aplikasi penerjemah

10 Rekomendasi Aplikasi Translate untuk Android

Mochamad Ikhwana

Aplikasi translate menjadi alat penting seiring globalisasi dan jangkauan internet yang kian berkembang. Hal ini karena warga dunia lebih terhubung dari sebelumnya, mulai dari mahasiswa, wisatawan, karyawan, hingga pramusaji restoran menghadapi barrier bahasa yang tak lagi bisa terhindarkan. 

Ini sebabnya, aplikasi translate bisa sangat membantu. Banyaknya aplikasi translate untuk Android di luar sana membuat kamu kesulitan memilih yang terbaik. Nah, berikut 10 aplikasi penerjemah yang direkomendasikan untuk Android.

1. Google Translate

Translate

Aplikasi translate satu ini sudah sangat populer di kalangan pengguna Android. Meskipun tidak selalu memberikan terjemahan yang paling akurat, aplikasi ini bagus untuk kamu yang perlu berkomunikasi dengan seseorang dengan cepat. Google Translate mendukung hampir semua kombinasi bahasa yang memungkinkan (lebih dari 60 bahasa).

Selain teks, kamu bahkan dapat menerjemahkan ucapan, gambar; seperti rambu jalan dan banyak lagi semua dengan output karakter yang besar sehingga kamu dapat dengan mudah melihatnya di dalam satu halaman.

2. SayHi

aplikasi penerjemah

Jika kamu mencari aplikasi yang berfokus pada penerjemahan ucapan (speech to speech), maka SayHi dapat menjadi pilihan aplikasi penerjemah yang tepat. Aplikasi ini dapat menerjemahkan lebih dari 90 bahasa dan dialek dan dilengkapi dengan perangkat lunak pengenalan suara berkualitas tinggi.

Saat kamu menerjemahkan ucapan, keluaran suara dapat diatur ke laki-laki atau perempuan. Selain itu, kamu dapat memperlambat suaranya untuk memudahkan kamu dalam mempelajari pengucapan. 

Kalau kamu ingin cepat bisa berbicara bahasa baru, kamu bisa memanfaatkan fitur ini. Menariknya lagi, kamu bisa menggunakannya secara offline, plus ada juga terjemahan alternatif, lho! 

3. Naver Papago Translate

aplikasi penerjemah

Naver Papago adalah alat terjemahan web yang dikembangkan oleh Naver Corp, salah satu perusahaan Internet terbesar di Korea Selatan, yang populer karena perkembangannya dalam kecerdasan buatan. Warga negara asalnya, Korea Selatan, dan beberapa negara Asia seperti Jepang, Tiongkok, merupakan pengguna mayoritas aplikasi ini.

Kamu dapat menggunakan Papago secara gratis dan  menerjemahkan teks dan ucapan dari satu bahasa ke bahasa lain. Perusahaan meluncurkan aplikasi ini sebagai aplikasi smartphone, tapi Papago kini memiliki website juga. Meskipun ada beberapa kekurangan untuk beberapa bahasa, namun beberapa ulasan menyebutkan aplikasi ini merupakan mesin terjemahan paling akurat untuk Bahasa Korea ke Bahasa Inggris/Jepang.

4. iTranslate

Translate

iTranslate dapat menerjemahkan pesan teks, pesan suara, serta pesan tertulis menjadi suara dengan lebih dari 100 bahasa. Jika kamu adalah seorang wisatawan yang kerap bepergian ke banyak negara, aplikasi iTranslate dapat menjadi alat bantu komunikasi yang andal. 

Yang menarik dari aplikasi penerjemah ini yaitu menawarkan banyak fitur yang berguna bagi pengguna antara lain kamus bergambar, frasa, riwayat terjemahan, transliterasi, historis, terjemahan alternatif beserta suara terjemahan pria dan wanita. 

Jika kamu ingin lebih menggunakan banyak fitur, kamu bisa menggunakan versi premium. Dengan versi ini kamu dapat menggunakan kamera untuk menerjemahkan kalimat pada gambar, mengakses penerjemah situs, panduan penggunaan konjugasi, dan lain sebagainya. Bahkan, kamu dapat tetap menggunakan fungsi penerjemah dalam mode offline.

5. Day Translation

Translate

Dalam hal terjemahan yang cepat dan andal, aplikasi Day Translations adalah salah satu aplikasi terjemahan terbaik. Apa yang membuatnya menonjol adalah fakta bahwa ini adalah aplikasi penerjemah mesin dan manusia.

Kamu dapat menggunakan terjemahan instan atau menghubungi penerjemah manusia untuk menghasilkan terjemahan profesional yang pasti tepat dan akurat secara kontekstual. 

Selain itu, aplikasi ini baru saja mendapat pembaruan, yang membuatnya mendapatkan fungsi ”interpreter” yang artinya aplikasi ini sekarang mampu melakukan terjemahan speech-to-speech. Aplikasi ini juga menyediakan fitur VRI untuk interpretasi Video atau Telepon. 

6. TripLingo

TripLingo

TripLingo adalah aplikasi penerjemah yang berguna untuk wisatawan. Aplikasi ini menerjemahkan kata dan frasa dalam lebih dari 15 bahasa dengan akses ke file audio untuk bantuan pengucapan.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan audio terjemahan yang direkam secara profesional bersama dengan panduan pengucapan tertulis standar. TripLingo juga dilengkapi dengan kamus offline, pelajaran audio pembelajaran bahasa, serta kartu flash, dan kuis.

Sebagai wisatawan kamu juga akan mendapatkan manfaat lebih dari aplikasi ini. Kamu dapat menggunakan kalkulator dan pengonversi mata uang. 

Jika kamu berkunjung ke Amerika Serikat kamu juga akan dimudahkan dengan akses telepon ke nomor berbasis lokal melalui wifi atau koneksi data. 

Aplikasi ini juga menyediakan informasi singkat untuk membantu pengguna mengenali adat dan etiket masayarakat lokal di negara tertentu.

7. TextGrabber

aplikasi penerjemah

Sesuai dengan namanya, TextGrabber berspesialisasi dalam mendeteksi dan menerjemahkan teks cetak pada berbagai permukaan menggunakan kamera internal pada perangkat seluler. 

TextGrabber dapat mengambil dan mengenali teks secara luring, tidak memerlukan koneksi internet. Antarmukanya sederhana dan nyaman untuk membaca tanda dan menu, dan memahami dokumen. Fitur utama aplikasi ini antara lain yaitu real time translation dalam lebih dari 60 bahasa, terjemahan daring dan luring ke dalam lebih dari 100 bahasa langsung di layar kamera, dan ekstraksi informasi dari semua permukaan dalam lebih dari 60 bahasa menggunakan mode real time.

8. Waygo

Waygo

Jika kamu bepergian ke negara dengan bahasa yang kaya akan karakter, Waygo dapat menjadi pilihan aplikasi penerjemah yang tepat. Waygo menggunakan kombinasi Pengenalan Karakter Optik dan terjemahan mesin untuk menerjemahkan karakter Cina, Jepang & Korea ke dalam teks bahasa Inggris dengan melihat gambar, menemukan teks yang relevan, dan akhirnya membuat frasa terjemahan yang luwes dan masuk akal. Waygo tidak memerlukan koneksi internet untuk beroperasi.

Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur utama antara lain dapat bekerja secara luring dan pengguna dapat mengunduh secara gratis dan mencoba semua bahasa bersama dengan semua fitur yang menyertai.

9. Microsoft Translator

Translate

Kesan kuno dibanding aplikasi sejenis lainnya mungkin yang akan kamu dapatkan ketika pertama kali menggunakan aplikasi penerjemah yang satu ini. Namun, tampilannya yang ‘kuno’ mungkin merupakan sebuah keunggulan karena kemudahan penggunaannya membuat aplikasi ini dapat diakses oleh sekelompok pengguna yang mungkin tidak terlalu tech-savvy

Microsoft Translator menyediakan fitur-fitur modern seperti terjemahan audio dan foto. Ada juga buku frasa, riwayat, kemampuan untuk mengubah kecepatan audio, dan alat berguna lainnya yang akan membantu kamu bekerja, bepergian, atau meningkatkan pengalaman belajarmu. 

10. Translate All

Fitur khas dari aplikasi ini adalah kemampuan menerjemahkan dengan berbagai format: teks, ucapan, dan gambar. Apa pun bentuk konten yang perlu kamu terjemahkan, aplikasi akan mengatasinya. Aplikasi ini mendukung banyak bahasa, menjadikannya alat yang dapat diandalkan saat bekerja atau bepergian.

Kesimpulan

Setelah mempelajari sepuluh rekomendasi aplikasi translate di atas, kamu dapat mengetahui bahwa setiap aplikasi datang dengan fitur unggulannya masing-masing. Kamu dapat memilih aplikasi yang fiturnya sesuai dengan kebutuhanmu. Satu hal yang pasti, teknologi penerjemah mesin sudah semakin canggih dan akurat, tapi dalam hal lokalisasi penerjemah manusia tetap tak tergantikan. Dalam kondisi tertentu mungkin penerjemah mesin sudah cukup, namun ada situasi di mana kamu mungkin membutuhkan penerjemah manusia. 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment