Chrome Dark Mode Windows 10 2021

Cara mengaktifkan Chrome dark mode Windows 10 2021 tampaknya masih belum diketahui banyak orang. Wajar saja, mode gelap pada Chrome memang bisa disebut fitur yang baru saja diluncurkan.

Dengan pengguna mencapai 1 juta lebih, browser satu ini terus berupaya memperbarui fitur demi kepuasan penggunanya. Tidak mengherankan kalau Chrome mampu menjadi salah satu browser terlaris saat ini.

Dark mode atau mode gelap sendiri termasuk fitur yang banyak dikembangkan oleh berbagai software dan media sosial. Mode ini dinilai lebih ramah bagi mata dan mampu menghemat daya.

Chrome dark mode Windows 10 2021
Chrome dark mode Windows 10 2021

Cara Mengaktifkan Chrome Dark Mode Windows 10 2021

Buat kamu yang ingin mengaktifkan dark mode pada laptop/PC, khususnya Windows 10 2021, ada dua cara melakukannya. Kamu bisa melakukannya dengan menambahkan ekstensi atau tanpa ekstensi.

1.      Tanpa Ekstensi

Mengaktifkan Chrome dark mode tanpa ekstensi hanya bisa dilakukan apabila kamu memiliki versi terbaru dari browser ini. Kamu cuma perlu mengikuti cara di bawah ini.

  • Buka Chrome pada laptop/PC kamu
  • Tekan ikon tiga titik horizontal yang letaknya di pojok kanan atas
  • Pilihlah menu “Settings” atau “Setelan”, lalu cari menu “Personalize” atau “Personalisasi”
  • Pilihlah opsi “Colors” atau “Warna”
  • Tekan opsi “Dark” yang terdapat pada pilihan “Default Windows Mode” atau “Mode Windows Default” dan “App Mode” atau “Mode Aplikasi” untuk mengaktifkan tema gelap
  • Setelah berhasil diaktifkan, browser kamu akan berubah menjadi gelap
Baca Juga :  Cara Agar Link Google Drive Langsung ke Aplikasi

2.      Aktifkan Chrome Dark Mode Windows 10 2021 dengan Ekstensi

Bila belum memiliki versi terbarunya, kamu masih bisa menikmati internetan dengan Chrome dark mode. Kamu perlu menambahkan ekstensi Dark Theme dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka Chrome pada laptop/PC kamu
  • Tekan ikon tiga titik horizontal yang letaknya di pojok kanan atas
  • Pilihlah menu “Settings” atau “Setelan”, lalu cari opsi “Appearance” atau “Tampilan”
  • Pilihlah opsi “Themes” atau “Tema” untuk membuka web store pada tab baru
  • Pada kolom pencarian, ketik “Dark Theme”
  • Kalau sudah tampak “Dark theme for VK.COM”, ketuk “Add to Chrome”
  • Tekan pada tulisan “Add extension”
  • Pada menu “Extension” atau “Ekstensi”, pilih tema yang baru saja ditambahkan tadi

Manfaat Menggunakan Dark Mode pada Chrome

Tema gelap memang memiliki banyak manfaat jika diterapkan. Itulah sebabnya banyak browser dan media sosial menambahkan tema gelap. Berikut manfaat menggunakan Chrome dark mode Windows 10 2021.

1.      Mata Tidak Terlalu Lelah

Apakah kamu termasuk sering mengalami mata lelah akibat menatap layar terlalu lama? Jika iya, menerapkan dark mode bisa menjadi salah satu solusi yang tepat, lo!

Layar gelap akan mengurangi intensitas cahaya yang membuat mata tidak terlalu lelah. Hal itu karena mata tidak perlu berkedip terlalu banyak untuk menjaga kondisinya tetap basah.

2.      Kontras yang Diciptakan Lebih Baik

Dengan tema gelap, layar cahaya yang dikeluarkan akan diminimalkan agar tidak terlalu terang di tempat gelap. Dengan begitu, kontras yang dihasilkan layar menjadi lebih baik.

3.      Menghemat Daya Baterai

Tema ini dapat menghemat penggunaan baterai enam kali lebih lama daripada terang. Hal itu karena kontras yang dihasilkan lebih sedikit sehingga laptop tidak mudah panas dan baterai tidak cepat habis.

Baca Juga :  Cara Menerjemahkan Bahasa Dengan Kamera Ponsel di Google Translate

4.      Meminimalkan Cahaya Biru

Tahukah kamu bahwa cahaya biru yang keluar dari perangkat dapat menjadi faktor penyebab penyakit berbahaya seperti kanker? Menggunakan Chrome dark mode bisa menurunkan risiko tersebut.

5.      Tulisan Tampak Lebih Jelas

Sedikitnya cahaya yang dikeluarkan membuat kamu lebih fokus terhadap hal-hal yang ditampilkan di layar, termasuk tulisan. Jadi, kamu bisa membaca dengan lebih jelas dan fokus.

6.      Tampilan Layar Lebih Keren

Redupnya cahaya pada layar perangkat ternyata menjadikan tampilan lebih keren, lo! Pasalnya, warna hitam mampu memberikan kesan elegan. Jadi, ada kepuasan tersendiri saat menggunakannya.

7.      Penggunanya Lebih Mudah Tidur

Cahaya biru yang diminimalkan pada layar ternyata berdampak positif bagi sistem kerja otak. Tubuh menjadi lebih gampang memproduksi hormon melatonin untuk memerintahkan tubuh kamu agar tidur.

Selain dapat diterapkan dengan cepat dan mudah, tema gelap rupanya memiliki banyak manfaat buat tubuh dan laptop kamu. Jadi, penggunaan Chrome dark mode Windows 10 2021 sangat baik untuk dicoba.

Leave a Comment