Daftar Aplikasi atau Website Translate Bahasa Asing

Kehadiran aplikasi atau website translate dapat membantu pengguna untuk memahami informasi yang tersedia dalam berbagai macam bahasa asing dan dialek. Sejauh ini, terdapat 7.139 bahasa di dunia. Lantas, apa saja sih aplikasi atau website yang bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan bahasa? Berikut penjelasannya.

Daftar Aplikasi atau Website Penerjemah Bahasa

Ada banyak aplikasi atau  website yang tersedia untuk melakukan penerjemahan. Berikut beberapa daftar aplikasi translate terbaik dan akurat yang wajib kamu ketahui.

1. Google Translate

google translate

Kamu pasti tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Tersedia dalam bentuk website dan mobile app, Google Translate masih aplikasi terfavorit untuk melakukan penerjemahan. Alat penerjemah ini dibuat Google pada tahun 2006 dan bisa kamu akses secara offline (tanpa menggunakan jaringan internet).

Fitur yang tersedia juga beragam. Kamu bisa menerjemahkan bahasa dari suara, gambar, dan mengetiknya secara manual di kotak yang tersedia. Pada website, kamu bisa mengaktifkan ekstensi Google Translate untuk menerjemahkan website tersebut ke bahasa yang kamu inginkan.

Google Translate juga menjadi aplikasi translate dengan kamera. Kamu dapat mengambil gambar dengan kamera yang tersedia di aplikasi. Aplikasi ini akan menerjemahkan kata yang terdapat pada gambar yang telah kamu unggah secara otomatis.

Aplikasi ini belum memiliki fitur auto-correct grammar. Jika memang diperlukan, kamu bisa menyisipkan ekstensi Grammarly pada browser kesayanganmu. Saat ini, Grammarly sudah bisa disisipkan di beberapa browser seperti Safari, Chrome, Firefox, dan Edge.

Web translate terbaik ini bisa menerjemahkan bahasa ke lebih dari 100 bahasa di seluruh dunia. Jumlah penggunanya juga fantastis yaitu sekitar lima ratus juta pengguna. Lebih dari seratus miliar kata yang bisa aplikasi ini terjemahkan setiap harinya. Keren bukan?

2. iTranslate

i translate

Aplikasi terjemah alternatif selain Google Translate adalah iTranslate. Tak jauh dari Google Translate, aplikasi ini dibuat tahun 2009. Target aplikasi ini adalah para pelancong, pelajar, profesional bisnis, staf medis yang ingin membaca, menulis, dan berbicara dalam lebih dari 100 bahasa.

Hampir mirip dengan Google Translate, alat penerjemah ini memiliki fitur text translation, voice translation, camera translation, offline translation dan phrasebook. Fitur phrasebook berisi kumpulan kata yang sering kamu gunakan untuk business trip. Namun, hanya fitur text translation dan phrasebook yang bisa diakses secara gratis.

Yang menarik dari iTranslate adalah bisa disisipkan di keyboard. Ketika ingin chatting dengan teman dari luar negeri, aplikasi ini bisa otomatis menerjemahkan setiap kata ke bahasa lawan bicaramu. Kamu bisa mengakses aplikasi ini melalui mobile phone dan website.

Baca Juga :  Aplikasi Menghasilkan Uang 100 Ribu Perhari Anti-Scam Dan Terbukti

Selain itu, alat penerjemah iTranslate sangat menjaga privasi penggunanya. Setiap informasi yang kamu terjemahkan pada alat ini adalah milikmu sehingga aplikasi ini tidak akan menyimpannya.

3. Yandex Translate

yandex

Web translator selain Google Translate yang bisa kamu gunakan selanjutnya yaitu Yandex Translate. Salah satu perusahaan IT terbesar asal Rusia telah menciptakan alat ini dengan teknologi machine learning sejak tahun 2011.

Fitur yang tersedia pada Yandex Translate sama seperti Google Translate. Bisa melakukan terjemahan pada teks, gambar, suara, dan website. Alat ini juga dapat kamu akses melalui website atau mobile app secara online maupun offline.

Selain itu, kamu juga dapat menerjemahkan dokumen. Kamu hanya perlu mengupload dokumen yang ingin diterjemahkan.

Jumlah bahasa yang bisa kamu akses secara online yaitu 100 bahasa. Jika ingin menerjemahkan bahasa secara offline, terjemahan yang tersedia hanya dalam bahasa Prancis, Jerman, Italia, Rusia, Spanyol dan Inggris.

Ketika kamu sedang melakukan dialog, Yandex Translate dapat menerjemahkan bahasa secara real time. Kamu juga dapat melihat history dari setiap percakapan dan mendengarkan kembali pelafalan dalam bentuk yang benar.

4. Babylon Translator

Aplikasi translate terbaik untuk pc yang bisa kamu gunakan selanjutnya yaitu Babylon Translator. Alat penerjemah ini berasal dari perusahan Israeli Company Babylon. Translator ini mulai ada sejak tahun 1997, jauh lebih lama dari Google Translate.

Keunggulan dari Babylon Translator yaitu bisa menerjemahkan dokumen Microsoft Office tanpa menghilangkan format aslinya. Teknologi OCR yang terdapat pada aplikasi ini dapat berfungsi sekaligus di semua aplikasi Microsoft Windows, seperti Microsoft Word, Microsoft Outlook, Microsoft Excel, Internet Explorer, dan Adobe Reader.

Babylon Translator menyediakan fitur untuk bisnis di seluruh dunia. Aplikasi yang tersedia dalam bentuk desktop yang memiliki akurasi, efisiensi, dan produktivitas yang baik hanya dengan sekali klik.

Kamu bisa menerjemahkan dokumen ke dalam 77 bahasa. Selain itu, Babylon Translator juga dapat mengkonversi mata uang. Aplikasi dekstop ini dapat kamu dapatkan secara gratis dengan cara download di Macbook atau PC Windows.

5. Reverso

Aplikasi translator Reverso sudah ada sejak tahun 1998. Sejauh ini, translator ini bisa menerjemahkan kata atau kalimat ke dalam 26 bahasa. Jumlah pengguna alat ini juga sudah banyak yaitu lebih dari 96 juta.

Pada awalnya, aplikasi Reverso berfungsi sebagai translator online, alat linguistik untuk korporat dan mass market. Seiring bertambahnya waktu, ada beberapa fitur yang bisa kamu nikmati secara gratis.

Baca Juga :  Aplikasi Pembuat Sticker WhatsApp Terbaik

Reverso juga terkenal sebagai aplikasi translate bahasa inggris sesuai grammar. Kamu bisa memasukkan teks yang ingin kamu cek grammarnya dan aplikasi ini akan memberitahu grammar yang salah.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan fitur paraphrasing guna mengubah bentuk text yang sudah kamu buat menjadi bentuk kalimat yang lebih baik. Fitur lain seperti sinonim, kamus, konjugasi juga bisa kamu dapatkan kamu temukan di aplikasi Reverso.

Sayang sekali, alat penerjemah Reverso belum support untuk menerjemahkan kata dalam bentuk gambar dan suara. Kamu bisa menggunakan alat ini di website, atau mendownloadnya di mobile phone (Android atau Apple) dan pc yang memiliki OS Windows atau Mac.

6. DeepL

Aplikasi translate bahasa inggris terbaik selanjutnya jatuh pada aplikasi DeepL. Perusahaan DeepL SE pertama kali meluncurkan aplikasi ini pada tahun 2017 sebagai alat translator tujuh bahasa Eropa. Sekarang, aplikasi ini sudah bisa mendukung terjemahan sampai 29 bahasa.

Pemilik aplikasi ini mengklaim bahwa DeepL tiga kali lebih akurat dari aplikasi kompetitornya. Teknologi AI canggih yang mereka gunakan dapat meningkatkan akurasi terjemahan. Lebih dari 1 miliar pengguna telah memilih DeepL sebagai aplikasi translator mereka.

Dengan menggunakan alat penerjemah DeepL, kamu bisa menerjemahkan kata dalam bentuk teks, gambar, dokumen (.pdf, .docx, .pptx), dan suara. Setiap hasil terjemahan dapat kamu bagikan melalui sosial media seperti Instagram, Whatsapp, Twitter, dan sebagainya.

Kamu dapat menggunakan aplikasi DeepL melalui website yang tersedia. Jika tidak ingin repot, kamu bisa langsung download aplikasinya di smartphone atau laptop pribadimu.

DeepL juga menyediakan fitur DeepL Pro. Dengan berlangganan fitur ini, kamu dapat menerjemahkan teks tanpa batasan jumlah karakter, mengubah bahasa dokumen tanpa mengubah format asli, dan perlindungan hasil data terjemahan. Sangat disayangkan fitur ini belum tersedia untuk wilayah Indonesia.

7. Sederet

Kamu patut berbangga karena Sederet merupakan aplikasi ciptaan anak negeri, lho! Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2006. Aplikasi ini hanya bisa menerjemahkan bahasa Indonesia ke Inggris, bahasa Inggris ke Indonesia, dan bahasa Inggris ke Inggris.

Jika kamu ingin memperdalam kemampuan bahasa Inggris, tersedia fitur listening, grammar, kosakata, pidato, percakapan, menulis, idiom, toefl, dan general. Pada fitur toefl, kamu bisa berlatih beberapa soal dan materi toefl seperti listening, reading, speaking, dan structure and expression.

Pada fitur Idiom, kamu bisa mengetahui beberapa daftar idiom yang memiliki tema:  patah hati, kerinduan, kematian, angka, binatang, sukacita, dan sebagainya. Fitur Menulis membantumu untuk mengetahui cara menulis email, CV atau resume, surat bisnis, tanda baca yang benar dalam bahasa Inggris.

Baca Juga :  Aplikasi Azan Pengingat Waktu Sholat I'm Muslim - PrayerTimes, Azan, Quran, Qibla, ToDo

Jumlah kata yang bisa kamu terjemahkan dalam satu klik adalah 1000 kata. Silahkan akses aplikasi Sederet di https://www.sederet.com/.

8. Translate Dict

Kamu sedang membutuhkan alat terjemahan online gratis terbaik? Jika demikian, website Translate Dict membantu kamu dalam banyak bahasa utama seperti Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Rusia, Arab, Cina, dan Jepang. Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2015, lho!

Sama seperti situs lain, aplikasi ini menawarkan text to speech gratis dengan opsi mengunduh audio dalam bahasa sumber dan target. Selain itu, ada juga fitur voice translator yang dapat menerjemahkan teks ke dalam bentuk suara. Kamu juga bisa mendownload suara hasil terjemahan.

Setiap hasil terjemahan tersebut dapat kamu bagikan ke Twitter dan Linkedin. Kamu juga menggunakan aplikasi ini sebagai ekstensi di Google Chrome.

Di sisi lain, aplikasi ini juga menyediakan layanan proofreading dan terjemahan profesional dengan kualitas terbaik dengan tarif terjangkau. Waktu pengerjaan terbilang cepat berkat tenaga penerjemah yang tersedia berasal dari belahan dunia. Untuk memesan layanan ini kamu dapat ke halaman: https://www.translatedict.com/professional-translation.php.

9. Bing Translator

Selain Google Translate, Bing menyediakan layanan terjemahaan yang bernama Microsoft Bing. Aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft Research. Pada tahun 2020, alat ini sudah tersedia dalam 70 bahasa. Kamu dapat mendownload aplikasi ini di App Store, Google Play Store, dan Amazon.

Aplikasi ini dapat merespon inputan pengguna dengan cepat karena aplikasinya ringan. Namun, fitur yang tersedia hanya teks dan voice translation dan belum tersedia dalam picture translation.

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk personal, bisnis, dan edukasi. Untuk penggunaan personal, alat ini dapat menerjemahkan percakapan, menu, dan rambu jalan secara real-time saat offline, situs web, dokumen, dan lainnya.

Dalam penggunaan bisnis, perusahaan dapat menggunakan API yang disediakan oleh aplikasi ini. Kamu dapat mengintegrasikan aplikasi pribadimu dengan Bing Translator untuk membantu pengguna untuk berkomunikasi dalam bahasa asing. Fitur yang tersedia adalah text translating dan speech.

Kesimpulan

Kamu sudah mengetahui beberapa daftar alat translate yang bisa kamu jadikan alternatif untuk menerjemahkan teks, gambar, dokumen, bahkan suara. Beberapa fitur tambahan seperti cek grammar, paraphrasing, sinonim, dan kamus juga bisa kamu gunakan untuk melengkapi proses pengeditan terjemahan.

Ada juga tools lain yang bisa translate aksara yang bisa kamu gunakan sebagai alat alternatif.

Jika punya budget lebih, kamu bisa menggunakan layanan Pro untuk mempercepat proses terjemahan dan keamanan data.

Untuk informasi mengenai teknologi lainnya dapat kamu akses melalui teknobgt.com. Selamat mencoba!

Leave a Comment