yang tepat sebab ada beberapa website yang hanya digunakan untuk file dengan proses upload pada Google Drive. Artinya website tersebut tidak dapat digunakan untuk membuat direct link download pada file yang sudah tersedia di Google Drive itu sendiri.

Jika kamu ingin membagikan file yang sudah dibuat di dalam Google Drive, maka solusinya harus mendownload terlebih dahulu pada tersebut, setelah itu baru upload ke Google Drive kembali.

3. Menggunakan gdURL.com

gdURL.com merupakan sebuah website yang dapat digunakan untuk membuat direct link download. Google Drive bisa menjadi permanen atau permalink tetapi juga bisa digunakan untuk memperpendek URL yang dihasilkan.

Jika kamu ingin menyebarkan link menggunakan layanan terbatas dan memiliki jumlah karakter seperti Twitter, maka tidak perlu lagi menggunakan layanan permanen URL lainnya. Berikut ini beberapa layanan yang disediakan oleh gdURL.

  • Standar URL merupakan link standar yang digunakan untuk melihat atau membuka file
  • Download URL digunakan untuk mendownload file
  • Full document viewer merupakan link untuk menampilkan dokumen di browser pengguna.
  • Embedded Document Viewer, untuk menampilkan dokumen di website kamu menggunakan JavaScript.
  • Embedded Document Viewer menggunakan iframe digunakan untuk menampilkan website kamu.
Baca Juga :  Discord Mulai Menguji Integrasi YouTube Beberapa Minggu Setelah Google Mematikan Bot Musik

Berbagai macam bantuan tersebut akan membantu kamu untuk membuat sebuah link. Membagikan file di Google Drive bukan hal yang mudah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dan dipilih sesuai dengan keinginan kamu. Pastikan memilih langkah tepat untuk membuat direct link download.

Leave a Comment