cara membuat paragraf menjorok di word

Cara Membuat Paragraf Menjorok di Word

Mochamad Ikhwana

Saat mengetik laporan, kamu perlu tahu cara membuat paragraf menjorok di word. Karena ciri-ciri dari sebuah paragraf yaitu bagian awalnya yang lebih ke dalam. Bagian yang tergeser itu juga untuk membuat tulisan bisa terlihat lebih rapi.

Membuat jarak kalimat sebenarnya bisa dengan menekan spasi pada keyboard. Ada sebagian orang yang memakai cara ini. Karena memang tidak tahu bagaimana membuat paragraf yang rapi pada laporannya.

Langkah itu tidak akan membuat tulisan jadi rapi. Karena bisa saja jumlah spasi yang ditekan berbeda di antara satu kalimat dengan seterusnya. Hasil laporan malah akan jadi lebih berantakan.

Normalnya, jarak kalimat pertama ke dalam itu sekitar 1.2 cm. Ukurannya kira-kira sama dengan 7 ketukan. Cara mudah buat paragraf yang menjorok bisa dilakukan dengan mudah dan rapi.

Langkah ini dibuat pada tulisan yang panjang agar jelas jumlah alineanya. Terlebih dalam soal bacaan yang akan menentukan soal berdasarkan paragraf. Kalau tulisannya dibuat rata semua, peserta ujian akan kesulitan menentukan penomoran alinea.

cara membuat paragraf menjorok di word
cara membuat paragraf menjorok di word

Cara Membuat Paragraf Menjorok di Word Ketika Mengetik Laporan di PC

Setelah selesai membuat artikel, cerpen atau laporan tertentu, penulis perlu memperhatikan kerapian tulisannya. Tidak cukup hanya mengatur rata tulisan kiri kanan, namun juga perlu membuat paragraf lebih rapi.

Membuat tulisan menjorok bisa dilakukan secara manual. Berarti kamu akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk ini. Karena harus mengerjakannya pada setiap paragraf.

Metode ini bisa dipakai dalam jenis laporan pendek, atau artikel singkat. Pastikan kursor ada pada paling depan kalimat. Berarti pada posisi setiap paragraf yang akan dijorokkan.

Temukan tombol tab pada bagian kiri keyboard. Kamu hanya perlu menekannya untuk cara membuat paragraf menjorok di word. Kemudian lakukan lagi pada baris selanjutnya sampai akhir.

Lalu bagaimana kalau tulisannya lebih panjang. Seperti pada skripsi. Rapikan alineanya dengan menjorokkan kalimat pertama mengikuti langkah ini:

  1. Pilih semua aline yang telah selesai diketik. Bisa dilakukan dengan menekan ctrl+A pada keyboard.
  2. Pada bagian tools, tepat di atas garis berisikan angka ada tulisan paragraph. Tidak jauh di sebelahnya ada tombol panah kecil, tekan panah itu.
  3. Kemudian akan muncul pengaturan alinea.
  4. Pada bagian indentation, ada kolom special lalu pilih first line.
  5. Dalam kotak by, tentukan berapa jarak yang diperintahkan. Jika tidak ada aturan khusus, boleh memilih 1.2 saja.
  6. Terakhir, tinggal klik ok.
  7. Laporan akan jadi lebih rapi dengan paragraf yang jelas.

Bagaimana dengan Cara Membuat Paragraf Menjorok di Word Ponsel

Menulis sesuatu tidak hanya bisa dilakukan di laptop atau komputer saja. Sebagian akan menulis cerita atau laporan memanfaatkan hp masing-masing. Karena hanya perlu menginstal aplikasi Microsoft Word di ponsel pintar kamu.

Microsoft Word adalah tempat untuk menjadikan dokumen lebih menarik. Perangkat lunak ini tidak hanya berguna bagi karyawan tapi juga untuk pelajar dan mahasiswa. Tidak memiliki laptop untuk mengerjakan laporan, dari hp juga bisa diakses dengan mudah.

Tidak perlu susah-susah melakukannya di ponsel, ketik dulu saja semua tulisan kamu sampai selesai. Merapikan setiap alinea bisa dilakukan di bagian akhir. Langkah-langkahya:

  1. Buka aplikasi untuk membuat tulisan di ponsel pintar.
  2. Klik tanda plus atau tambah untuk memulai penulisan pada dokumen kosong.
  3. Setelah muncul halaman putih, ketik semua hal yang mau dibuat ke dalam laporan atau cerita.
  4. Begitu selesai mengetik semuanya, cara membuat paragraf menjorok di word hp dengan melihat di bagian kanan bawah halaman word.
  5. Tekan ikon segitiga dan klik pemformatan paragraf pada beranda pengaturan.
  6. Pilih indentasi khusus.
  7. Pada pilihan ini, penulis bisa memilih akan mengatur tulisan ingin seperti apa. Dengan format kalimat pertama menjorok ke dalam atau menggantung saja.
  8. Nanti laporan yang dibuat akan jadi lebih rapi.

Microsoft word adalah perangkat lunak yang melekat dalam keseharian hampir semua individu. Digunakan oleh setiap profesi, pelajar dan mahasiswa. Layanan ini dikembangkan untuk memudahkan mengerjakan laporan dengan cepat, tanpa harus ditulis dengan tangan.

Agar tampilan laporan dan tulisan lebih rapi dan enak dibaca, setiap paragraf harus dibuat secara terpisah. Memisahkan masing-masingnya bisa dengan cara membuat paragraf menjorok di word laptop atau handphone.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment