Link Direct Google Drive

Cara Mendapat Direct Link Google Drive

Mochamad Ikhwana

Sudah pernah dengar tentang direct link Google Drive? Jadi link tersebut benar-benar dibutuhkan. Pada dasarnya untuk satu akun Google akan diberikan kuota sebesar 15 GB dan dapat digunakan dalam satu sisi perpesanan atau menyimpan file.

Misalnya kamu memiliki 3 akun Google, maka sudah terhitung bahwa saat ini kapasitas penyimpanan gratis yang bisa digunakan sebanyak 45 GB. setiap file yang diunggah pada Google Drive akan tersimpan dengan aman dan tidak akan terhapus lama akun Google tersebut masih aktif.

Hal ini tentu sangat cocok apabila kamu ingin menyimpan file maupun berkas penting di Google Drive. Ada berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan dari Google Drive tetapi untuk mendownload berkas membutuhkan link khusus.

Link Direct Google Drive
Link Direct Google Drive

Cara Mendapatkan Direct Link Google Drive untuk File

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan direct link. Akan ada dua jenis link maupun tautan yang dapat digunakan untuk membagikan file. Satu dapat dinamakan sebagai halaman pratinjau file, kedua adalah tautan khusus yang bisa mengarah pada halaman download secara otomatis.

Dari dua jenis tautan tersebut, dapat disimpulkan mana cara paling mudah untuk membagikan sebuah file. Berikut ini cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan direct link Google Drive

  1. Pertama, silahkan ambil link yang digunakan pada halaman preview. Caranya masuk Google Drive dan pilih klik kanan pada nama berkas.
  2. Klik opsi “get shareable link”, kemudian tautan dan akan muncul untuk disalin.
  3. Dengan begitu kamu sudah bisa mendapatkan direct link.

Cara yang satu ini benar-benar sederhana dan bisa membantu kamu untuk mendapatkan direct link dengan mudah. Banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara tepat untuk mendapatkan link tersebut, padahal langkahnya benar-benar sederhana.

Kamu juga bisa mulai menerapkannya jika membutuhkan direct link. Ada cara lain yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan direct link. Kamu bisa menyesuaikan dengan keinginan.

Mengambil Direct Link Google Drive Menggunakan Pihak Ketiga

Bagi para pengguna baru Google Drive mungkin masih merasa bingung, bagaimana cara mudah untuk mendapatkan direct link dari sebuah file. Apalagi Google Drive sendiri tidak memberikan fitur untuk mendapatkan direct link tersebut.

Kamu bisa melakukan bantuan dari situs pihak ketiga yang sudah menggunakan akses API hanya untuk mendapatkannya. Jika benar-benar tertarik untuk menggunakan pihak ketiga, maka kamu harus mengetahui informasi dasar dari file tersebut. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dicoba;

  1. Pertama kamu harus masuk pada direct link milik Boogle terlebih dahulu
  2. Setelah itu, cobalah untuk klik “Select Files”, kemudian Folders from Google Drive
  3. Nanti akan muncul sebuah pop up.
  4. Selanjutnya silahkan pilih “Login & Authorize” untuk masuk ke akun Google Drive kamu.
  5. Apabila sudah muncul notifikasi aplikasi, namun tidak terverifikasi maka silahkan pilih opsi “Go to Booogle.net (unsafe)”.
  6. Kemudian harus mendapatkan izin akses aplikasi, sehingga kamu bisa menekan tombol “Allow”.
  7. Kemudian silahkan pilih file yang ingin dijadikan direct link.
  8. Tekan tombol “Share All and Get Direct Links”, coba lihat hasilnya di bagian kolom bawah.
  9. Dengan begitu sudah mendapatkan direct link.

Pertimbangan Menggunakan Direct Link Google

Disarankan, sebaiknya kamu menggunakan cara ini jika ingin berkas yang tidak terlalu penting. Hal ini dikarenakan privasi, pada aplikasi pihak ketiga maka bisa melihat informasi berkas yang akan dipilih. Jadi, hal ini bisa menjadi pertimbangan sebelum akhirnya menggunakan berkas penting.

Berkas dengan ukuran tinggi tidak akan bisa diunduh secara otomatis, sebab menggunakan direct link yang sudah disediakan pada kolom. Jika memasuki halaman konfirmasi untuk mengunduh.

Namun hal ini tidak menjadi masalah besar dan bisa menjadi sesuatu yang normal. Jika bisa menggunakan cara yang tepat, maka direct link bisa didapatkan dengan baik. Namun, perhatikan terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan.

Cara yang tepat bisa membantu kamu untuk share direct link dengan mudah. Kedua cara tersebut dapat digunakan untuk berbagai macam file, jadi gunakan direct link Google Drive yang tepat.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment