Kecerdasan Buatan Terbaru di Kehidupan Manusia Sehari-Hari, Apa Saja Contohnya?

Contoh kecerdasan buatan sebenarnya sudah banyak ada di berbagai negara sampai saat ini. Bahkan tanpa Anda menyadarinya, orang-orang telah mengatakan hidupnya pada teknologi artificial intelligence. Lantas apa saja contoh kecerdasan buatan terbaru hingga berkembang sekarang?

Contoh Kecerdasan Buatan Terbaru untuk Kehidupan Manusia Sehari-Hari

Kecerdasan buatan adalah sistem komputer yang telah terancang untuk memiliki kecerdasan seperti halnya manusia. Sistem akan ditanamkan ke dalam perangkat ataupun situs web agar dapat menjalankan aktivitas sesuai dengan pikiran manusia. Berikut beberapa contoh terbarunya menurut techsbright.com :

1. Robot Vacuum Cleaner

Meskipun sudah banyak orang menggunakannya, namun tidak sedikit dari produsen selalu melakukan pengembangan produk untuk melengkapinya dengan fitur-fitur terbaru. Robot vacuum cleaner ini jadi bukti kecerdasan buatan yang ikut membantu menyelesaikan pekerjaan rumah khususnya ibu-ibu.

Alat penghisap debu secara otomatis memiliki berbagai jenis rangkaian sensor untuk melakukan navigasi. Sistem ini membantu robot dalam menyesuaikan diri dengan situasi rumah ketika sedang bergerak. Ada juga sensor waktu yang secara aktif sehingga robot hanya bergerak sesuai kebutuhan.

2. Algoritma yang Muncul di Beranda Media Sosial

Walaupun sudah banyak orang menggunakan media sosial, namun masih sedikit di antara mereka memahami apa apa sebenarnya algoritma di dalam medsos tersebut. Dulunya orang-orang masih berlangganan koran dan majalah untuk mendapatkan berita terbaru setiap harinya.

Baca Juga :  Apa Itu Sertifikat SSL Wildcard dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

Namun saat ini, Anda sudah bisa memenuhi kebutuhan permintaan berita tersebut melalui beranda sosial media yang menyuguhkan berita terbaru dan up to date. Kecerdasan buatan akan bermain dalam algoritma media sosial untuk menampilkan konten yang sering Anda baca dan sukai.

3. Perbankan Sistem Online pada Aplikasi M-Banking

Penerapan AI juga terasa dalam pengaplikasian perbankan, khususnya yang telah mendukung aplikasi m-banking. Adanya fitur kode QR dalam aplikasi perbankan akan secara langsung memindai barcode rekening tujuan secara cepat. Dengan begitu, Anda pun bisa melakukan transaksi dalam waktu singkat.

Dunia perbankan secara offline sebenarnya juga sudah penuh oleh teknologi kecerdasan buatan. Misalnya saja peralatan perbankan yang berfungsi untuk melakukan deteksi penipuan maupun pemalsuan tanda tangan. Hanya saja sampai sekarang terus berkembang pesat ke semua bidang.

4. Website Marketplace atau e-commerce

Kecerdasan buatan di dalam website marketplace tampak ketika hasil pencarian produk akan muncul sesuai dengan kebutuhan. Fitur pencarian gambar pun berbasis AI untuk memudahkan fungsi tersebut sehingga Anda akan melihat berbagai jenis produk serupa setelah mencari satu saja kata kunci.

Perilaku ketika berbelanja ataupun mengakses situs juga akan terpantau secara langsung oleh sistem AI. Hasilnya, website tersebut akan memberikan rekomendasi produk atau toko sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas perbelanjaan. Sistem AI pun mampu melacak pengiriman sampai ke tujuan.

5. Fitur GPS untuk Navigasi

Sudah banyak orang yang menggunakan GPS ini untuk berbagai kebutuhan. Fungsi utama sebagai navigator juga didukung oleh kecerdasan buatan. Hasilnya pun diharapkan selalu akurat. Selain itu, GPS juga menggunakan big data system dalam proses pembuatan karena berbasis di seluruh dunia.

Alasannya, GPS harus merekam semua perjalanan di dunia secara detail hanay untuk mempermudah Anda pada saat sedang mengemudi. Keberhasilan GPS saat sedang mendeteksi jalanan macet pun juga menjadi salah satu bentuk kecerdasan buatan terbaru sehingga bisa menentukan rute tercepat.

Baca Juga :  Pengertian Garis Lurus Vertikal dan Contohnya

6. Digital Marketing

Istilah pemasaran secara digital ini jadi opsi marketing secara unggulan yang sejatinya berbasis kecerdasan buatan. Teknologi AI Ini akan mendeteksi aktivitas, kesukaan dan selera pengguna ketika sedang berselancar dalam internet menggunakan fitur cookies.

Alhasil, pengguna internet akan mendapatkan informasi dan iklan yang relevan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka saat menjelajah internet. Di sisi lain, hal ini akan terasa menguntungkan bisnis maupun pelaku digital marketing karena menyasar pasar secara lebih akurat.

7. Rekam Medis Pasien

Kecerdasan buatan juga hadir di sektor rumah sakit dan kesehatan khususnya di bidang pendataan rekam medis pasien. Melalui fitur ini, tim administrasi di rumah sakit tidak perlu mencari berkas yang diperlukan. Keuntungannya yakni data digital akan menjadi backup jika data asli hilang.

Selain itu dokter juga tidak harus mencari dokumen pasien ke ruangan lain. Kecerdasan buatan ini akan berfungsi secara baik hanya dengan melihat riwayat medis pasien yang mereka periksa tanpa harus berpindah ruangan terlebih dahulu.

8. Pesan Ojek Online

Ketika Anda sedang memesan ojek online, maka nantinya aplikasi akan menunjukkan kehadiran spot dimana objek tersebut berada. Pemesanan ini berlangsung secara otomatis dan acak saat memilih driver yang terpilih dengan beragam jenis kriterianya. Apk ini sangat efektif untuk memudahkan kebutuhan.

Pengguna bisa melakukan pembelian makanan dan pengantaran hingga pengiriman barang sesuai tujuan masing-masing. Terlebih untuk melakukan berbagai fitur tersebut, mereka hanya perlu menggunakan ponsel pintar saja. Apk ini terasa sangat membantu baik untuk driver atau customer.

9. Translator

Program penerjemah berbagai jenis bahasa juga menggunakan sistem kecerdasan buatan untuk memaksimalkan fungsinya. Saat ini translator pun sudah memiliki berbagai jenis kecanggihan dalam bentuk voice record. Anda hanya perlu merekam suara kemudian translator langsung menerjemahkan.

Baca Juga :  Teknologi Elon Musk Untuk Membantu Ukraina Membuat Rusia Menderita

Tidak hanya itu, ada juga translator yang lengkap dengan kamera. Jadi pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ke tulisan tanpa harus memotretnya. Kemudian tulisan tersebut akan secara otomatis berubah dengan sendirinya sesuai permintaan bahasanya.

10.  Streaming Video atau Musik

Saat ini kegiatan streaming sudah menjadi salah satu media paling disukai oleh kebanyakan orang. Program ini bisa mengakses semua video dan musik secara mudah dan cepat. Ketika melakukan streaming video, program akan menampilkan kualitas sesuai dengan kemampuan sinyal pada HP.

Biasanya, ketika hendak membuka aplikasi tersebut, teknologi akan menyuguhkan berbagai jenis konten terbaru dan paling trend saat itu. Bahkan tanpa pengguna memintanya, sistem bisa memberikan rekomendasi berdasarkan hasil pencarian dan penelusuran dari pengguna.

11.  Fitur Selfie

Ketika Anda tertarik untuk melakukan foto selfie menggunakan kamera ponsel, maka pastinya akan menambahkan berbagai jenis fitur yang menarik mulai dari editing, beauty hingga tambahan filter lainnya. Ada juga beberapa aplikasi camera memberikan akses wajah untuk mengubah tampilannya.

Contoh fitur selfie tersebut juga menggunakan kecerdasan AI untuk melakukan deteksi wajah secara tepat mulai dari warna, kualitas dan juga bentuk wajahnya. Jadi anda pun tidak perlu lagi melakukan editing agar tampil lebih menarik karena saat ini sudah tersedia berbagai jenis filter pada kamera.

Ada banyak sekali contoh kecerdasan buatan terbaru yang sebenarnya sudah diterapkan oleh manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Hanya saja sebagai penggunanya kurang menyadari akan hal itu. Bahkan saat ini kebanyakan aktivitas sudah bergantung sepenuhnya ke teknologi AI.

Leave a Comment