download video TikTok tanpa watermark

Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark, Mudah!

Mochamad Ikhwana

TikTok adalah satu media sosial yang memberikan layanan sebagai tempat untuk berbagi video pendek, atau bisa kita sebut juga sebagai platform video musik. Tak jarang kita juga ingin menyimpan video di TikTok karena seru dan lucu. Tapi, bagaimana ya, cara download video TikTok tanpa watermark dengan mudah? 

Sebagian orang ketika menemukan sebuah video menarik, mungkin terpikirkan untuk menyimpannya. Namun ketika menyimpan video tersebut di perangkat secara langsung dari aplikasinya, tentu akan ada watermark yang ada di sisi kiri atau kanannya. Begitu pula di bagian akhir dari video tersebut.

Nah, mungkin hal tersebut agak mengganggu kamu yang menginginkan videonya saja tanpa ada watermark. Jika memang itu hal yang jadi kendala kamu, maka artikel ini adalah jawaban yang tepat.

Sekilas Mengenai TikTok

download video TikTok tanpa watermark

Saat ini, siapa sih, yang tidak kenal dengan media sosial yang satu ini? Pengguna TikTok dari waktu ke waktu pun terus saja bertambah. Bahkan, dalam waktu yang tak begitu lama, platform ini sudah melejit pesat, dengan jumlah pengguna yang mengungguli media sosial lain, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

Bersumber dari data Business for Apss, sampai dengan kuartal ketiga tahun 2022, terdapat 1,53 miliar pengguna bulanan yang aktif menggunakan aplikasi ini. Jumlah tersebut meningkat sebesar 4,64 persen dari tahun sebelumnya. Tergolong sangat banyak bukan, jumlahnya untuk media sosial yang baru bertumbuh?

Memang, video yang ada di TikTok ini bisa penggunanya kreasikan dengan sekreatif mungkin. Terlebih lagi dengan adanya fitur untuk menambahkan musik serta melakukan editing langsung di aplikasinya secara mudah. Jadi, pembuatan konten pun bisa dengan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja.

Tak cuma itu, kini TikTok pun sudah semakin berkembang, entah itu dari segi fitur yang mereka berikan maupun dari segi kenyamanan untuk penggunaannya.  Misalnya, dulu hanya bisa mengunggah video, namun kini foto pun sudah bisa menjadi konten yang menarik di TikTok dengan tambahan sound yang tersedia.

Tak cuma itu, jika dulunya pengguna hanya bisa menonton video dengan durasi singkat di TikTok, kini durasinya jadi lebih panjang. Bahkan, bisa sampai dengan 10 menit.

Apalagi, algoritma TikTok juga bisa dengan mudah menyesuaikan minat dari penggunanya. Jadi, bila pengguna punya ketertarikan pada salah satu jenis atau topik konten tertentu, maka laman utamanya pun akan banyak memberikan video suggestion yang mereka suka.

Cara Save video TikTok Tanpa Watermark 

download video TikTok tanpa watermark

Memang download video TikTok watermark ini ada caranya tersendiri. Jadi, kamu tidak bisa melakukannya secara langsung dari aplikasi TikTok. Oleh karena itu, maka perlu sebuah aplikasi pihak ketiga agar video yang kamu simpan nantinya tidak terdapat watermark apa pun.

Caranya ada dua, yaitu lewat aplikasi dan situs penyedia layanan downloader tanpa watermark. Keduanya saat ini cukup mudah untuk kamu dapatkan. 

Untuk aplikasi, kamu bisa mencarinya di Google Play Store jika kamu menggunakan Android. Atau, lewat App Store bila memakai perangkat iOS. Tinggal pilih aplikasi pihak ketiganya akan banyak muncul, tinggal kamu pilih sesuai kemauan. 

Malas mengunduh aplikasi? Kamu bisa memanfaatkan situs video downloader yang saat ini juga cukup beragam pilihannya. Kedua metode ini pada umumnya membutuhkan langkah-langkah yang sama untuk mengunduh videonya.

1. Cara Download Video TikTok Tanpa Tulisan dengan Aplikasi

download video TikTok tanpa watermark

Tetapi, terkadang aplikasi pihak ketiga ini juga ada yang kurang berguna. Entah itu karena ketidaksesuaian dengan perangkat atau memang aplikasi tersebut memang kurang baik untuk dikembangan. Kalau memang begitu permasalahannya, maka carilah aplikasi yang sekiranya punya jumlah unduhan banyak dan rating tinggi.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan aplikasi ‘Download video no watermark’ yang punya unduhan lebih dari 10 juta di Google Play Store dan jumlah rating senilai 4,8.

Berikut adalah cara lengkapnya yang bisa kamu praktikkan sendiri :

1. Buka Aplikasi TikTok 

Pertama, kamu harus membuka aplikasi TikTok, lalu cari di bagian “Share” yang memiliki logo tanda panah di sebelah kanan. Lalu, pilih Copy link” atau salin tautan agar kamu punya URL dari video tersebut. Bila sudah kamu menyalinnya, maka kembali ke aplikasi yang sudah kamu buka tersebut.

2. Masukkan URL Video 

Selanjutnya, kamu tinggal melakukan paste atau tempel di bagian yang tersedia di aplikasi untuk melakukan pengunduhan via tautan tersebut. Bila sudah, maka video akan terproses. Kemudian pilih tombol bertuliskan ‘Unduh” atau ‘Download” dan tunggu beberapa saat hingga selesai.

3. Tunggu Proses Pengunduhan

Kalau unduhannya sudah selesai, maka videonya sudah tersimpan di perangkat dan kamu bisa mengecek video tersebut yang tak memiliki watermark.

Bagaimana, cukup sederhana bukan tahap-tahapnya? Selain itu, mari kita ketahui cara lain yang tergolong lebih mudah. Sebab, kamu tak perlu untuk melakukan pengunduhan aplikasi seperti tahap tersebut. Kalau kamu mau tahu caranya, maka baca bagian pembahasan yang ada di bawah ini ya.

2. Cara Simpan Video TikTok Tanpa Tulisan Watermark lewat Situs

Ada beberapa situs tertentu yang memang berfungsi untuk menyimpan video tanpa watermark. Layaknya aplikasi yang sudah kami sebutkan di atas, web untuk melakukan pengunduhan video ini juga ada banyak. 

Cukup kamu ketikkan kata kunci di Google mengenai TikTok downloader, maka hasilnya pun akan bermunculan. Tetapi, carilah yang memang bisa menghilangkan watermark secara penuh.

Untuk alternatif dari aplikasi, kalau kamu memang kamu menginginkan rekomendasi situs apa saja yang cocok kami sudah memilikinya. Salah satunya adalah dengan menggunakan TikTok downloader – Snaptik. Situs yang satu ini sudah cukup tepercaya dan banyak orang gunakan untuk menyimpan video TikTok.

Alamat situs webnya adalah snaptik.app. Tahapnya juga serupa, yaitu:

  1. Masuk ke laman
  2. Salin tautannya saja dari video yang kamu hendak unduh
  3. Kemudian masukkan tautan tersebut ke situs SnapTik, lalu pilih Download”.
  4. Selanjutnya, video yang kamu mau akan segera tersimpan ke perangkat. Lebih mudah bukan melakukannya?

Cara yang satu ini sangat berguna kalau kamu memang malas atau tak mau untuk mengunduh aplikasi di perangkat. Hal ini juga bisa kamu lakukan kalau memang ruang penyimpanan sudah penuh untuk mengunduh aplikasi atau membuka TikTok dengan menggunakan perangkat laptop atau PC.

Penutup

Saat menemukan sebuah video menarik, mungkin lucu atau mengena di hati, sebagian orang mungkin terpikirkan untuk menyimpannya. Sayangnya, watermark kerap menjadi masalah karena umumnya akan ikut terunduh ketika kamu download video tersebu. Ini tentu akan menjadi kurang oke, terutama jika kamu ingin membagikannya pada orang lain,

Nah, kamu bisa menggunakan kedua cara download video TikTok tanpa watermark di atas. Kedua metode tersebut tak terlalu merepotkan bila memang kamu benar-benar harus menghilangkan watermark yang ada. Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment