Cara Blok File di Laptop Paling Praktis

Bagi para pemula bagaimana cara blok file di laptop, merupakan pertanyaan yang cukup membingungkan. Blok umumnya berfungsi ketika kamu memiliki berkas lebih dari satu yang ingin dipindahkan, hapus, kirim ataupun copy.

Aktivitas tersebut cukup mudah dilakukan apalagi jika jumlah berkas sedikit, kurang dari 10. Namun, jika puluhan atau bahkan ratusan tentu akan sangat ribet dan melelahkan jika harus dilakukan manual satu persatu.

Cara blok file di laptop, merupakan aktivitas penting untuk memudahkan serta menyingkat waktu. Misalnya saat kamu ingin memindahkan suatu file dari laptop ke smartphone, karena jika dilakukan manual akan memakan waktu lama dan membosankan.

Select atau menandai file, dipilih sebelum memindahkan merupakan cara yang tergolong efektif. Sehingga prosesnya akan jauh lebih cepat, karena tidak memerlukan waktu lama. Pekerjaan kamu pastinya akan sangat terbantu.

Bukan hanya memindahkan, kamu juga sebenarnya dapat melakukan proses penghapusan ataupun menyalin secara massal. Dapat digunakan untuk beragam jenis berkas seperti gambar, video, audio maupun dokumen hasil pekerjaanmu.

cara blok file di laptop
cara blok file di laptop

Cara Blok File di Laptop Tanpa Mouse

Melakukan penandaan atau select file menggunakan bantuan mouse sudah pasti kamu hafal dan bisa melakukannya. Karena sangat mudah, hanya perlu meletakkan kursor pada bagian awal teks yang ingin diseleksi saja.

Lalu klik serta tahan pada bagian kiri mouse pad, sambil menggesernya sampai selesai. langkah ini juga bisa digunakan menggunakan touchpad ternyata, drag tanpa terputus hingga mencapai bagian akhir teks tersebut.

Cara blok file di laptop maupun komputer, sangatlah disarankan untuk memindahkan atau menghapus sebuah file hingga folder. Proses penandaan ini memungkinkan penghapusan atau pemindahan data secara cepat, efektif dan efisien.

  1. Langkahnya cukup mudah, hanya perlu menekan shift pada file nomor 1 dan teruskan menekan tombol Shift tersebut pada keyboard.
  2. Setelah itu klik pada file nomor terakhir yang hendak ditandai, jika sudah tersorot lepaskan tombol Shift tersebut.
  3. Selanjutnya pilih yang ingin dipindahkan (cut) maupun hapus (delete). Namun tombol Shift tidak dibutuhkan jika hendak menandai file acak, cukup tekan tombol ctrl pada keyboard.
  4. Tekan ctrl saat memilih berkas atau folder yang ingin ditandai, pastikan dilakukan benar.
  5. Selanjutnya pilih data yang ingin dipindahkan (cut) atau hapus (delete) sebagai Langkah terakhir cara block file di laptop. Sesuaikan tergantung pada pilihan dan tentunya kebutuhanmu, dengan file berurutan ataupun acak.
Baca Juga :  Cara Menaikkan Berat Badan Dengan Cepat dan Alami

Langkah Memblok Teks Panjang dan Berukuran Besar

Melakukan blok teks, gambar maupun tabel menggunakan mouse merupakan aktivitas yang cukup menyita waktu. Tangan dan mata akan terasa lelah karena harus menahan mouse atau touchpad sampai selesai sesuai keinginanmu.

Apalagi jika kemudian konsentrasi kamu buyar, mau tidak mau kita harus mengulangi langkah dari awal. Padahal sebenarnya ada tips dan cara blok file di laptop paling ampuh, cepat dan mudah dilakukan. Bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain juga tentunya.

Jika hendak memblok beberapa bagian dokumen, kamu hanya perlu meletakkan kursor pada bagian awal teks yang ingin ditandai. Tekan tombol Shift dan salah satu tombol panah secara bersamaan sesuai arah teks.

Jika ingin memblok satu kata secara langsung, cukup tekan Shift + Alt + tombol panah kanan kiri. Sementara jika ingin menyeleksi satu paragraf sekaligus, tekan Shift + Alt + tombol panah atas bawah. Pastinya sangat gampang dan simple.

Sebagai catatan cara blok file di laptop, jika terjadi kesalahan saat menyeleksi teks kamu perlu tahu langkah memperbaikinya. Tekan tombol panah kanan kiri sembari menahan tombol Shift untuk menghilangkan tandanya.

Langkah Ini bisa juga dapat diterapkan pada sebuah dokumen dengan format PDF. Maupun halaman website yang berisi dengan teks, perbedaannya yakni hanyalah terletak pada bagian langkah awalnya saja.

Kamu harus melakukan proses seleksi bagian awal teks menggunakan mouse, baru kemudian meneruskan menggunakan beberapa kombinasi tools keyboard. Cara blok file di laptop kini bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah, dengan beberapa tombol saja.

Leave a Comment