Cara Instal Xposed Framework di Android

Ada beberapa cara instal Xposed framework di Android yang perlu kamu ketahui. Seiring dengan perkembangan zaman, Android kini semakin diberi keterbukaan untuk dapat menyesuaikan dengan keinginan kita.

Hadirnya beberapa fitur keren membuat kinerja dan juga tampilan Android lebih beda dari lainnya. Di antara semua fitur tersebut yang paling diminati ialah file pihak ke 3.

Karena aplikasi pihak ke 3 tidak dibuat oleh official merek Android. Jadi tidak dapat dipungkiri bila masih terdapat bug di dalamnya. Di sinilah peran Xposed Framework diperlukan.

Instal Xposed
Instal Xposed

Mengenal Apa Itu Xposed Framework

Sebagian dari kamu mungkin ada yang belum tau apa itu Xposed Framework. Seperti telah dibahas sebelumnya, dalam aplikasi pihak ketiga seperti custom tom masih sering terdapat bug.

Dan di sinilah peran Xposed Framework dibutuhkan. Jadi kita perlu menginstal Xposed Framework ini di HP kita, namun sebelum membahas bagaimana cara instal Xposed framework.

Ada baiknya kita pahami dulu apa itu Xposed Framework sebenarnya. Xposed Framework sendiri merupakan sebuah framework untuk Android yang telah diroot. Dengan menggunakan Xposed Framework.

Akan memudahkan banyak penyesuaian tampilan dan juga memodifikasi Android tanpa flash custom rom. Dengan menggunakan Xposed Framework, kamu dapat melakukan perubahan dalam sistem dan juga memodifikasinya dengan mudah.

Tanpa perlu takut kegagalan flashinf. Selain itu Xposed Framework juga bisa meningkatkan kinerja Android. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memasang dan menginstal mod dari aplikasi lain.

Namun sebelum membahas bagaimana cara instal Xposed framework. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, pertama Backup file di androidmu agar tetap aman bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Mode Satu Tangan di Android

Meskipun sangat jarang ditemukan kegagalan ketika proses install Xposed Framework di android. Tetapi sangat disarankan agar kamu melakukan backup android, demi keamanan file yang ada di Androidmu.

Periksa versi Androidmu, umumnya link Xposed Framework akan menyertakan spesifikasi android yang dapat menjalankan Xposed Framework. Cobalah untuk melihat versi Androidmu di menu setting atau pengaturan.

Bila kamu saat ini masih menggunakan Android 4.03 hingga 4.4. Untuk menginstal Xposed Framework ini, kamu perlu melakukan root pada androidmu. Untuk melakukannya, kamu bisa memasang sebuah aplikasi bernama KingoRoot.

Cara Instal Xposed Framework dengan Mudah

Tadi kita telah membahas apa itu Xposed Framework, kini kita akan membahas bagaimana cara menginstallnya. Cara menginstal Xposed Framework ini bisa dibilang cukup mudah, berikut ini langkah-langkahnya, seperti:

  1. Cara instal Xposed framework yang pertama, untuk Android 5.0 atau lebih tinggi. Kamu perlu mendownload file apk menggunakan link download yang tersedia di internet. Pilihlah file aplikasi paling terbaru, klik lalu download. Dan untuk Android versi lainnya, kamu dapat cek melalui link yang juga tersedia di internet.
  1. Alasan mengapa kamu harus mendownload file Xposed Framework dari link yang ada di internet. Itu karena Xposed Framework tidak terdapat di Google Play store.
  2. Jangan lupa untuk mengaktifkan penginstalan dari sumber tidak dikenal dengan cara membuka menu setting atau pengaturan android. Kemudian pilih keamanan, lalu centang opsi yang mengatakan “Sumber Tidak Dikenal”.
  3. Buka aplikasi Xposed Framework ketika proses install telah selesai dilakukan. Setelah itu kamu bisa pergi ke bagian “Framework”. Kemudian cara instal Xposed framework berikutnya, kamu hanya tinggal klik Instal atau perbarui untuk memulai instalasi.
  4. Bila muncul sebuah pesan peringatan, klik saja OK. Tetapi, perlu diingat, jangan lupa untuk melakukan backup file di dalam androidmu. Karena hal itu penting, demi menjaga keamanan file-file yang ada di androidmu.
  5. Setelah itu, Izinkan akses ke KingoRoot untuk izin root dan juga klik OK ketika diminta untuk restart atau reboot android.
  6. Bila androidmu telah hidup kembali, itu artinya kamu baru saja berhasil memasang Xposed Framework di Android milikmu. Kamu juga bisa menghapus aplikasi ini, sama seperti aplikasi android lainnya.
  7. Setelah sudah sukses memasang Xposed Framework ini, apa langkah selanjutnya? Tentu saja kamu perlu memasang Module sesuai dengan keinginan kamu.
Baca Juga :  Cara Membuat Garis di Word Agar Lurus

Jadi bila kamu yang ingin memasang kini tidak perlu bingung lagi bagaimana caranya. Karena sudah ada beberapa cara instal Xposed framework yang sangat mudah untuk dipraktikkan.

Leave a Comment