Cara Menandai Foto di Laptop dengan Mudah

Belakangan banyak orang yang menanyakan cara menandai foto di laptop. Mungkin ketika kamu sedang menelusuri gambar lama di laptop, terbesit pikiran untuk menyalin atau memindahkannya ke lokasi atau folder yang lebih aman.

Itu artinya, kamu harus tahu bahwa ada beberapa cara memindahkan gambar di laptop yang sesuai dengan kebutuhan, yang akan membuat proses transfer menjadi lebih mudah. Ketika menggunakan laptop, proses menyalin, mentransfer, dan menghapus gambar atau data lain adalah hal yang biasa.

Jika kamu perlu menyalin atau memindahkan sejumlah kecil gambar, itu tidak akan menjadi masalah karena kamu bisa melakukannya satu per satu.

Namun bagaimana jika ada ratusan bahkan ribuan foto yang perlu dipindahkan? Itu pasti akan menjadi masalah besar, bukan? Namun tidak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan metode berikut untuk cara menandai gambar di laptop dan memindahkannya.

cara menandai foto di laptop
cara menandai foto di laptop

6 Cara Menandai Foto di Laptop dengan Mudah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa cara untuk menandai file gambar di dalam laptop. Diantaranya adalah:

1. Menandai Foto Secara Urut

Kamu bisa menggunakan mouse/touchpad, tombol “Shift”, atau tombol pintasan untuk menandai banyak foto di laptop kamu secara berurutan. Adapun caranya adalah:

  • Dengan Mouse atau Touchpad

Cara pertama ini dikenal dengan istilah drag and select yaitu dengan memblok file yang akan dipindah. Secara alami, strategi ini hanya dapat digunakan jika file foto diatur dalam urutan yang berdekatan satu sama lain.

Baca Juga :  Cara Buka Blokir PSE Kominfo, Solusi Buka Paypal dan Platform Game Yang Diblokir Kominfo

Prosesnya sangat sederhana: arahkan mouse ke file pertama yang ingin ditandai, lalu tekan dan tahan tombol kiri sambil menggerakkan mouse ke file terakhir, lalu lepaskan tombol kiri.

2. Cara Menandai Foto di Laptop Menggunakan Tombol Shift

Untuk menandai foto secara berurutan, tombol shift pada keyboard juga dapat digunakan dengan cara dibawah ini. Dengan cara ini, kamu bisa menandai foto secara bebas, bahkan tanpa berurutan. Kamu bisa memilih foto yang ingin ditandai satu per satu. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Cara menandai gambar di laptop yang pertama, klik kiri file pertama.
  • Tahan tombol “Shift”.
  • Pilih dan klik kiri pada file terakhir yang akan ditandai sembari menahan tombol Shift. File di antara file pertama dan terakhir akan ikut terblok.
  • Selain itu, kamu bisa memilih file dengan menggunakan tombol panah atas dan bawah untuk menyeleksi file sambil menahan tombol “Shift”.

3. Cara Menandai Foto di Laptop Menggunakan Shortcut

Cara ini sangat cocok jika kamu ingin menandai semua foto dalam sebuah folder. Satu-satunya cara untuk memilih setiap file dalam folder adalah dengan menekan Ctrl + A. Selain menggunakan shortcut, kamu juga bisa memilih opsi “Select All” yang terdapat di tab beranda atas.

4. Secara Acak

Biasanya, diperlukan pendekatan lain jika lokasi file foto yang ingin ditandai tidak berurutan. Kamu bisa menandai foto yang ditemukan secara acak di laptop dengan menggunakan tombol “Ctrl” atau memilih fitur “check box”.

5. Cara Menandai Foto di Laptop Menggunakan Tombol “Ctrl”

Untuk menggunakan teknik ini, kamu perlu mengklik kiri salah satu file yang ingin ditandai. Selanjutnya, klik kiri pada file yang ingin ditunjukkan sebagai file berikutnya sembari menahan tombol “Ctrl”. Dengan begitu, kamu dapat memilih file secara acak.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Komentar YouTube

6. Menandai Foto di Laptop dengan Mengaktifkan Item “Check Boxes”

Di laptop, kamu juga bisa menandai foto yang terletak di tempat yang tidak biasa dengan menggunakan opsi “check box”. Namun ingat, kamu harus mengaktifkan menu ini terlebih dahulu karena sering tidak terbuka.

“Check box” cukup mudah digunakan. Pilih kotak centang item menu setelah mengklik tautan “Tab View” di bagian atas. Ketika kamu mengarahkan kursor ke file, check box akan muncul di sebelah kiri file.

Selanjutnya, tempatkan kursor mouse pada file yang ingin ditandai. Setelah itu, klik “checkbox” yang ditampilkan di sisi kiri file. File yang dipilih akan dipilih secara otomatis. Ikuti prosedur yang sama untuk menandai file lain.

Jadi, kamu tidak perlu melakukannya satu per satu lagi jika ingin menyalin, mentransfer, atau menghapus gambar dari laptop. Dengan begitu, kamu tidak akan membuang banyak waktu ketika menggunakan laptop untuk segala aktivitas didalamnya.

Itu dia beberapa cara menandai foto di laptop yang bisa kamu aplikasikan dengan mudah. Karena ada banyak cara, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Leave a Comment