3 Cara Memilih Beberapa File di Laptop

Apakah kamu sudah mengetahui cara memilih beberapa file di laptop? Cara yang seharusnya diketahui oleh setiap pengguna laptop. Terutama mereka yang menggunakan laptop untuk beraktivitas sehari-hari.

Misalnya, pekerjaan kantor, manajemen data di laptop, bisnis online di dunia maya, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, kamu yang belum mengetahui cara mudah memilih file silahkan membaca artikel ini hingga tuntas agar bisa memahaminya.

cara memilih beberapa file di laptop
cara memilih beberapa file di laptop

Mengenal Manajemen File di Laptop

Kamu sekalian yang memiliki laptop dan setiap hari selalu menggunakannya karena tuntutan pekerjaan keseharian. Jika kondisinya seperti itu, kamu sebagai pemilik laptop memang harus bisa memanfaatkannya secara optimal.

Tujuannya agar bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu dan hasilnya sesuai yang diharapkan. Apalagi pekerjaannya mengharuskan kamu untuk memilih file-file di folder atau directory yang sudah ditentukan.

Kamu harus bisa memilih semua file yang dibutuhkan dengan cara cepat dan tepat. Cara memilih beberapa file di laptop yang lebih efektif, sehingga tidak membuang-buang waktu bekerja. Apalagi kamu yang selalu sibuk bekerja menggunakan laptop setiap hari.

Dimana tuntutan pekerjaan yang melibatkan kamu dalam manajemen atau pengelolaan file di laptop. Jumlah filenya tidak hanya satu dua saja, tetapi puluhan hingga ratusan. Semua file tersebut harus dipilih dan dipilih sesuai kriteria serta kelompoknya masing-masing.

Setiap kelompok diwakili oleh folder dengan nama tertentu. Selanjutnya, file-file yang masuk dalam kategori kelompoknya dipindah dan dimasukkan ke dalam foldernya. Kamu tidak mungkin memilih dan memindahkan filenya satu per satu.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Komentar YouTube

Cara semacam itu menghabiskan waktu saja dan tidak efektif. Sebagai gantinya, kamu harus mempraktikkan cara mudah memilih file yang lebih cepat, mudah, dan efektif untuk dilakukan.

Setelah satu kelompok di dalam sebuah folder sudah diisi banyak file sesuai kategorinya, dilanjutkan dengan kelompok lainnya hingga semuanya selesai. Itulah yang dinamakan manajemen file yang bisa kamu lakukan sendiri di laptop pribadi.

Mungkin teorinya terkesan sulit dan berbelit-belit. Namun kenyataannya, cukup mudah caranya untuk dipraktikkan. Dengan catatan, kamu harus bisa mempraktikkan caranya sesuai rekomendasi.

Mengenal Cara Memilih Beberapa File di Laptop yang Mudah dan Direkomendasikan

Selanjutnya, kamu perlu mengetahui caranya setelah mengenal perihal manajemen file di laptop. Pengaturan banyak file untuk dikelompokkan ke dalam masing-masing folder yang sesuai kriterianya. Manajemen semacam itu sangat dibutuhkan dalam pekerjaan.

Tidak hanya pekerjaan kantor saja, tetapi juga aktifitas lainnya yang melibatkan penggunaan laptop. Misalnya, koleksi lagu, artikel, gambar, video, dan jenis konten lainnya.

Semua filenya perlu dipilih, dipilah, dan dikelompokkan sesuai jenisnya seperti kamu inginkan. Adapun cara mudah memilih file yang mudah dan direkomendasikan sebagai berikut.

1.      Memilih Semua File di Sebuah Folder

Dikarenakan semua file di dalam sebuah folder tersebut dibutuhkan, kamu bisa memilihnya sekaligus. Tidak perlu memilihnya satu per satu karena terlalu lama. Adapun caranya yang bisak kamu praktikkan sebagai berikut.

  • Buka dulu foldernya, lalu pencet tombol CTRL + A di keyboard. Dengan begitu, semua file di dalam folder akan tersorot dan terpilih.
  • Selanjutnya, kamu bisa melakukan aktifitas kelanjutan untuk file tersebut. Misalnya, kamu ingin menghapus (delete) filenya, menyalin (copy) filenya, atau yang lainnya.

2.      Cara Memilih Beberapa File di Laptop dengan Berurutan di Sebuah Folder

Untuk cara yang satu ini, juga tidak kalah mudahnya. Kamu bisa melakukannya dengan cepat sebagai berikut.

  • Silahkan buka dulu foldernya, lalu klik satu file di dalamnya. Setelah itu, kamu tekan tombol SHIFT pada keyboard sambil memencet tombol arah ke bawah, ke atas, atau ke samping seperti yang diinginkan.
  • Dengan begitu, file akan terpilih secara berurutan dan lebih cepat memilihnya. Silahkan kamu coba sendiri.
Baca Juga :  Cara Masukin Kode Undangan di TikTok

3.      Memilih Banyak File Tidak Berurutan di Sebuah Folder

Masih ada cara mudah memilih file lainnya yang perlu kamu ketahui. Cara yang satu ini bisa kamu praktikkan saat ingin memilih banyak file tidak berurutan di sebuah folder. Beberapa langkahnya sebagai berikut.

  • Buka foldernya, lalu klik salah satu file yang diinginkan. Setelah itu, tekan CTRL sambil mengklik file lainnya secara tidak berurutan.
  • Setelah file-filenya dipilih, kamu bisa mengcopy atau mendeletenya seperti yang diinginkan. Cukup mudah, bukan?

Kamu sekalian sudah mengenal cara memilih beberapa file di laptop beserta langkah-langkahnya. Jangan sampai salah mempraktikkannya di laptop sendiri.

Leave a Comment