Pengertian Garis Lurus Vertikal dan Contohnya

Pasti kamu tidak asing dengan garis lurus vertikal dan juga horizontal. Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita sering bersinggungan dengan kedua garis itu, garis horizontal dan juga vertikal.

Kedua garis tersebut dalam kehidupan sehari-hari dapat berwujud benda-benda yang terlihat oleh mata kita. Nanti kita akan membahasnya secara lengkap, namun kali ini kita khusus akan membahas tentang garis vertikal.

Mulai dari pengertiannya, hingga contoh garis vertikal di dalam kehidupan sehari-hari. Jadi bagi kamu yang masih kebingungan antara garis vertikal dan horizontal, setelah ini tidak perlu bingung lagi.

Garis Lurus Vertikal
Garis Lurus Vertikal

Mengenal Pengertian Garis Lurus Vertikal

Seperti telah dibahas sebelumnya, di dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sering bersinggungan dengan garis vertikal dan juga horizontal. Sebelum membahas contohnya, kita bahas dulu pengertiannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, vertikal sendiri ialah tegak lurus dari bawah ke atas atau sebaliknya. Garis Vertikal membentuk sebuah garis dengan sudut 90 derajat tegak lurus.

Dengan garis horizontal, bidang datar atau permukaan bumi. Sementara menurut Pustekkom Kemdikbud, vertikal merupakan sumbu yang tegak atau disebut juga sumbu y. Lalu sumbu horizontal disebut sumbu x.

Sama halnya seperti pengertian garis vertikal menurut Pustekkom Kemdikbud. Pada koordinat kartesius garis vertikal ini sering kali digambarkan dengan garis yang letaknya sejajar dengan sumbu y.

Biasanya pada soal matematika yang membahas titik koordinat. Pasti akan selalu ada garis horizontal dan juga garis vertikal. Itu hanyalah salah satu contohnya, masih banyak lagi contoh lainnya.

Baca Juga :  Inilah Dia Teknologi Terbaru Tahun 2022

Sebenarnya, ada cara mudah untuk mengenali, apakah garis itu adalah garis vertikal atau garis horizontal. Sebab terkadang, masih ada beberapa orang yang tidak bisa membedakan kedua garis tersebut.

Cara mudah untuk mengenali garis lurus vertikal, perhatikan saja semua garis yang tegak seperti angka 1 atau huruf l. Di dalam menggambar titik koordinat, kamu hanya perlu mengingat namanya vertikal.

Terdapat 2 huruf di tengahnya yakni ti, ingat saja bahwa kedua huruf tersebut dapat dijadikan patokan yakni kata tinggi. Jadi kamu dapat dengan mudah mengingat apa itu garis vertikal.

Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi membedakannya dengan garis horizontal. Agar kamu bisa lebih paham lagi, setelah ini kita akan membahas contohnya di dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Garis Lurus Vertikal

Tadi kita telah membahas tentang pengertian garis vertikal. Mungkin dari pengertian yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu sudah sedikit paham. Kini agar lebih paham, kita akan bahas contohnya sebagai berikut:

1.      Garis Lurus Vertikal ke Atas (Upward Vertical Motion)

Gerak sebuah benda yang dilempar tegak lurus ke atas dengan kecepatan tertentu. Dalam setiap kedudukannya, benda tersebut mempunyai percepatan tetap yaitu percepatan gravitasi yang mengarahnya selalu ke bawah.

Contohnya seperti melempar bola voly ke atas, melempar mainan anak ke atas dan masih banyak lagi. Itulah contoh dari upward vertical motion atau garis vertikal ke atas.

2.      Garis Lurus Vertikal ke Bawah (Downward Vertical Motion)

Contoh berikutnya adalah downward vertical motion atau biasa disebut dengan garis vertikal ke bawah. Sebuah benda yang dilemparkan tegah lurus ke arah bawah dengan kecepatan tertentu.

Seluruh pergerakan benda tersebut mengalami percepatan tetap yang sama seperti percepatan gravitasi. Contohnya seperti memantulkan bola basket ke arah bawah, menjatuhkan tas ke bawah dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Artificial Intelligence Film, Dijamin Suka!

3.      Contoh Lain dari Garis Vertikal

Selain kedua macam tadi, masih ada beberapa contoh lain dari garis vertikal yang dapat kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain seperti gedung-gedung pencakar langit yang ada di perkotaan.

Bangunan tinggi seperti menara atau tugu, sebuah tower, tiang bendera, tiang basket. Deretan rumah-rumah atau rumah susun yang tinggi-tinggi, pepohonan tinggi dan masih banyak contoh benda-benda lainnya.

Tidak hanya contoh benda, garis vertikal juga biasanya digunakan untuk membuat kolom-kolom laporan keuangan yang digabungkan dengan garis horizontal. Ada juga di soal matematika, pembuatan marka jalan dan sebagainya.

Jadi kini kamu tidak perlu bingung lagi dengan garis vertikal. Sebab tadi kita telah membahas pengertian dan juga beberapa contoh dari garis lurus vertikal yang ada di dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Comment