10 Aplikasi Gratis Kasir PC untuk Bisnis UMKM Kamu

Pemanfaatan aplikasi kasir atau POS (point of sales) dalam menjalankan suatu usaha akan mempengaruhi efisiensi serta efektifitas kerja. Oleh sebab itu banyak para pemilik usaha menggunakannya. Nah, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi gratis kasir PC buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis. Check it out!

Aplikasi Kasir PC Terbaik 2022

Tahukah kamu dalam bisnis, hal-hal seperti pencatatan keuangan harus dikerjakan secara rapi agar pemilik usaha dapat mengetahui dengan mudah bagaimana cashflow dari bidang yang sedang ditekuninya.

Pencatatan tersebut dilakukan mulai dari yang sederhana, seperti catatan penjualan harian, mingguan, hingga bulanan. Menggunakan software kasir menjadi salah satu solusi mutakhir bagi pemilik bisnis yang ingin mengembangkan usahanya.

Berkat aplikasi ini, kamu bakal lebih terbantu dalam hal pencatatan, pemasukan, pengeluaran, dan inventori. Sehingga hal-hal tersebut bakal lebih terpantau dengan baik. Langsung saja kita simak bersama aplikasi kasir apa saja yang patut kamu pertimbangkan berikut ini!

1. VendHQ

aplikasi gratis kasir pc

Rekomendasi kasir toko PC pertama jatuh kepada VendHQ, aplikasi kasir PC gratis full version yang bisa kamu gunakan. Hadir dengan tampilan User-Interface yang kekinian membuat pengguna kian tertarik dan dibuat nyaman saat mengoperasikannya. Software kasir ini memang cocok buat pelaku UMKM pemula yang ingin mencoba aplikasi kasir toko.

Aplikasi ini pada dasarnya menggunakan sistem Cloud. Namun, kamu tetap bisa menggunakannya meskipun saat offline, walaupun bakal ada beberapa keterbatasan. Tapi jangan salah, kamu tetap bisa mengandalkan VendHQ ini saat koneksi internet terganggu, lho.

Fitur yang dibawa oleh VendHQ bisa dikatakan cukup beragam. Sebut saja dari real time reporting, inventory management, CRM, dan lain-lainnya. Hanya saja, tidak semua fitur bisa diakses bebas oleh pengguna yang mengunduh versi gratisnya.

Jika kamu ingin dengan bebas mengakses seluruh fitur, diwajibkan untuk membeli paket premium terlebih dahulu. Selain itu, versi gratis dari aplikasi ini hanya bisa berjalan di satu mesin kasir saja. Download di sini.

2. Keyhut

aplikasi gratis kasir pc

Nampaknya kiasan “Don’t judge a book by it’s cover” cocok disandingkan dengan Keyhut. Bagaimana tidak? Sekilas jika kamu melihat tampilan user-interface dari Keyhut pasti akan beranggapan tidak menarik dan kuno. Namun, jangan dianggap remeh performanya, sebab aplikasi ini memang bisa diandalkan.

Baca Juga :  30 Link Twibbon Lebaran Idul Fitri 2022

Cukup bermodalkan PC jadul, kamu dapat segera menginstall aplikasi kasir PC ini. Sebab, Keyhut termasuk ke dalam kategori program kasir simpel untuk dimengerti. Poin terbaik adalah kamu bisa mengakses semua fitur di dalamnya gratis sampai kapanpun dan tanpa syarat apapun. Menarik, ya.

Keunggulan lain yang bisa kamu peroleh adalah, kamu bisa menggunakan Keyhut lebih dari satu mesin kasir untuk menjalankan bisnismu. Bagaimana semakin tertarik untuk mulai menggunakan aplikasi ini? Segera unduh Keyhut melalui link di sini.

3. TruePos

Serupa tapi tak sama dengan VendHQ, TruePOS juga menjadi software kasir gratis online yang juga bisa dioperasikan kala offline. Aplikasi berbasis website ini juga menyajikan beragam menu, mulai dari reporting, inventory, CRM, dan lain sebagainya yang bisa membantu usaha yang tengah dirintis.

Selain bisa dipasang oleh PC, TruePos juga kompatibel untuk smartphone. Sehingga menjadikan ini sebagai alternatif yang bisa dipilih jika bisnismu belum memiliki PC sebagai alat jual beli.

Sama dengan kekurangan yang dimiliki VendHQ, seluruh fitur yang tersedia di TruePos hanya bisa diakses oleh pelanggan premium. Jika kamu pengguna versi non-berbayar, sayangnya hanya bisa dipakai di satu mesin kasir saja. Kamu bisa download aplikasi TruePos melalui tautan berikut ini!

4. UniCenta

Rekomendasi berikutnya yang cocok untuk mendukung UMKM kamu adalah UniCenta. UniCenta termasuk ke dalam kategori software kasir gratis dengan beragam fitur tersedia yang biasanya dimiliki aplikasi berbayar. Mulai dari CRM, manajemen inventaris, reporting, dan lain-lainnya.

Namun, pada menu reporting masih diperlukan pengembangan serta update aplikasi supaya hasilnya lebih maksimal. UniCenta termasuk salah satu aplikasi yang banyak direkomendasikan, selain dibekali beragam menu, ia juga open source. Pengguna, diberi kesempatan untuk mengembangkannya sesuai kebutuhan usahanya.

Kelebihan lainnya adalah, selain di install pada PC, aplikasi ini juga mendukung untuk dipasang di handphone. Sehingga tidak ada alasan lain mengapa kamu harus mencoba UniCenta ini. Download di sini.

5. Mekari Jurnal

Berbagai macam kemudahan dalam mengelola keuangan kini bisa kamu peroleh dengan bantuan Mekari Jurnal. Selain itu, aplikasi ini juga bisa kamu integrasikan dengan jenis aplikasi kasir lain sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Baca Juga :  Aplikasi MRT Taiwan, Penting Agar Tidak Tersesat

Melalui menu Jurnal Touch, kamu dapat menikmati manfaat yang disediakan aplikasi ini. Di antaranya seperti sinkronisasi data otomatis, proses transaksi di multi store, proses transaksi offline, hingga kustomisasi struk dengan mudah.

Kamu bisa mengerjakan hal-hal seperti mengatur keuangan, membuat laporan keuangan, memantau transaksi, dan mengelola usaha bersamaan sekaligus. Mekari Jurnal juga menyediakan uji coba gratis selama 14 hari untuk menunjukkan efektivitas dari aplikasi ini untuk bisnis kamu.

Tentunya berbagai tawaran menarik tersebut hanya bisa kamu dapatkan dari Mekari Jurnal, kamu bisa mengunduh dan mulai trial gratis sekarang juga di sini.

6. MokaPos

Rekomendasi berikutnya ialah MokaPos. Bagi pelaku UMKM yang menggunakan aplikasi pembayaran cashless seperti OVO, Dana, Gopay, LinkAja, dan sebagainya kini sudah bisa diintegrasikan dengan MokaPos. Tentunya fitur ini sangat membantu pelaku UMKM.

MokaPos hadir dengan beberapa menu, seperti laporan transaksi, persediaan barang, fitur tambah menu dan harga, serta sistem penyimpanan berbasis Cloud yang bisa kamu cek saat online maupun offline.

MokaPos menyediakan uji coba gratis selama 14 hari bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman menggunakan aplikasi ini. Lewat dari itu, kamu harus berganti ke paket premium untuk bisa terus menikmati fitur-fitur di dalamnya. Download di sini.

7. Kasir Pintar

Sama seperti aplikasi kasir PC lainnya, Kasir Pintar berperan penting dalam proses pencatatan transaksi penjualan harian. Perbedaannya adalah, kamu bisa merasakan pengalaman menggunakan fitur-fitur unggulan dari Kasir Pintar ini selama 30 hari gratis tanpa syarat apapun.

Selain itu, Kasir Pintar juga dilengkapi dengan fitur scan barcode. Fitur ini sangat mendukung program contact-less antara pelayan toko dengan pelanggan demi keamanan dan kesehatan bersama. Penyimpanan aplikasi ini juga telah berbasis Cloud, sehingga tidak akan membebani penyimpanan perangkat kamu.

Meskipun aplikasi ini dianggap efisien karena mobile-friendly, bagi pelaku usaha yang menggunakan PC juga tetap bisa memakai aplikasi ini, lho. Jadi jangan khawatir tidak bisa merasakan fitur unggulan dari Kasir Pintar ini. Download di sini.

Baca Juga :  Aplikasi Edit Video Cocok Untuk YouTuber Pemula

8. Omega Pos

Omega Pos menjanjikan pengalaman merasakan kasir premium yang berbeda dalam menjalankan usaha. Aplikasi POS satu ini bisa dipakai untuk beberapa toko sekaligus. Artinya hanya dengan satu platform saja kamu bisa memantau beberapa usaha yang sedang dilakoni.

Fitur andalan yang dimiliki adalah data analisis yang cukup akurat. Fitur ini mampu meninjau perilaku pelanggan yang kemudian diubah ke dalam data yang ringkas. Data tersebut bisa dipakai untuk mengatur strategi penjualan yang lebih efisien. Kamu bisa mulai mencoba trial gratis selama 14 hari di sini.

9. Ameera Kasir Online

aplikasi gratis kasir pc

Ameera Kasir Online dibekali dengan fitur-fitur aplikasi kasir toko basis, seperti laporan penjualan, manajemen inventaris, dan pencatatan transaksi jual beli. Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk beberapa jenis usaha sekaligus. Sehingga menjadikannya sebagai monitor satu pintu.

Laporan bisnis yang dirangkum oleh aplikasi ini akan disajikan secara keseluruhan, sehingga kamu tidak perlu repot-repot mencatat perkembangan bisnis. Ameera Kasir Online bisa diunduh di sini, ya.

10. Olsera Pos

Olsera Pos dinobatkan sebagai salah satu aplikasi kasir toko paling fleksibel karena dapat dipasang di berbagai perangkat, mulai dari PC, tablet, hingga smartphone sekalipun. 

Kamu juga bisa mengoperasikannya untuk input data saat offline, kemudian data akan otomatis tersimpan di Cloud saat kamu online kembali.

Fitur ini sangat menguntungkan pengguna yang memiliki kendala di jaringan internet yang tidak stabil. Tertarik untuk mencobanya? Olsera Pos bisa diunduh di link berikut ini.

aplikasi gratis kasir pc

Kesimpulan

Mengimbangi kemajuan teknologi yang tiada habisnya, kini pelaku UMKM pun bisa ikut merasakan perubahannya. Pengelola keuangan bisnis yang semula dilakukan secara tradisional dan bersifat manual, kini beralih ke aplikasi yang pastinya ramah bagi pemula.

Melalui bantuan dari salah satu rekomendasi aplikasi di atas, kamu bisa mengelola usaha dengan tepat dan akurat serta tentu saja efisien. Nah, semakin tertarik bukan untuk beralih ke software kasir ini?

Demikian pembahasan seputar aplikasi gratis PC terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membantu mengembangkan bisnis. Kamu bisa mengunduh lewat link-link yang telah disediakan di atas ya! Nah, dari berbagai rekomendasi yang telah disebutkan di atas kira-kira mana yang membuat kamu tertarik untuk segera mencobanya?

Leave a Comment