cara membuat link download Google Drive
POZNAN, POL - SEP 23, 2020: Laptop computer displaying logo of Google Drive, a file storage and synchronization service developed by Google

Cara Membuat Link Download Google Drive

Mochamad Ikhwana

Penting untuk tahu cara membuat link download Google Drive pada saat ingin membagikan sebuah file. Agar terlihat lebih simple, tautan untuk dibagikan juga bisa dipersingkat. Biar penerima bisa link lebih mudah jika perlu untuk copy dan paste ulang.

Google Drive merupakan layanan milik Google untuk menyimpan semua bekas atau file penting. Karena sering kali memori perangkat hp atau laptop tidak memadai untuk mengarsip banyak dokumen.

Layanan untuk mengamankan file-file penting ini mempunyai kapasitas penyimpanan sangat besar. Tidak heran banyak kalangan memanfaatkannya agar semua berkas aman.

Namun tidak banyak orang tahu bahwa file yang tersimpan di drive itu ternyata bisa dibagikan kepada orang lain. Terlebih dahulu kamu harus tahu cara mudah buat link download di Google Drive. Bahkan dokumen itu juga bisa didownload dan disave lagi oleh mereka.

Karena untuk bisa dilihat dan diunduh oleh orang lain, mereka mesti mempunyai tautan untuk masuk ke penyimpanannya. Selain itu juga harus ada izin akses dari pemilik file.

Untuk menggunakan layanan penyimpanan ini, pengguna harus memiliki akun Google. Karena saat menikmati semua jenis fasilitas Google diwajibkan memiliki setidaknya satu akun Google.

cara membuat link download Google Drive
 cara membuat link download Google Drive

Jadi Bagaimana Cara Membuat Link Download Google Drive?

Pada zaman serba online ini, banyak orang membutuhkan file dari jarak jauh. Karena pengiriman secara langsung akan memakan waktu cukup lama.

Untuk mendapatkan berkas tersebut, pemilik file harus memberikan tautan kepada penerima. Langkah mudah membuat link menuju berkas yang akan dibagikan sangat mudah. Diantaranya sebagai berikut ini:

  1. File yang akan dibagikan harus diupload dulu ke gdrive, dengan memilih tombol plus bertuliskan baru, dan upload file.
  2. Klik kanan pada dokumen yang akan dibagikan, dan pilih dapatkan link.
  3. Sebelumnya, kamu perlu mengatur siapa saja yang bisa mengakses berkas itu.
  4. Kalau boleh dilihat semua orang, pilih kata siapa saja atau everyone. Tapi jika ingin membatasi maka klik dibatasi dan pilih siapa saja yang memiliki link.
  5. Kemudian klik salin link, dan selesai.
  6. Setelah melakukan langkah untuk cara membuat tautan untuk mendownload, kamu hanya perlu mengirim ke siapa saja yang diinginkan.
  7. Sebelum pemilik tautan bisa mengunduk file, akan ada preview terlebih dahulu.

Kamu juga bisa membuat link direct atau pemilik tautan bisa langsung terhubung ke dokumen untuk mendownloadnya. Namun caranya agak ribet karena perlu mengubah format url share link. Atau bisa juga menggunakan tools website Google Drive direct link generator.

Cara Membuat Link Download Google Drive Jadi Lebih Singkat

Tautan yang didapatkan langsung dari drive itu sangat panjang. Susah untuk diingat apalagi jika ingin menuliskan ulang. Jadi akan lebih sulit juga kalau mau membagikan secara manual.

Tapi jangan cemas dulu. Tautan file yang akan dishare itu bisa diperpendek bahkan bisa dibuat sesuai kemauan kamu. Untuk menyingkatnya, perlu menggunakan beberapa layanan shorten url secara online.

1.      Cara membuat link download Google Drive lebih simple dengan bit.ly

Langkah ini dilakukan dari halaman pencari Google saja. Melalui akun gratis di bit.ly com. Metodenya:

  • Buat akun di bit.ly terlebih dahulu. Gampangnya bisa menggunakan alamat email saja.
  • Kemudian pilih create link di halaman utama
  • Masuk ke file yang akan dibagikan, tekan titik tiga dan copy link.
  • Pada kotak paste long url, letakkan tautan dokumen tadi di sana.
  • Klik create pada bagian bawah.
  • Nanti akan muncul jendela baru dengan pilihan title yang berisikan judul. Ada juga customize back-half yang terdapat link file.
  • Kemudian pada bagian customize itu, kamu hanya tinggal mengganti menjadi nama yang diinginkan.
  • Hapus tautan yang asli lalu ketikkan url yang lebih sederhana. Jangan memberi spasi, cukup dengan membuat huruf besar jika ingin memisahkan kata.
  • Terakhir, klik save dan tautan simple yang kamu buat sudah bisa dibagikan.

2.      Cara Membuat Link Download Google yang Panjang jadi Pendek

Selain dengan bit.ly, bisa juga masuk ke halaman TinyURL. Pemendek tautan ini tidak akan meminta penggunanya membuat akun terlebih dahulu. Cukup ikuti langkah ini:

  • Setelah berada di halaman utama situs tinyurl.com, kamu hanya tinggal mengisi link ke kotak yang tersedia.
  • Pilih alias kalau ingin merubah jadi lebih sederhana.
  • Lalu tekan make TinyURL!

Menyimpan file penting di drive itu lebih aman. Selain cuma bisa diakses pemilik akunnya saja, kamu juga bisa membagikan tautan file tertentu kepada orang lain. Cara ini sering dipakai dosen atau karyawan kalau mau berbagi dokumen tertentu.

Sayangnya tautan dari Google Drive itu sangat panjang. Jadi jika ingin mensharenya, bisa diperpendek dulu. Tidak sulit, cara membuat link download Google Drive bisa dipelajari sendiri.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment