Cara Mengatasi Hp Patah Patah atau Lag

Belakangan banyak orang yang menanyakan cara mengatasi hp patah patah atau lag. Kamu pasti merasa tidak nyaman ketika bermain hp namun tiba-tiba rusak atau lag.

Tampaknya ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan ponsel menjadi lambat atau tidak berfungsi dengan baik. Namun jangan khawatir, kamu bisa mencoba beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

cara mengatasi hp patah patah
cara mengatasi hp patah patah

9 Cara Mengatasi Hp Patah Patah dengan Mudah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa cara untuk mengatasi handphone lemot atau lag. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Lakukan Restart Hp

Cara mengatasi hp patah patah yang pertama adalah memulai ulang ponsel yang ngelag atau lemot. Karena sering kali pengguna dapat menemukan berbagai aplikasi yang mungkin berdampak negatif pada fungsi seluler.

Hal ini bisa mengurangi ruang yang ada pada memori serta kerja SoC. Memulai ulang telepon akan menyebabkan sistem ini memulai kembali. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan ponsel dengan sistem yang normal lagi.

2. Matikan Mode Hemat Daya

Cara mengatasi hp patah patah selanjutnya adalah matikan mode hemat daya. Mengapa demikian? Karena performa SoC yang ditujukan hanya untuk mengolah data, dimana SoC ini tidak memakan banyak daya baterai.

Sementara ini terjadi, beberapa aplikasi memerlukan SoC yang lebih cepat. Misalnya, ketika kamu sedang bermain game di ponsel. Mungkin ponselmu menjadi kurang responsif jika menggunakan mode hemat baterai.

Baca Juga :  Tips Mengoptimalkan Bisnis Anda di Instagram

3. Pastikan Baterai Hp Terisi Penuh

Cara selajutnya pastikan baterai ponsel mu terisi penuh. Ponsel yang memiliki baterai lemah dapat bekerja lebih buruk, tidak berfungsi, atau lag. Jika baterai mu hampir habis, isi daya ponsel terlebih dahulu. Gunakan telepon setidaknya sampai baterai terisi 80%.

4. Hapus File Sampah dan Cache

Untuk mengurangi memori internal di ponsel mu, lanjutkan dengan membersihkan sampah dan cache data. Dengan cara ini, transfer data antara penyimpanan dan CPU ponsel akan lebih efektif.

Untuk menghapus cache dan sampah, gunakan aplikasi dari app store atau play store. Program Clean Master dan CCleaner tersedia untuk digunakan.

5. Perbarui perangkat lunak

Cara mengatasi hp patah patah selanjutnya adalah memperbarui perangkat lunak dan meningkatkan fungsionalitas perangkat tersebut. Kamu bisa memperbaiki bug di versi lama dengan mengupdate yang baru.

Dengan melakukannya, kamu bisa meningkatkan fungsionalitas ponsel cerdas dan menggunakan beberapa fitur terbaru yang disertakan pada rilis tersebut.

6. Jangan Menggunakan Hp sambil Cas

Menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya meningkatkan risiko ponsel rusak atau menjadi lambat. Tergantung pada modelnya, menggunakan telepon ketika sedang mengisi daya dapat mempengaruhi kinerjanya.

Hal ini bertujuan membuat pengecasan hp menjadi lebih efisien. Selain itu, menggunakan ponsel ketika sedang mengisi daya dapat mempercepat laju pengurasan baterai.

Karena hal itu dapat mempersingkat masa pakai komponen ponsel dan menyebabkan perangkat menjadi lebih cepat panas. Mungkin fakta bahwa kamu sering menggunakan ponsel ketika mengisi daya itulah yang menyebabkannya rusak atau ngelag.

7. Sebaiknya Hindari Memakai TWS

Cara mengatasi hp patah patah selanjutnya adalah hindari menggunakan TWS. True Wireless Stereo (TWS) adalah jenis headphone yang terhubung secara nirkabel, bukan melalui kabel, ke gadget seperti komputer dan smartphone.

Baca Juga :  Intip, 4 Warna Cat Pengusir Nyamuk di Rumah

Untuk beroperasi, TWS menggunakan gelombang radio yang digabungkan dengan koneksi Bluetooth. Karena menggunakan koneksi Bluetooth kedua, multitasking di ponsel mu kini dapat dilakukan. Mungkin saja ini akan memperlambat ponsel.

Khususnya saat menggunakan mode Penguatan Jaringan saat bermain game. Smartphone secara bersamaan akan mengaktifkan Bluetooth, Wifi, dan data seluler. Mungkin tidak masalah untuk ponsel sekelas Flagship. Namun, jika ini terjadi pada ponsel kelas bawah, situasinya akan berbeda.

8. Hentikan Aplikasi di Latar Belakang

Tanpa disadari, program tertentu yang kurang dimanfaatkan, seperti YouTube, Maps, Facebook, atau browser Chrome, mungkin masih beroperasi ketika kamu bermain game. Sebagai akibat dari pemrosesan banyak data, hal ini dapat meningkatkan tekanan pada SoC.

Performa hp dapat dipengaruhi oleh beban kerja SoC. Data yang merespons SoC dengan lambat adalah penyebabnya. Selain itu, menjalankan program membutuhkan memori RAM. Sebelum bermain game, pastikan untuk selalu menutup semua program yang terbuka.

9. Uninstall Aplikasi yang tidak berguna

Cara selanjutnya adalah uninstall aplikasi yang tidak berguna. Tujuan agar memori internal ponsel tidak terpakai habis. Disini, kamu bisa menggunakan aplikasi terkait atau menghapusnya secara manual.

Mungkin tidak menjadi masalah jika ponsel kamu memiliki banyak memori internal. Namun, jika penyimpanannya kecil, seperti 32GB, tentu akan sangat merepotkan.

Demikian cara mudah atasi hp yang patah atau ngelag saat digunakan. Dengan cara mengatasi hp patah patah tersebut, harapannya ponsel kembali berfungsi dengan baik.

Leave a Comment