Yandex

Mengenal Aplikasi Yandex Russia Video

Mochamad Ikhwana

Yandex Russia Video APK adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh raksasa teknologi asal Rusia, Yandex. Sebelum membahas tentang aplikasi ini, mari berkenalan dulu dengan perusahaan yang bisa dibilang “Google” versi Rusia ini.

Apa itu Yandex?

Yandex, sebuah perusahaan multinasional Rusia, didirikan pada tahun 1997 oleh Arkady Volozh dan Ilya Segalovich. Nama Yandex merupakan sebuah singkatan yang berasal dari kalimat “Yet Another iNDEXer.”

Mereka terkenal karena memiliki mesin perambah terbesar di Rusia, Yandex browser. Selain itu, perusahaan juga memiliki bisnis lain yang berkaitan dengan teknologi dan internet, antara lain:

  • Ride hailing Yandex.Taxi
  • Yandex.Mail
  • Kecerdasan buatan
  • Yandex Video
  • Mobil self-driving
  • Yandex.Maps
  • Manajemen data
  • Teknologi smart home
  • Streaming musik
  • analitik aplikasi

Hampir semua layanan Yandex menggunakan pembelajaran mesin – termasuk mesin perambah, menayangkan iklan online, dan melakukan terjemahan. Pada tahun 2009 Yandex mengembangkan dan menerapkan metode pembelajaran mesinnya sendiri – MatrixNet.

Perusahaan ini melakukan IPO pada tahun 2011 dan sekarang melantai bursa di NASDAQ di AS, dengan simbol ticker YNDX.

Pada paruh 2022, aplikasi ini menjadi viral dan menuai kontroversi lantaran masalah keamanan. Sebuah studi oleh universitas di Dublin pada awal 2020 menyebutkan Yandex sebagai browser dengan peringkat terendah dari segi keamanan privasi. 

Yandex Video Russia APK

Yandex Russia Video APK

Yandex merilis aplikasi Yandex Video pada tahun 2019 yang juga berfungsi sebagai mesin perambah. Aplikasi ini memiliki fitur Pencarian Yandex, yang dapat mencari video serta teks. 

Hampir tidak ada perbedaan antara aplikasi ini dengan Google, mesin pencari terpopuler saat ini. Selama masa pengujian layanan baru ini, popularitas produk video telah melampaui konten lainnya. 

Yandex Zen, platform Yandex Video, mencatat total 20 juta tayangan video per hari, sedangkan pemirsa hariannya adalah 11 juta pengguna.

Aplikasi video ini digadang-gadang sebagai YouTube versi Rusia. Bedanya, jika YouTube memberlakukan sensor pada konten-kontennya, tidak pada Yandex. Jadi, dengan kata lain pengguna bisa mencari dan membuka konten video yang biasanya disensor.

Melalui aplikasi ini, kamu dapat menemukan semua jenis video, baik MP4, HD, maupun MP3, yang mungkin tidak dapat kamu temukan di Google.

Fitur Unggulan

Yandex

Sebelum menggunakan aplikasi ini ada baiknya kita mengenali fitur-fitur yang membuatnya menjadi sebuah mesin telusur yang unggul.

1. Penerjemah Otomatis

Yandex Video memberikan kebebasan penggunanya untuk mengakses situs-situs luar negeri yang tidak bisa diberikan oleh mesin perambah Google. Untuk memudahkan pengguna memahami bahasa asing dari situs-situs tersebut, aplikasi ini menyediakan fitur penerjemah otomatis. 

Fitur ini mendukung lebih dari 90 bahasa dan dapat menerjemahkan kata-kata terpisah atau teks lengkap. Jadi, kamu tak perlu khawatir saat menggunakan atau mengakses aplikasi dari luar negeri, terutama yang tidak berbahasa Inggris.

2. Bebas Iklan Popup

Di aplikasi ini, pengguna bisa nyaman menonton video tanpa gangguan iklan popup. Namun, bukan berarti bebas iklan sama sekali. Aplikasi ini hanya menampilkan iklan tertentu yang sekiranya tidak mengganggu pengguna. 

Dengan begitu pengguna dapat dengan nyaman merambah konten-konten di aplikasi ini.

3. Navigasi Ramah Pengguna

Aplikasi ini memudahkan pengguna dengan navigasi yang sederhana dan mudah dimengerti. Dengan begitu pengguna yang sudah terbiasa dengan aplikasi pemutar video Google tidak akan kesulitan menggunakan aplikasi ini.  

Contohnya, kolom pencarian yang letak dan penggunaannya semudah pada browser Google. 

4. VPN Bawaan

Seperti disebutkan sebelumnya, dengan aplikasi ini pengguna dapat menonton video apa pun, tanpa sensor hal ini lantaran adanya VPN bawaan. Dengan begitu pengguna tak perlu lagi menggunakan VPN jika ingin mengakses konten video tertentu. 

5. Unduh Langsung

Unduh langsung adalah salah satu fitur unggulan aplikasi video ini. Pengguna bisa mengunduh video apapun secara cuma-cuma melalui aplikasi ini. Berbeda dari aplikasi pesaing yang mensyaratkan pengguna berlangganan untuk menggunakan fitur semacam ini. Fitur ini membuat aplikasi Yandex Russia Video APK memiliki daya tarik tersendiri. 

6. Ramah Memori

Yandex Russia Video terbilang aplikasi pemutar video yang cukup ramah memori untuk tipe Android terbaru. Aplikasi ini dapat berjalan di ponsel Android dengan RAM/ROM minimal 1/2GB. Namun, aplikasi ini akan kesulitan jika berjalan di ponsel dengan speknya di bawah itu. 

7. Asisten Suara Bernama Alice

Alice dapat memberimu informasi cuaca atau lalu lintas, menyarankan restoran atau pembelian, menyetel alarm dan pengingat, menemukan sesuatu secara online. Kamu dapat berbagi cerita atau mengobrol tentang apa pun yang terjadi dengannya.

8. Fitur Bookmark

Seperti halnya mesin perambah Google dan Chromes, aplikasi Yandex Russia Video juga memiliki fitur bookmark. Jika kamu menemukan video menarik dan ingin menontonnya di lain waktu, fitur ini sangat berguna. 

Dengan begitu saat kamu ingin menonton, kamu hanya tinggal membuka video yang telah ditandai tersebut. 

Cara Mengunduh dan Menginstal Aplikasi Yandex

Yandex

Jika kamu mencari di Google Play Store dengan kata kunci Yandex Russia Video APK, kamu tidak akan menemukannya. Untuk dapat mengunduh aplikasi ini, kamu dapat mencarinya di situs-situs pihak ketiga. 

Namun, sangat disarankan untuk berhati-hati dalam memilih situs-situs tersebut karena bukan tidak mungkin malware mengintai perangkat Anda di situs-situs tersebut. 

Apabila kamu telah mengunduh APK ini, saatnya kamu menginstal di ponsel. Caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke menu pengaturan di ponsel, lalu ke “Pengaturan tambahan” lalu klik “Keamanan dan privasi”. Kemudian aktifkan “Enable unknown source”.
  • Selanjutnya, buka “File Manager” dan klik “File Yandex Russia Video Apk” yang diunduh.
  • Pilih opsi ‘Install”.
  • Setelah aplikasi sukses terpasang, kamu dapat langsung menggunakannya.

Pro dan Kontra Mengunduh Yandex Russia Video APK secara Langsung

Meski ada banyak fitur yang menguntungkan, kamu wajib mempertimbangkan pro dan kontra berikut sebelum mengunduhnya.

Pro:

  • Pengguna dapat mengunduh file APK dari situs pihak ketiga penyedia aplikasi. Kamu akan mendapatkan arsip besar versi dari aplikasi ini dan kamu dapat mengunduh versi yang kamu inginkan.
  • Karena pengunduhan melalui situs pihak ketiga, tidak seperti platform resmi seperti Google PlayStore misalnya, maka tidak ada proses peninjauan atau pemeriksaan. Dengan begitu file APK akan terunduh otomatis begitu kamu mengeklik tombol “Download”.
  • Ponselmu akan menyimpan file APK di sistem memori. File ini tidak akan hilang hanya dengan kamu uninstall aplikasi. Dengan begitu kamu dapat menginstal ulang aplikasi tanpa perlu mengunduh lagi. File ini akan hilang hanya jika kamu menghapusnya dari memori. 

Kontra:

  • Lantaran tidak melalui peninjauan, maka mengunduh file APK dari situs pihak ketiga membawa risiko bagi keamanan data di dalam ponselmu. File APK mungkin saja berisi malware yang dapat mencuri data atau merusak ponselmu.
  • Tidak ada pembaruan otomatis seperti aplikasi yang diunduh dari platform resmi. Dengan begitu, jika kamu ingin memperbarui, maka kamu perlu memantau situs pihak ketiga untuk melihat apakah versi terbaru sudah ada dan kamu dapat mengunduhnya.

Kesimpulan

Yandex Russia Video APK dapat menjadi alternatif aplikasi pemutar video sekaligus mesin perambah. Aplikasi ini pilihan yang tepat apabila kamu perlu mengakses konten-konten tertentu yang tidak bisa kamu akses melalui Google. Namun, selalu ada trade-off dalam kemudahan akses. Sebelum memutuskan untuk menggunakannya, kamu perlu mengetahui dan mempertimbangkan segala risikonya, terutama dalam hal keamanan. 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment